Facebook

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG TERBARU 2017

Bus SAFARI berhenti di terminal Terboyo Semarang
Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat menurut. Jalur yang melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang. Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.

Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya]

Tiket bus Royal Safari Solo Semarang

Bus bus dengan urutan terdepan diatas seperti berasal dari satu rumpun yang sama yakni PT SAFARI. Namun kini manajemennya telah dibagi menjadi SEK (Royal Safari, Taruna. Dan Blue Star), yang unit usaha satunya adalah PO.Safari Salatiga (familiar dengan Safari Lux/Safari Malam)

Kali ini akan saya bagikan Jadwal dan Tarif Bus Safari dan Safari LUX Jurusan Solo Semarang dan sebaliknya.

JADWAL BUS SAFARI DAN SAFARI LUX  SOLO-SEMARANG TERBARU 2017

Saya tidak menemukan referensi yang tepat mengenai jadwal bus ini, namun setahu saya untuk keberangkatan pagi sampai dengan sore hari adalah sangat rapat antara PO SAFARI, PO SAFARI LUX, dan PO TARUNA, bisa dibilang jarak keberangkatan antar bus kurang dari 15 menit sekali.

TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG TERBARU 2017

JURUSAN
HARGA TIKET
SOLO-SEMARANG
SEMARANG-SOLO
Rp. 30.000,-
SEMARANG-BOYOLALI
SOLO-UNGARAN
Rp. 25.000,-
SEMARANG-AMPEL
UNGARAN-BOYOLALI
BAWEN-SOLO
Rp. 20.000,-
SOLO-SALATIGA
SEMARANG-SALATIGA
BAWEN-BOYOLALI
UNGARAN-AMPEL
Rp. 15.000,-
SEMARANG-BAWEN
UNGARAN-SALATIGA
BAWEN-AMPEL
SALATIGA-BOYOLALI
AMPEL-SOLO
Rp. 10.000,-
SEMARANG-UNGARAN
UNGARAN-BAWEN
BAWEN-SALATIGA
SALATIGA-AMPEL
AMPEL-BOYOLALI
BOYOLALI-SOLO
Rp.   7.000,-


[Updated setelah Lebaran 2017 tarif bus Safari Lux dan Royal Safari Patas AC naik menjadi 30 ribu rupiah untuk Solo ke Semarang dan sebaliknya]. 
Bus Safari dan Royal Safari masih datang dan berangkat dari terminal Terboyo sampai akhir bulan Desember 2017 ini, simpang siur kepindahan operasional dan ditutupnya terminal Terboyo masih menjadi teka-teki.


Reaksi:

106 comments:

  1. Dari stasiun poncol sampai terminal bawen ada bis atau tdk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mas naik aja bus trans Semarang atau BRT haltenya ada di depan stasiun.

      Delete
    2. dari poncol mw ke solo naik trans trun mana mas biar dpt bis arah solo

      Delete
    3. Turun aja di halte RSI Sultan Agung lalu naik jembatan penyeberangan ke seberang jalan. Tinggal duduk manis disitu nunggu bus yg ke arah Solo

      Delete
  2. Dari Salatiga mau ke Solo tp berhenti di Solo Square bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas, bilang aja ke kondektur atau kernetnya, dan persiapan saat bus melewati UMS Mas maju ke posisi depan

      Delete
  3. Bis jam 5 sore Dari solo ke semarang mau turun tugu muda kira2 masih g ya ??Bis nya apa??makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus dari Solo ke Semarang yg lewat tengah kota saat malam hari biasanya Safari Lux, tp sy sendiri kurang tahu pasti jadwalnya karena rata rata bus dari Solo langsung naik tol turun di terminal Terboyo

      Delete
  4. Bus dari Semarang ke Solo yang berangkat sekitar jam 4 pagi, Ada tidak ya? Karena sy ngejar acara seminar di Solo jam 8 pagi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Gan paling pagi jam 2, jadwalnya bus Royal Safari. Jangan masuk ke terminal mending naik dari depan jalan raya Kaligawe lebih aman.

      Delete
  5. Bus dari solo ke semarang jam 5 pagi ada kgak ya? Kalau nunggu di pasar kartasura bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Gan, tuh jdwalnya Royal Safari kalau gak salah. Bisa tunggu di pasar Kartosuro atau di pojok dekat Tugu

      Delete
  6. Kalo dari uns surakarta mau ke semarang, apakah royal safari mlewsti rute tsbt?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lewat Gan, situ mesti ke Tirtonadi dulu. Kalau UNS khan ke arah Sragen bukan Semarang.

      Delete
  7. Mas kalo mau ke solo, bis yang di sukun jam.6 atau 7 an ada nggak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak Gan, tunggu aja EKA atau SR Patas Gan lebih murah n cepat

      Delete
    2. Masih banyak Gan, tunggu aja EKA atau SR Patas Gan lebih murah n cepat

      Delete
  8. jam 10 mlm dr stasiun tawang mau nyari bus arah solo dimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak naik gojek dulu ke RSI Sultan Agung dekat terminal Terboyo, bilang ojeknya untuk putar balik ke arah kota, tepat di bawah jembatan penyeberangan seberang RSI. Jangan masuk ke terminal ya, beberapa kali saya menemukan calon penumpang dikerjai calo. Mbak bisa naik bus Safari, Taruna, EKA atau Sugeng Rahayu. Tarifnya 30 ribu, khusus EKA n SR 25 ribu. Hati-hati sama calo Mbak ya jam segitu agak rawan, bayar tiket bus setelah naik.

      Delete
  9. mas kalo mau ke masjid agung semarang, naik bus solo semarang terus turunnya yg paling dekat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak sebenarnya naik kereta jam 05.20 pagi dr Solo Balapan, turun Tawang terus naik Gojek atau Gocar. Kalau naik bus turun di depan RSI dekat terminal Terboyo. Lalu naik BRT atau sekalian aja naik Gojek ke masjid Agung Semarang.

      Delete
  10. mas mau nanya kalau saya mau ke kantor kemenkumham dari terminal solo sekitar jam 1 pagi apakah masih ada bus?nanti di semarang saya turun dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sdh jawab di pertanyaan Mbak sebelumnya. Mending naik kereta aja dari st Solo Jebres. Jam segitu agak rawan kalau naik bus.

      Delete
  11. mas bro, kalau dari solo ke semarang lebih dari jam 7 malam ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada Gan, cuman busnya dari Sby seperti Sugeng Rahayu sama EKA

      Delete
  12. Kalau dari solo mau ke RS kariadi, turun dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya enak naik bus yg arah terminal Mangkang tp saya kurang tahu rutenya, mending naik yg ke Terboyo turun depan RSI lalu nyebrang jembatan. Bisa naik BRT yg ke arah Pemuda atau Simpang Lima, lalu naik Gojek ke TKP

      Delete
  13. Bus dari salatiga ke solo sekitar jam 5 sore sampai jam 6 adanya bus apa aja yaa? Terus berhentinya bisa deket solo grand mall atau sampe solo square aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jadwalnya bus Safari dari arah Semarang, bisa banget karena biasanya banyak penumpang turun disitu sebelum bus belok ke arah Kerten Mbak

      Delete
  14. Mas kalau naik safari dr solo +- berapa jam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Solo kemana nih? Kalau Solo Semarang biasanya 3.5-4 jam di jam sibuk, kalau jam sepi 3 jam lebih dikit

      Delete
  15. Mas kl dari bandara ahmad yani semarang mau naik bis patas kesolo sebaiknya naik bisnya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda harus ke terminal Terboyo terlebih dahulu, karena kalau ke Mangkang sy kurang tahu rutenya. Kalau paket ekonomis ya naik BRT dekat bandara tapi harus oper di halte Imam Bonjol baru ke Terboyo. Kalau naik taxi bisa 100 ribuan dari bandara.

      Delete
  16. Mas mau nanya, utk Safari Lux yang berangkat dari Tirtonadi Solo sore jam berapa ya, dan apakah harus pesan dulu? Solo-Semarang.Tks

    ReplyDelete
  17. Sekitar jam 3 setelah itu jadwalnya bus Raya, gak perlu pesan tiket, langsung bayar didalam bus. Kalau sore mending naik bus yg dr Surabaya, spt EKA atau Sugeng Rahayu Patas

    ReplyDelete
  18. Mas bus dari solo ke salatiga jam 2 pagi ada tidak ya mas? Kalau patas jg ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bus reguler macam Taruna, Raya atau Safari Lux, saya kurang tahu karena kalau jam segitu penumpang pasti sepi, tp kalau Patas dari Sby ke Smg pastinya ada spt EKA dan Sugeng Rahayu Patas.

      Delete
  19. Mas kalo naik bus dari terminal tirtonadi mau ke semarang yg turuny di sukun ada nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bus dr Solo ke Smg pasti lewat Sukun Gan, tp penumpang biasanya turun sebelum Mall ADA.

      Delete
  20. Solo - semarang paling malam jam brp ya gan? Naik dari mana? Terminal? Safari ya?

    ReplyDelete
  21. Kurang tahu pasti Gan mungkin jam 7 malam, bisa dari Tirtonadi dan sepanjang jalan yg dilalui, atau dari tugu Kartosuro. Untuk bis nya saya kurang tahu pasti. Kalau di terminal Tirtonadi di jalur 3 dan 4.

    ReplyDelete
  22. Mas, klo naik dari Ungaran (depan pegadaian) arah solo antara jam 5.30-6 pagi ada ga ya yg royal safari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Royal Safari yg waena putih pleret hijau saya kurang tahu soalnya agak sedikit armada busnya, mungkin itu jamnya Safari Lux dan Taruna. Btw Royal Safari Putih lebih nyaman karena jarak antar kaki lebih panjang.

      Delete
  23. Rute salatiga ke bandara Ahmad Yani Gimana Mas kalau naik bus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak ruwet sekarang Gan, karena Terboyo sdh ditutup operasinya. Namun dua hari terakhir terpantau bus bus jurusan Solo Semarang masih masuk Kaligawe walaupun gak masuk terminal. Mending dr Salatiga turun di Sukun nanti oper BRT tanya petugas yg arah ke bandara A.Yani karena gak ada yg langsung mesti ooer dulu.
      Jika bus Solo Semarangan masih lewat Kaligawe turun aja di RSI sultan Agung nyebrang jembatan lalu order Gojek ke bandara ongkos pake gopay 30 ribuan, lebih cepat gak pake muter muter:-)

      Delete
  24. kalau di ungaran bisa turun dimana ya? yang gak masuk terminal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak bisa turun dimana aja, geser aja ke posisi depan, bilang ke kondektur lokasi penurunan, jangan mendadak bilangnya.

      Delete
  25. Hari minggu ada gak yha ... bus semarang-solo jam siank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau siang pasti ada Gan, selang waktu setengah jam sekali.

      Delete
  26. Dari solo ke stasiun poncol turun dimana yaa mas...sampai di stasiun harus jam 4 pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini yg agak susah Gan, turun aja di depan RSI Sultan Agung di jalan Kaligawe sebelum bus masuk terminal Terboyo, lalu cari Gojek atau Opang untuk ke st Poncol, jarak ke st Poncol gak terlalu jauh paling 20 menit kalau pagi hari.

      Delete
  27. Mas, dr Solo kalau mau ke dinas pendidikan smg, kalo ngga salah daerah candisari, jatingaleh, itu turunnya di mana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun aja di Sukun Mbak dekat Trans Mall, nanti cari angkot yg ke Jatingaleh atau bisa langsung pesen Gojek.

      Delete
  28. Sekarang bus masuk nya ke terminal mn mas klw terboyo tutup..utk safari taruna apa lewat krapyak itu trus ke terminal mangkang kah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu lalu saya baru dari Semarang, bus dari Solo masih masuk Terboyo Gan. Belum ada kesepakatan antara kru bus dengan pihak Dishub soal kepindahan terminal

      Delete
  29. Pak, kalo dri stasiun poncol jam 1 siang mau ke boyolali naik apa ya pak? Trus naik dri mana? Makasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
  30. Dr st Poncol Mbak bisa naik ojek atau taxi ke terminal Terboyo tp jgn turun di Terboyo, bilang aja turun depan RSI Sultan Agung tarif ojek online sekitar 15 ribu rupiah kalau taxi online paling 25 ribu saja, nanti di depan RS ada jembatan penyeberangan, Mbak nya nyebrang ke jalan seberangnya. Tunggu aja di situ bus arah ke Solo spt Safari, Taruna, Royal Safari, atau kalau beruntung naik EKA, tarif ke Boyolali 25 ribu dan jangan lupa jangan mau ditarik karcis atau ditawari calo calo disitu untuk bayar dibawah. Bayar hanya di kondektur saat didalam bus.

    ReplyDelete
  31. dari solo mau ke bawen mulai ada bus jam berapa ya?terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam berapa pun ada, kalau malam hari agak jarang lewatnya.

      Delete
  32. mas, kalau dari stasiun semarang poncol sekitar jam 18.30 malam mau ke solo naik bis apa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik brt atau ojek dulu ke Kaligawe, minta diturunin di depan RSI ntar nyebrang ke lewat jembatan penyeberangan, tunggu disitu aja bus arah ke Solo, spt Safari, Taruna. Jam segitu ada SR Patas dan EKA mas, jauh lebih cepat dan murah

      Delete
  33. Mas mau tanya kalo dari sukun turun di universitas Muhammaiyah Surakarta bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Gan, pokoknya setelah tugu Surakarta merapat ke depan untuk persiapan dan bilang ke kondektur turun di UMS

      Delete
  34. Malam mas.
    Rencana saya mau berangkat dr solo ke semarang lalu lanjut ke pekalongan. Rencana berangkat tengah malam dr solo mas,
    Ada saran kira2 naik bis apa lalu turun dimana mas biar saya bisa lanjut ke pekalongan langsung.
    Mau pake kereta tp udah kehabisan hehe
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg agak susah Gan karena terlalu pagi sampeyan. Kalau mau ke Pekalongan bisa naik bus Nusantara dari Terboyo Semarang jam 5.30 pagi. Lebih pagi dari itu saya rasa gak ada. Kalau berangkat dari Solo ke Pekalongan saya kurang tahu pake bus apa.
      Sebenarnya bisa dari Semarang naik kereta Kertajaya dr Sby arah Jakarta sekitar jam setengah 2 pagi dr st Tawang.
      Pesen saya hati hati Gan kalau cari tiket di terminal baik Solo maupun Semarang.

      Delete
  35. gan kalo mau ke semarang dari solo turun di banyumanik jam4 sore naik apa ya gan

    ReplyDelete
  36. Gan mau tanya klo dr semarang ke solo paling malem jam brp ya? Trus nunggu bus nya dimana, soalnya saya blm pernah naik bis dr semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya 24 jam, tp jam 10 ke atas udah agak sepi, untuk bus AKDP terakhir jam 10, 10 keatas bus AKDP semisal EKA dan SR, saat ini masih berangkat dari terminal Terboyo.
      Mbaknya nunggu aja di seberang RSI sultan Agung, disitu tempatnya aman, jangan masuk ke terminal ya kurang aman banyak calo

      Delete
  37. Kalau mau ke mahanan enaknya turun dimana yang deket dengan stadion manahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun aja di SPBU Adisucipto, dah deket tuh aman Stadion Manahan

      Delete
  38. kalo bis smg-solo dari terminal mangkang pagi adanya jam berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mangkang saya kurang tahu Gan, normalnya sih jam 5 pagi harusnya dah ada

      Delete
  39. Kalau mau ke semarang,mau turun di ujung tol krapyak naik bus apa ya gan ?

    ReplyDelete
  40. Mas.. dari swalayan ada baru sukun,bus semarang - solo jam antara jam 21.30 sampai 22.00 malam masih ada yang lewat sukun gak yak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada Mas jgn khawatir, biasanya bus Sugeng rahayu atau EKa, kalau bus lokal mungkin udah jarang. Tarif lebih murah kok

      Delete
    2. terimakasih infonya.
      btw misal dari stasiun tawang kalau menurut mas, lebih enak nunggu bus solo-semarang dr sukun atau terminal terboyo ya? atau ada saran yang lain. terimakasih

      Delete
    3. Mending ke Terboyo khan lebih dekat dari st Tawang, jgn masuk terminal tunggu aja di seberang RSI Sultan Agung ya.

      Delete
  41. mas, mau tanya kalo dari semarang mau kesalatiga, nanti di salatiga turun di terminal atau uturn di pinggir jalan bisa?

    ReplyDelete
  42. Mas kalau bis patas jurusan solo semarang ada yang ngetem di solo square gak ? Kalau ada bis apa dan jam berapa aja

    ReplyDelete
  43. Nggak ada yang ngetem di situ Mbak, biasanya lewat langsung, dari pagi sampai malam hari dengan jarak keberangkatan sekitar 30 menit.

    ReplyDelete
  44. Pak saya mau nnya bus dr semarang ada ga pak lewat pasar Karangjati jam 02.00 mlm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau jam 2 malam udah gak ada Mbak, bus lokal semarang solo paling malem mungkin jam 9. Lepas itu tinggal bus EKA dan SR yg ke Sby lewat Solo, to kalau jam 2 malam kayaknya gak ada.
      Bus bus tsb pasti lewat pasar Karang Jati Mbak.

      Delete
  45. mas kalo dari solo ke Semarang Timur, turun mana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun di Terboyo Mas kayaknya lebih dekat, nanti oper angkot atau naik ojek online ke tujuan

      Delete
  46. Mas tadi aku manjat komen, kalo dari semarang ke solo naik patas kan nunggunya di sebrang RSI, lha itu bisnya ngetem disitu kan? Aku takute nek bise ra gelem mandek. Trus sekalian info bis patasnya yg paling nyaman dan cepet apa ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus nya gak ngetem Mbak, tp biasanya banyak calon penumpang yang nunggunya disitu, pokoknya peyan lambaikan tangan pasti berhenti bus nya :-)
      Wah kalau masalah cepat gak ngalahin Sugeng Rahayu ekonomi AC jurusan Semarang Surabaya lewat Solo, tp semua khan tergantung jam brp Mbak naiknya. Saya sih rekomendasikan EKA, SR Patas, dan Raya.

      Delete
    2. The power of ngawe-awe yo mas berarti. Oke nuwun mas

      Delete
    3. Hahaha iso ae Mbak, drpd situ ke terminal dikerubungi calo :-)

      Delete
    4. Mas, aku kok disaranin temen langsung ke terminal sukun aja, soalnya nanti tetep ngetem dulu di sukun lama. Menurutmu gimana mas?

      Delete
    5. Lha kan tergantung Mbaknya di Semarang posisinya mana, kalau deket Terboyo ya mending di RSI, kalau lbh deket ke Sukun ya mending ke situ.
      Kalau bus EKA sama SR ngetem gak lama, kalau Safari, dan Taruna memang agak lama.

      Delete
  47. Mas mau tanya kalo dr solo mau e stasiun tawang nanti trunya d mna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun aja di depan RSI Sultan Agung (posisinya sdh hampir mau masuk terminal Terboyo) lalu nyebrang ke seberang jalan, dr situ pesen aja Gojek ke Tawang paling 10 ribu, jaraknya gak terlalu jauh, sekitar 3 km.

      Delete
  48. pak, dr stasiun purwosari solo jm 7malam mau ke pekalongan naik bus gmn caranya ya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah posisi agak jauh Gan, mending naik ojek dulu ke Terminal Tirtonadi. Jam segitu banyak bus yang ke arah Tegal atau Pekalongan.

      Delete
  49. Saya mau ke solo, apakah bisa naik dari kalibanteng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa Mas, anda harus ke terminal Mangkang atau Terboyo lebih dahulu. Bus arah Solo tidak lewat Kalibanteng

      Delete
  50. Kalau dari stasiun tawang mau ke salatiga naik bus dari mana ya ,,jam 21.00 ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik dr pintu keluar terminal Terboyo atau seberang RSI sultan Agung bawah jembatan penyeberangan Mbak

      Delete
  51. Kalau mau ke mangkang naik bus yg mana kak?

    ReplyDelete
  52. Safari jam 4 pagi udah lewat belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mana kemana? Kalau dr Solo sudah ada

      Delete
  53. Mas, Lebaran ini bus solo semarang masih berhenti di terminal terboyo atau sudah tidak? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih, tp terminal tidak berfungsi sepenuhnya kebanyakan penumpang menunggu di samping RSI Sultan Agung atau jalan masuk menuju terminal.

      Delete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih