Taman Abhirama "Oase di Tengah Panasnya" Kota Sidoarjo

February 08, 2018 0 Comments A+ a-

Taman Abhirama Sidoarjo

Sebenarnya sudah lama saya mengetahui keberadaan taman yang satu ini, namun baru sempat tadi pagi mengajak si bungsu dan Upik Abu untuk meluangkan waktu menikmati rindang dan sejuknya taman yang satu ini. Taman Abhirama adalah nama tempat tersebut,  berada dekat dengan GOR Sidoarjo atau lebih tepatnya daerah Pagerwojo, Ponti. 

Taman atau lahan terbuka hijau ini selalu ramai dikunjungi warga kota Udang saat akhir pekan atau saat hari hari biasa terutama pagi dan sore hari, dengan jam buka mulai jam 6 pagi sampai 6 petang.

Tidak ada tiket masuk untuk ke taman ini alias gratis,  hanya dikenakan parkir motor 3 ribu, sepeda angin seribu rupiah dan mobil 5 ribu. Sayang lahan parkir mobil dan motor kurang luas, hanya bisa menampung 5 mobil dan puluhan motor saja.



Tepat di depan taman nampak tulisan Taman Abhirama di atas gapura masuk dan patung kuda putih di area parkir. Taman ini ternyata berbentuk memanjang ke samping, terdapat kolam ikan yang cukup luas dan ada gazebo kayu didalamnya serta dua patung ikan berwarna warni.

Berjalan terus ke dalam terdapat gazebo yang cukup luas dimana terdapat area permainan anak dengan lantai karpet hijau,  area permainan itu berupa playground dari kayu dimana anak anak bisa berlari-lari serta perosotan dengan aman.





Tepat disamping terdapat wahana anak berupa rumah bermain,  alat olahraga. Bergeser lagi terdapat booth photo atau tempat selphie yang lumayan bagus yakni kereta kuda, dan rumah kayu. Disamping rumah kayu terdapat fasilitas toilet untuk pengunjung "sayang" tidak gratis. Terpampang jelas,  toilet bayar 2 ribu!  Kalau untuk biaya perawatan taman sih saya sebagai pengunjung oke oke saja,  kalau masuk ke kantong yang gak jelas beda urusannya hehehe.





Bergeser lagi ke bagian akhir taman terdapat kolam lagi,  namun sayang nampak dalam dan tak terawat, tak jelas ada ikan apa didalamnya. Namun yang menarik adalah terdapat tiga buah gazebo kayu yang bisa ditempati pengunjung untuk tempat beristirahat. Di tempat ini juga terdapat musholla kecil untuk beribadah.

Overall saya cukup terkesan dengan keberadaan taman Abhirama ini,  berarti setahu saya hanya ada dua taman terbuka hijau di Sidoarjo yang terkelola lumayan baik yakni taman Abhirupa di Krian dan taman Abhirama ini. Selain tentunya alun alun kota Sidoarjo. 

Ah saya hanya bermimpi, andai saja di setiap wilayah kecamatan terdapat ruang terbuka hijau yang dimaksimalkan keberadaannya menjadi taman taman kota seperti ini. Bisa menjadi tempat istirahat keluarga dan bermain anak-anak, sehingga tidak hanya wisata ke mall atau pusat perbelanjaan saja setiap akhir pekan.

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Total Pageviews

Popular Posts

DMCA

DMCA