Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

"MENGENASKAN" PENGHASILAN SAYA SEBAGAI BLOGGER SELAMA 6 TAHUN

Penghasilan Iklan Propellerads
Hampir 6 tahun lamanya saya menjadi seorang blogger, walaupun hanya sebagai sambilan saja. Dengan dua blog saja yang terurus dari beberapa blog yang ada,  saya menyadari bahwa menjadi seorang blogger tidaklah mudah apalagi menjadi seorang profesional blogger. Dimana dari blog menjadi sumber penghasilan utamanya.  

Persaingan di dunia maya sekarang kini tidak didominasi hanya dengan BLOGGER saja melainkan juga dari VLOGGER dan YOUTUBER dan pengembang aplikasi berbasis android dan IOs.

Para pencari uang di dunia maya dituntut kreatifitas masing-masing dalam hal menggaet pengunjung atau visitor dengan caranya sendiri. Untuk blogger sendiri harus dituntut menghasilkan informasi dan tulisan yang menarik, enak dibaca dan informatif tentunya,  sedangkan untuk youtuber dan vlogger harus menghasilkan rekaman video yang berkualitas dari segi konten maupun teknis.

Konten dan isi dari tiap blog maupun channel tentunya berbeda-beda sesuai dengan niche atau topik dari si empunya. Namun tentu saja hanya blog dan channel yang memiliki diferensiasi atau pembeda yang akan survive atau selamat dan tidak ditinggal pengunjung.

Khusus untuk dalam hal nge-blog,  saya mengalami hampir semua pasang surutnya. Terkena banned Google Adsense, terkurung di Google Sandbox dan naik turun ranking di Alexa serta naik turun visitor pengunjung adalah hal biasa.

Dulu tak pernah terpikirkan bahwa dari blog yang saya punya bisa menghasilkan ceceran rupiah. Dengan usaha keras dan pantang menyerah setelah terkena banned dari Google Adsense saya coba bangkit untuk terus posting artikel artikel yang menurut saya bagus dan informatif serta tidak terlepas dari kejadian kejadian seputar kehidupan sehari-hari. Usaha dan jerih payah saya terbayar dengan tawaran berbagai macam iklan dari luar negeri seperti PopCash, Propellerads,  Mobicow,  dan lain-lain.


Screenshoot penghasilan POPCASH

Hasil dari enam tahun nge-blog memang tidak banyak penghasilan saya dapat, bagi saya itu tak masalah yang penting jerih payah saya ada yang mengapresiasi. Dibawah ini adalah total penghasilan ngeblog saya dari 3 channel iklan yang pernah saya ikuti, tidak termasuk beberapa channel iklan kecil yang saya tidak sempat membuat salinan penghasilannya.

1. Penghasilan dari PROPELLERADS, bisa jadi ini yang paling banyak, yakni di angka 230 $ total selama 5 tahun.
2. POPCASH, dengan penghasilan total sekitar 35 $
3. MOBICOW,  dengan penghasilan total sekitar 12 $
Screen shoot penghasilan MOBICOW
Total selama hampir 6 tahun saya ngeblog penghasilan yang terkumpul adalah (230+35+12) = 277 $. Anggap saja konversi dollar ke rupiah 13 ribu, maka dalam rupiah penghasilan itu sebesar 3.6 juta rupiah dalam kurun waktu enam tahun. Jika diambil rata rata maka penghasilan nge blog saya setahun hanya 600 ribu rupiah saja atau per bulan yakni 50 ribu rupiah.

Masih tertarik menjadi seorang blogger,  semoga artikel saya ini memberikan gambaran bagi para blogger pemula.

Comments

  1. dan yang harus lu sadari juga,blog lu gratisan,mau penghasilan 10jt tapi dengan modal blog gratisan? ya susah lah,cocoknya ini jadi pbn

    ReplyDelete
  2. Astaga...
    Gua ngeblog setahun aja pake gratisan dapetnya lebih 1000$... Bulanan bisa dapat jajan sejuta lebih... itupun banyak yg bilang pendapatan blogging gua masih receh... Hahahay
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagi bagi donk resepnya Gan :-) maklum saya gak ada iklan dari Google.

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda