Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Beroperasinya kembali bus bus AKAP dan AKDP dari dan ke Terminal Bungurasih

Terminal Bungurasih
                                           Terminal Bungurasih

Masa PSBB untuk Surabaya Raya telah berakhir dan tidak diperpanjang lagi semenjak tanggal 8 Juni kemarin. Walaupun ada kontroversi didalamnya dikarenakan wilayah Surabaya dan gerbang Kertasusila angka penularan dan kasus harian COVID-19 yang terjadi sudah melampaui DKI Jakarta.

Pemberlakuan PSBB di wilayah Surabaya dan sekitarnya membawa dampak ditutupnya layanan transportasi publik yakni terminal Bungurasih semenjak bulan Mei. Secara otomatis seluruh perusahaan otobus tidak lagi mengoperasikan armadanya semenjak itu sampai dengan tanggal 8 Juni kemarin.

Entah berapa kerugian yang dialami perusahaan perusahaan transportasi publik tersebut belum lagi dampaknya terhadap mata pencaharian para kru dan awak bus yang hampir sebulan lebih tidak bekerja.

Secara kebetulan saya dalam minggu-minggu ini hendak ke Semarang, dan seperti biasanya saya lebih memilih menggunakan transportasi bus daripada kereta api ataupun pesawat terbang. Karena rumah saya berada persis di dekat jalan raya Bypass Krian sehingga bisa memantau lalu lalang kendaraan umum. Syukurlah semenjak beberapa hari yang lalu Upik Abu mengatakan dia sudah melihat bus EKA melintas di depan perumahan saat istri saya pulang dari mengisi bensin di SPBU.

Hal itu juga saya buktikan sendiri saat hari Sabtu dan Minggu kemarin nampak dari tempat saya memancing di dalam perumahan bus bus seperti Sugeng Rahayu, Restu, Jaya, EKA dan Mira sudah berlalu lalang di jalanan walaupun frekwensinya tidak sesering dulu saat sebelum pandemi Corona terjadi.

Untuk memastikan hal tersebut yakni masalah jadwal dan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk naik bus bus AKAP dan AKDP saya pergi ke garasi bus EKA dan MIRA di daerah Kletek Sidoarjo yang kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah hanya sekitar 10 kilometer saja.

Sesampai di depan pintu gerbang garasi saya segera menuju POS sekuriti dan menanyakan perihal jadwal bus EKA tujuan Semarang terbaru dan apa ada persyaratan khusus untuk naik bus saat ini. Sekutiri dengan ramah menjawab dan menjelaskan jam-jam perjalanan bus EKA Surabaya Semarang, terutama di malam hari. Dan saya mendapatkan jam perjalanan yang saya inginkan yakni bus terakhir akan berangkat dari terminal Bungurasih sekitar jam 23.18.

Mengenai persyaratan khusus untuk naik bus dia hanya mengatakan sebenarnya tidak ada persyaratan apa-apa dari pihak PO namun dia menambahkan alangkah lebih baiknya jika kita membawa surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas.

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda