Form Bukti Pembatalan Tiket Kereta Api |
Sebagai pengguna setia transportasi darat yaitu kereta api selama lima tahun terakhir ini, saya sudah tidak menghitung berapa banyak uang yang hangus sia-sia karena tidak sempat atau lupa membatalkan tiket kereta api yang sudah terlanjur terbeli karena jadwal kepulangan saya ke Surabaya berubah atau batal.
Semenjak dua tahun terakhir ada kebijakan PT KAI yang menurut saya kurang populer dan tidak berpihak kepada konsumen. Sebelumnya saya bisa membatalkan tiket kereta saya di Stasiun terdekat namun sekarang hal itu berlaku. Sebagai contoh dulu saya bisa melakukan proses pembatalan dan perubahan tiket kereta api di Stasiun Tanah Abang yang notabene dekat dengan tempat kost saya.
Namun sekarang proses pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun stasiun besar seperti di Stasiun Jakarta Kota, Gambir dan Pasar Senen. Itu tentu saja memberatkan saya karena letak stasiun tersebut agak jauh dari kost.
Yang kedua dahulu kita bisa mendapatkan uang pembatalan tiket secata langsung saat kita menukarkan tiket kereta di loket pembatalan, namun sekarang tidak kita selaku konsumen harus menunggu selama kurang lebih 30 hari untuk pengambilan tunai dan 45 sampai dengan 60 hari untuk yang ditransfer melalui bank.
Namun sekarang proses pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun stasiun besar seperti di Stasiun Jakarta Kota, Gambir dan Pasar Senen. Itu tentu saja memberatkan saya karena letak stasiun tersebut agak jauh dari kost.
Yang kedua dahulu kita bisa mendapatkan uang pembatalan tiket secata langsung saat kita menukarkan tiket kereta di loket pembatalan, namun sekarang tidak kita selaku konsumen harus menunggu selama kurang lebih 30 hari untuk pengambilan tunai dan 45 sampai dengan 60 hari untuk yang ditransfer melalui bank.
Sebagai konsumen seharusnya kita mendapat layanan terbaik dari produsen yakni PT KAI itu sendiri, dalam setiap perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api kita dikenakan biaya sebesar 25% dari setiap harga tiket yang tertera di tiket. Dan itu berlaku untuk per lembar tiketnya. Saya ambil contoh harga tiket saya adalah 100 ribu rupiah, maka saya berhak mendapatkan 75 ribu rupiah atau 75% dari harga tiket. Sedangkan 25 ribu rupiah adalah biaya atau denda atas pembatalan tiket yang diterima oleh PT KAI. Walaupun kenyataannya tiket yang kita batalkan bisa dijual kembali oleh PT KAI.
Saya beri contoh dari kejadian sendiri. Saya membatalkan tiket kereta untuk MUDIK dan Balik Lebaran tahun 2016 karena tahun ini alhamdulillah saya bisa bekerja lagi di Surabaya di saat menjelang awal puasa kemarin. Satu tiket mudik adalah KA JAYABAYA seharga 385 ribu rupiah dan tiket balik adalah KA KERTAJAYA seharga 160 ribu rupiah. Saya membatalkan tiket kereta tersebut di Stasiun Pasar Turi setiba dari Jakarta pada tanggal 2 Juni kemarin. Saya memilih untuk ditransfer uang tiket pembatalan kereta api saya daripada harus repot mengambil tunai karena harus datang langsung ke Stasiun.
Namun sebenarnya saya juga ada tujuan lain yakni mengetahui apakah uang saya benar benar ditransfer atau tidak oleh PT KAI. Ternyata iseng iseng saya coba mengecek mutasi rekening Bank saya secara online, bahwa pada tanggal 28 Juni 2016 uang pembatalan tiket kereta api saya telah ditransfer sebesar 401 ribu rupiah dari rekening bank BNI PT KAI.
Berarti proses transfernya tidak lebih dari satu bulan, ini berarti lebih cepat dari ketentuan yakni berkisar antara 30 sampai 60 hari uang pembatalan tiket kereta api akan di transfer ke konsumen. Namun ada satu tiket saya yang dibatalkan di Stasiun Gambir Jakarta yang sampai sekarang sudah hampir sebulan lebih belum ada updatenya. Artinya saya belum tahu sudah di transfer atau belum, akan saya coba lacak lagi di rekening Bank saya.
Saya berharap PT KAI selaku penyedia jasa bertindak profesional untuk selalu tepat waktu dalam proses pengembalian uang pembatalan tiket dari para konsumennya.
Tags: "TIPS JITU" Mendapatkan Tiket
Kereta Lebaran, Bayar Tiket
Kereta Api di ATM BCA, Cara
Mencetak Tiket Kereta Api, Hal Penting
Pemesanan Tiket Kereta secara ONLINE, Pejuang PJKA, Kejadian Unik di Kereta Api, Larangan Dalam Gerbong Kereta Api, Tips Naik Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh, Harga
Makanan dan Minuman di Kereta Api, Tips
Memilih Kursi Favorit di Kereta Api
Aahhh penipu sampai sekarang saya blm di transfer juga
ReplyDeleteGak juga Gan, karena saya pernah dpt transferan uang tiket kembalian tiket kereta, namun ada juga yg tidak ditransfer :-) mending diambil cash aja kalau ada waktu.
DeleteKo sya udah 40 HRI belum DPT transfran yaaa..gmn caranya agar bisa Blok APA bisa lgsung k pasara senen untuk bil tunai aja
ReplyDeleteKalau sdh pilih lewat transfer kayaknya gak bisa dìambil lewat pengambilan langsung. Kalau saya mending ambil langsung, karena pengalaman return tiket lewat transfer eee gak ditransfer :-(
DeleteSeandainya sampai batas waktu yg telah ditentukan, dan belum ditransfer
ReplyDeletekita lapor kemana gan
Susah gan kalau masalah pelaporan seperti itu. Faktanya dulu saya pernah batalin tiket dan uang refundnya memang terbukti ditransfer namun ada juga yang tidak sampai saya ikhlaskan akhirnya.
ReplyDeleteSaran saya mending diambil aja langsung sebulan kemudian di stasiun yang ditunjuk.