Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

4 ALASAN KENAPA JAKARTA MACET

Kemacetan yang terlihat di jalan TOL sekaligus Fly Over Tomang arah Grogol
Banyak hasil survey yang menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota termacet di dunia, dengan daftar peringkat yang berbeda tentunya. Dengan jumlah  penduduk sekitar 12 juta jiwa dan status sebagai ibukota negara, Jakarta dikelilingi dengan kota kota satelit lainnya macam Bekasi Tangerang, Depok dan Bogor atau istilahnya JABODETABEK. Kebanyakan penduduk didaerah penyangga tersebut bekerja di Jakarta sehingga wajar saja bila pada saat saat jam pergi dan pulang kantor kemacetan terjadi. 

Di saat jam jam sibuk jumlah penduduk Jakarta bisa menjadi 20 juta orang dan sepersepuluh nya tumpah di jalan. Tidak heran pada saat pagi hari pintu masuk ke Jakarta dari arah Halim dan Cawang, kemudian di Tol Kebon Jeruk terjadi kemacetan yang luar biasa. 
Kemacetan di daerah Slipi, Jalan Letjen S. Parman Jakarta Barat

Saya kebetulan adalah warga pendatang dan sudah 5 tahun tinggal di Jakarta masih pusing kalau melihat kemacetan tersebut. Padahal saya jarang bersentuhan dengan kemacetan karena saya kost di belakang kantor sehingga hanya butuh berjalan kaki saja. Namun di saat ada pekerjaan keluar kantor saya bisa merasakan benar dampak kemacetan tersebut.

Paling tidak ada 4 alasan penyebab kemacetan di Jakarta bisa saya rangkum sebagai berikut: 
1. Pertumbuhan kepemilikan mobil dan motor yang tidak seimbang dengan pertumbuhan jalanan. Setiap tahun ribuan kendaraan baik motor maupun mobil baru terjual tanpa ada pengetatan kebijakan dari pemerintah, sehingga volume lalu lintas makin bertambah besar tidak.imbang dengan lajur jalan baru.
2. Buruk dan kurangnya transportasi publik. Keberadaan transportasi publik yang baik dan terintegrasi sebenarnya salah satu cara untuk mengatasi kemacetan yang ada, namun sayang infrastruktur serta peraturan yang mengikat dan benar dalam pelaksanaannya kurang terkontrol.
3. Buruk dan tidak rapinya infrastruktur penunjang lalu lintas. Keberadaan infrastruktur penunjang lalu lintas yang baik tentunya akan membuat para pengendara kendaraan bermotor dapat berkendara dengan tertib dan nyaman, hal ini rupanya masih belum bisa dengan baik disediakan oleh pemerintah dan pihak terkait.
4. Kurangnya kesadaran dan disiplin para pengguna jalan. Sudah mahfum bagi kita bahwa bangsa kita memiliki tingkat kesadaran dan disiplin yang kurang dalam berlalu lintas. Hal ini tentu menjadi penyebab kemacetan karena keinginan untuk cepat sampai di tujuan menjadikan pengendara memilih cara yang cepat baik itu menerobos marka, berjalan di bahu jalan, dan tidak mau mengalah.

Itulah beberapa alasan penyebab kemacetan di Jakarta utamanya dan di kota besar lainnya di Indonesia. Jika saja kita sebagai individu bisa berbuat hal-hal kecil untuk menghindari kemacetan maka mungkin saja kemacetan akan bisa berkurang.


Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...

Archive

Show more