Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

INFO JADWAL DAN TARIF BUS EKONOMI AC DARI SURABAYA – SOLO

Bus MIRA Ekonomi AC melintas di Bypass Krian Sidoarjo

Jalur Surabaya ke Solo dan sebaliknya sudah melekat benar di mata dan pikiran saya. Setiap kali ke Semarang saya lebih memilih lewat dan transit ke Solo daripada naik bus yang lewat Pantura (Pantai Utara). Rumah saya yang berada di kawasan bypass Krian memang menjadi jalur sibuk lalu lintas bus-bus dari Surabaya yang mengarah ke Kediri, Nganjuk dan Solo.

Daripada harus balik lagi ke terminal Bungurasih untuk naik bus Pantura mending saya naik dan menunggu bus di bypass Krian saat malam hari. Bus yang melayani jalur atau trayek Surabaya ke Solo antara lain Mira dan Sumber Grup (Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu) Ekonomi AC dan untuk kelas Cepat ada bus EKA dan Sugeng Rahayu.

Bus-bus ini lewat bypass Krian atau berangkat dari Terminal Purabaya/ Bungurasih dengan jeda atau selang waktu yang rapat pada pagi hingga sore hari sekitar 15 menit sekali, menjelang malam hari selang waktu agak lama yakni 30-45 menit sekali. Namun hebatnya bus-bus di trayek Surabaya-Madiun-Ngawi-Solo-Yogyakarta ini beroperasi 24 jam nyaris tanpa jeda. [Simak Info Bus Surabaya-Jogjakarta]


Bus Sugeng Rahayu Ekonomi AC melintas di Bypass Krian Sidoarjo

Dengan tarif yang hampir sama antara kedua PO tersebut, tarif bus MIRA Ekonomi AC trayek Surabaya-Solo-Jogjakarta adalah sebagai berikut:

Surabaya-Madiun 
Rp 25.500,-
Surabaya-Ngawi  
Rp 31.500,-
Surabaya-Solo
Rp 45.500,-
Surabaya-Yogyakarta
Rp 56.500,-

Sedangkan tarif bus Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu Ekonomi AC trayek Surabaya-Solo-Jogjakarta adalah sebagai berikut:

Surabaya-Madiun 
Rp 26.000,-
Surabaya-Ngawi  
Rp 32.000,-
Surabaya-Solo
Rp 46.000,-
Surabaya-Yogyakarta
Rp 57.000,-


Tiket bus Sugeng Rahayu Ekonomi AC Surabaya-Jogjakarta
Bus-bus yang digunakan kedua Perusahaan Otobus ini relatif baru dan konon katanya setiap 5 tahun sekali diadakan perombakan armada alias bus-bus yang lewat lima tahun tidak lagi dipakai. Hal ini tentu saja sebagai bagian dari pelayanan kepada para penumpang.

Konfigurasi tempat duduk untuk kelas ekonomi AC adalah 2 di kiri dan 3 di kanan dan pendingin udara yang sejuk, berbeda dengan kelas Cepat yang memiliki konfigurasi 2-2. Waktu tempuh normal Surabaya ke Solo sekitar 5.5-6 jam dan lanjut ke Yogyakarta dengan tambahan 2 jam jadi total waktu Surabaya ke Yogyakarta adalah  7.5-8 jam.



Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda