Bus EKA trayek Surabaya-Jogja rehat di RM DUTA II Ngawi |
Jalur ini sama padatnya dengan jalur Semarang-Solo dan sebaliknya. Penguasa jalur Jawa Timur dan Jawa Tengah ini anehnya adalah PO atau perusahaan otobus Jawa Timuran seperti Sumber Grup dan PO Eka-Mira. Bahkan untuk jalur AKDP nya bus lokal Solo-Jogja bisa dibilang tenggelam di serbu bus AKAP ini.
Hal ini bisa terlihat di terminal Tirtonadi Solo di jalur lintas Solo Jogja bus seperti Sedya Mulia, Ismo dll sepi penumpang sedangkan di jalur sebelahnya yang lintas propinsi penumpang memilih menunggu SR atau Eka dan Mira ketimbang naik bus lokal walaupun sudah standby. Miris memang, walaupun bus-bus lokal tersebut memiliki armada yang cukup bagus dan terawat.
PO EKA-MIRA |
Bus dengan trayek Surabaya-Jogjakarta ini akan berhenti atau "ngetem" agak lama di terminal Tirtonadi Solo sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya ataupun Jogjakarta. Dengan dibukanya tol Surabaya-Mojokerto-Kertosono dan Tol Wilangan-Ngawi, dan Solo-Sragen-Ngawi bisa jadi ke depan lama perjalanan akan terpangkas 2-3 jam.
Bus Sumber Grup kelas Ekonomi AC dan PATAS yang melayani rute Surabaya-Solo-Jogjakarta |
Namun untuk bus AKDP dan AKAP tentu akan membatasi armadanya untuk masuk ke jalan tol kecuali dalam kondisi penuh penumpang karena ongkos lewat jalan tol yang lumayan mahal. Karenanya hanya sesekali saja dari sekian banyak trip saya dari Surabaya ke Solo dan sebaliknya bus yang saya naiki lewat jalan tol, ini dikarenakan tidak semua penumpang turun di akhir trayek, ada yang turun di tengah perjalanan seperti Nganjuk, Karangjati atau Jombang.
Bus dengan trayek Surabaya-Jogjakarta beroperasi selama 24 jam dari kedua arah baik dari Terminal Bungurasih maupun dari Terminal Jombor atau Giwangan Jogja. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ada urusan mendadak di kedua kota ini karena bisa berangkat sewaktu-waktu sesuai keinginan anda.
Comments
Post a Comment
Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih