Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

UNTUNG RUGI KREDIT SEPEDA MOTOR


Sudah hampir setahun saya terbebas dari beban kredit, cicilan kredit mobil saya sudah lunas dua tahun sebelum masa kreditnya berakhir.  Untuk pelunasan kredit lebih awal tersebut saya hanya mendapat potongan bersih sekitar 4 juta rupiah dari total 82 juta rupiah menjadi 78 juta rupiah.

Namun anehnya setelah tidak ada beban kredit justru cash flow keuangan keluarga justru menjadi tak menentu, uang yang harusnya bisa masuk ke tabungan atau saving menguap entah kemana.

Godaan untuk mengambil kredit motor baru tak tertahankan,  maklum motor matic lama saya sudah berusia 6 tahun. Untuk membeli secara cash sebenarnya bisa tinggal menunggu 2-3 ke depan namun saya masih tertarik untuk membeli motor secara kredit.

Iseng-iseng saya datangi dealer motor dan mencari informasi motor matic idaman.  Namun tak saya dapati contoh motornya di situ. Akhirnya saya menanyakan berapa simulasi kredit motor "NX" dengan jumlah DP atau uang muka sejumlah X rupiah.

Motor matic kelas premium non ABS dijual seharga 26 juta rupiah dan jika saya membayar DP sejumlah 10 juta rupiah dan tenor pinjaman selama 11 bulan, didapat cicilan sekitar 1.8 juta. Ini berarti total jumlah cicilan adalah 20 juta rupiah maka bunga selama sebelas bulan adalah 4 juta rupiah.

Dengan perhitungan maka didapat prosentase bunga kredit adalah 4/16 adalah 25 persen selama 11 bulan atau 2.27 persen per bulan. Bisa anda bayangkan besaran bunga tersebut hampir 2.5 nilai cicilan per bulannya.

Ya, ekonomi kapitalis telah mengubah segalanya. Proses hutang atau kredit motor di Indonesia dimudahkan bahkan dengan DP 0 rupiah sekalipun. Banyak orang berpikir hanya jumlah cicilan per bulan tanpa memperhitungkan nilai total bunganya.

Semoga tulisan ini bisa menginsparasi pembaca yang hendak mengambil motor secara kredit,  hitung dulu untung ruginya dan baik buruknya bagi keuangan keluarga.

Jangan membebani kondisi keuangan keluarga hanya untuk memiliki motor baru,  belum lagi nilai pajak kendaraan bermotor yang makin tahun makin naik.

Sebagai informasi beberapa minggu lalu saya sempat membayar pajak motor tahunan dengan usia motor enam tahun dengan jumlah pajak 250 ribu rupiah.
Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda