Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

BLOG PULIH DARI GOOGLE SANDBOX??? APA MUNGKIN??

Dasbor blogspot saya menunjukkan jumlah PV setiap saat 

Siapa blogger yang tidak takut akan hukuman dari Google yakni berupa sandbox atau lebih ekstrem lagi blognya secara tiba-tiba dibanned dan dihapus oleh Google (tentu saja bagi mereka yang menggunakan platform blogger). 

Blog yang kita bangun dengan susah payah dari hari ke hari tiba-tiba saja menghilang dari mesin pencari paling populer di dunia tersebut. Apa yang ditakutkan oleh hampir semua blogger di dunia itupun akhirnya saya alami juga.

Saya sempat mengalami kebahagiaan yang diidam-idamkan semua blogger yakni blog gratisan milik saya di approved oleh Adsense milik Google. Sayangnya hanya berjalan kurang lebih 2 bulan saja sebelum akun tersebut ditutup permanen oleh si empunya karena alasan Fraud Click Activity atau Klik Curang

Saya tak mengajukan banding saat itu karena memang kesalahan ada di pihak saya. Hampir semua teman dan saudara-saudara saya pernah mengklik iklan di blog tersebut dan rupanya itu terekam oleh mesin canggih Google yang hampir mustahil untuk dibohongi.

Lepas dari kekecewaan karena ditinggal google adsense saya bangkit kembali, blog yang saat di approved adsense saat itu hanya memiliki tayangan di angka 100-150 PV per hari saya genjot terus dengan artikel-artikel original karangan saya sendiri. Hasilnya PV pun terus naik hingga diangka seribu tayangan per hari. Saya manfaatkan blog tersebut untuk menghasilkan uang dari program iklan alternatif adsense.

Berbagai program periklanan coba saya masuki baik dari dalam dan luar negeri. Hasilnya tidak memuaskan karena jumlah tayangan per hari saya masih terbilang rendah untuk bisa mendulang uang. Saya tidak berputus asa hingga jumlah PV blog meningkat menjadi 2k-2.5k/hari. 

Dari berbagai macam program iklan akhirnya saya putuskan hanya memasang POPCASH dan PROPELLERADS karena memang terbukti bisa menghasilkan dan jumlah impresi yang didapat juga terhitung lumayan.

Tapi apa mau dikata, saya membuat kesalahan yang tidak saya sadari. Dengan harapan ingin menambah pemasukan dari blog saya mencoba memasang iklan BIDVERTISER di blog. Proses pendaftarannya terbilang sangat mudah. Tanpa ba bi bu setelah di approved, code iklan pun segera saya pasang. 

Dua hari kemudian bencana pun terjadi, saat pagi hari saya coba tengok di dasbor blogspot ada sesuatu yang aneh. Di saat tengah malam dan dini hari terjadi penurunan visitor yang signifikan dan hingga saat pagi menjelang jam perubahan setelan. Jumlah tayangan turun hampir 50% dan saat awal awal hari baru, jumlah tayangan turun drastis dan nyaris tidak ada pengunjung.

Setelah dua tiga hari mencari cari informasi kenapa hal itu terjadi, ternyata blog saya secara total di DE INDEX oleh mesin pencari google. Ada juga informasi yang saya baca bahwa blog saya dihukum dalam kurungan pasir “SAND BOX”. Setelah saya cross check balik ternyata memang benar, artikel artikel unggulan saya lenyap dari hasil pencarian mesin GOOGLE. Tak satupun yang masih bertengger di halaman pertama. Saya cari cari di halaman kedua ketiga dan selanjutnya ternyata tak juga saya ketemukan.


Jumlah tayangan per hari blog milik saya

Pasrah dan tetap ikhtiar, 4 bulan berlalu saya akhirnya membangun blog baru sebagai sarana promosi usaha jasa antar jemput. Saya akhirnya mencopot iklan Bidvertiser yang menurut saya sebagai penyebabnya, kemudian iklan-iklan lain juga saya copot. Begitu juga dengan artikel-artikel yang menurut saya banyak COPAS kanan kiri juga saya hapus.

Dalam kurun waktu tersebut blog itu kini sudah mencapai 200-250 tayangan per hari. Saya hampir tak pernah posting artikel lagi di blog lama yang terkena sandbox itu. Hingga akhirnya beberapa minggu lalu, saya iseng membuka dasbord blog tersebut dan mendapati sesuatu yang berbeda, yakni lalu lintas visitor dan jumlah tayangan dua hari terakhir meningkat tajam dan mendekati jumlah PV sebelum blog itu terkena hukuman.

Bahagianya bukan kepalang. Jam demi jam saya amati pergerakan jumlah tayangan di blog itu. Saya coba mencari beberapa artikel unggulan di google ternyata sudah kembali ke halaman pertama walaupun ada beberapa yang tergeser dari penghuni puncak. 

Saya mencoba flashback kembali, kalau tidak salah total sudah enam bulan blog tersebut dikurung dalam “SANDBOX” dan kini sudah dilepas kembali. Dan yang menggembirakan jumlah tayangan hari demi hari meningkat dan kini stabil di angka 3k-3.5k / hari. Ini berarti naik sekitar seribu hingga seribu lima ratus tayangan saat sebelum di deindex GOOGLE. 

Dari pengalaman tersebut, saya kini lebih berhati-hati dalam mengelola blog. Yakni dengan selalu membuat artikel yang orisinil, mencantumkan sumber jika saya mengutip tulisan atau foto seseorang dan tidak menempelkan iklan yang dianggap spam oleh Google. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar blog kita aman dari hukuman yang bisa sewaktu waktu diberikan oleh Google. Ini sekaligus menjawab pertanyaan apakah blog atau artikel yang terkena GOOGLE SANDBOX bisakah kembali pulih??? Jawabannya "BISA".







Comments

  1. serem banget kalau blog terkena sandbox ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan, ane ngalamin sendiri 6 bulan. Coba aja pasang iklan bidvertiser di blog pasti kena sandbox sama Google

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more