Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Mau Tahu??? Beda Kereta Api Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC dan Ekonomi AC Reguler di Indonesia.

Susana dalam gerbong kereta kelas Eksekutif Prioritas

Judul diatas mungkin akan bisa sobat jadikan perbandingan jika hendak memilih kelas dalam kereta api terutama untuk perjalanan kereta api jarak jauh, semisal dari Jakarta ke Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya dan Malang. secara umum di Indonesia kelas kereta dibagi menjadi empat kelas seperti tersebut diatas.

Berikut adalah contoh-contoh dari kereta api berdasarkan penggolongan kelasnya dan fasilitas masing-masing:

1. Kereta Eksekutif
Biasanya kereta dengan nama argo adalah kereta yang berkelas eksekutif, semisal Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Wilis, dll namun ada juga kereta bukan bernama depan Argo yang berkelas eksekutif seperti Sembrani, Bima, Bangunkarta, dll.

Kereta Eksekutif biasanya memiliki jumlah tempat duduk 50 seat atau kursi dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2 dan 2-1 untuk di ujung gerbong. Kursi berupa recliner seat yang dapat dinaik turunkan dengan jarak kolom antar kursi lumayan luas. Fasilitas seperti selimut dan bantal kecil juga diberikan selama perjalanan.

2. Kereta Bisnis
Kereta dengan kelas ini adalah kereta kelas pertengahan dan terkadang terdapat dalam satu rangkaian dengan kelas lainnya seperti halnya KA Gumarang yang memiliki tiga kelas sekaligus yakni Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi. Kereta dalam kelas ini antara lain Lodaya, Cirebon Express, Tegal Bahari, Sancaka, Malioboro Express, Malabar, dan Mutiara Timur.

Kereta Bisnis biasanya memiliki jumlah tempat duduk 64 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk dan dapat diputar untuk saling berhadapan dengan bangku didepan atau belakangnya.


3. Kereta Ekonomi AC Non PSO (Abu abu)
Kereta ini adalah kelas pertengahan diantara kelas Bisnis dan Ekonomi Reguler (orange). Contoh dari kereta ini antara lain: Bogowonto, Krakatau Express, Gajah Wong, Kereta Menoreh, Jayabaya, Jaka Tingkir, dan Joglokerto Express.
Suasana dalam gerbong kereta kelas Ekonomi non PSO

Kereta Ekonomi Non PSO ini biasanya memiliki jumlah tempat duduk 80 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk namun tidak dapat diputar untuk saling berhadapan.

4. Kereta Ekonomi AC PSO (Orange)
Kereta ini adalah kelas terendah dan biasa dinamakan kereta  Ekonomi Reguler (orange). Contoh dari kereta ini antara lain: Kertajaya, Brantas, Matarmaja, Tawang Jaya, dll.

Suasana dalam gerbong kereta kelas ekonomi
Kereta Ekonomi PSO ini biasanya memiliki jumlah tempat duduk 106 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-3. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk namun tidak dapat diputar untuk saling berhadapan. 
Jarak kolom antar kursi sangat sempit dan sangat menyiksa untuk mereka yang berbadan tinggi dan besar. Bagi yang "tidak terbiasa susah" mending jangan naik kereta api kelas ini karena badan akan capek semua sampai di perjalanan.

[Updated : tidak seperti dahulu sekarang didalam kereta penumpang tidak diperbolehkan tidur di lantai lorong kereta apalagi didekat sambungan gerbong. Hal ini dikarenakan mengganggu kenyamanan penumpang yang hendak hilir mudik]

Secara umum perbedaan antara kereta kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC dan Ekonomi  AC Reguler adalah:
1. Harga tiket setiap kelasnya berbeda lumayan jauh terutama saat akhir pekan dan hari hari libur.
2. Kursi yang lebih nyaman dan empuk untuk kelas eksekutif
3. Fasilitas bantal dan selimut gratis di kelas eksekutif
4. Jarak tempuh atau waktu perjalanan yang lebih pendek untuk kelas eksekutif karena hanya berhenti di beberapa stasiun tertentu saja.

Secara garis besar kini naik kereta dengan kelas apapun sudah sangat nyaman menurut saya, hal ini dikarenakan setiap gerbong kereta telah dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC. Larangan merokok dan tidur di sembarang tempat di semua kelas kereta, menjadikan kereta bersih dan bersahabat bagi seluruh anggota keluarga.

Karena itu hendaklah sobat mencoba naik kereta untuk melakukan perjalanan ke kota tujuan anda sekaligus menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bersama orang terdekat anda. Naik kereta api Tut....tut....tut....






Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...

Archive

Show more