Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

BUS TRAYEK SURABAYA-JOGJAKARTA

Bus EKA trayek Surabaya-Jogja rehat di RM DUTA II Ngawi
Trayek bus dari Surabaya ke Jogjakarta ini bisa dibilang "gemuk" karena menghubungkan tiga propinsi yang padat penduduk yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta. Melewati beberapa wilayah yakni Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk,  Ngawi,  Sragen, Solo,  Surakarta, Klaten, Sleman,  Bantul dan Jogjakarta.

Jalur ini sama padatnya dengan jalur Semarang-Solo dan sebaliknya. Penguasa jalur Jawa Timur dan Jawa Tengah ini anehnya adalah PO atau perusahaan otobus Jawa Timuran seperti Sumber Grup dan PO Eka-Mira.  Bahkan untuk jalur AKDP nya bus lokal Solo-Jogja bisa dibilang tenggelam di serbu bus AKAP ini.


Hal ini bisa terlihat di terminal Tirtonadi Solo di jalur lintas Solo Jogja bus seperti Sedya Mulia,  Ismo dll sepi penumpang sedangkan di jalur sebelahnya yang lintas propinsi penumpang memilih menunggu SR atau Eka dan Mira ketimbang naik bus lokal walaupun sudah standby. Miris memang,  walaupun bus-bus lokal tersebut memiliki armada yang cukup bagus dan terawat.



PO EKA-MIRA 
Untuk bus ekonomi AC dari Jawa Timuran harga tiket dari Solo ke Jogjakarta dipatok hanya 15 ribu rupiah saja.  Sedangkan kelas Patas macam EKA atau SR Golden Star di kisaran 25 ribu rupiah. Lama perjalanan menggunakan bus dari Surabaya ke Jogjakarta kira-kira 6-8 jam,  enam jam saat perjalanan malam hari dan delapan jam saat pagi dan siang hari. Dengan rincian dari Solo ke Surabaya biasanya sekitar 5-6 jam dan sisanya Solo Jogja sekitar dua jam. [Info Bus Surabaya ke Solo]

Bus dengan trayek Surabaya-Jogjakarta ini akan berhenti atau "ngetem" agak lama di terminal Tirtonadi Solo sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya ataupun Jogjakarta. Dengan dibukanya tol Surabaya-Mojokerto-Kertosono dan Tol Wilangan-Ngawi,  dan Solo-Sragen-Ngawi bisa jadi ke depan lama perjalanan akan terpangkas 2-3 jam.

Bus Sumber Grup kelas Ekonomi AC dan PATAS yang melayani rute Surabaya-Solo-Jogjakarta

Namun untuk bus AKDP dan AKAP tentu akan membatasi armadanya untuk masuk ke jalan tol kecuali dalam kondisi penuh penumpang karena ongkos lewat jalan tol yang lumayan mahal. Karenanya hanya sesekali saja dari sekian banyak trip saya dari Surabaya ke Solo dan sebaliknya bus yang saya naiki lewat jalan tol, ini dikarenakan tidak semua penumpang turun di akhir trayek, ada yang turun di tengah perjalanan seperti Nganjuk,  Karangjati atau Jombang.

Bus dengan trayek Surabaya-Jogjakarta beroperasi selama 24 jam dari kedua arah baik dari Terminal Bungurasih maupun dari Terminal Jombor atau Giwangan Jogja. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ada urusan mendadak di kedua kota ini karena bisa berangkat sewaktu-waktu sesuai keinginan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda