28 May 2015

AMANKAH TERMINAL BUNGURASIH???

Ruang tunggu keberangkatan Terminal Bungurasih jurusan antar kota antar propinsi
Sebagai terminal bus terbesar di pulau Jawa bagian Timur, Terminal Bungurasih atau Purabaya cukup bersih dan aman bagi para calon penumpang bus antar dan dalam kota. Terminal ini terletak di perbatasan antara kota Surabaya dan Sidoarjo. Tepatnya sisi sebelah selatan dari bunderan Waru dekat dengan Mall City of Tomorrow (CITO). Di seberang pintu keluar bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) Terminal Bungurasih ini terdapat Stasiun Waru, yakni stasiun kereta api kecil yang disinggahi kereta komuter Surabaya Porong, kereta Probowangi, dll.


Terminal Bus Dalam Kota Bungurasih

Dulu sempat terjadi polemik antara pemkot Surabaya dan pemkab Sidoarjo masalah penarikan retribusi karcis Peron untuk calon penumpang bis antar kota antar propinsi (AKAP). Namun saya tidak tahu pastinya kapan retribusi karcis peron tersebut telah dicabut dengan kata lain tidak ada pungutan apapun bagi calon penumpang.

Saya sendiri rutin transit lewat terminal ini setiap 2 minggu sekali baik itu arah pulang maupun pergi ke rumah. Kebetulan kalau arah pulang ke rumah saya biasanya transit atau datang ke terminal ini saat lepas tengah malam yakni sekitar jam 2 atau 3 dini hari. Dan menurut pengalaman saya selama ini kondisi terminal Bungurasih di titik titik tertentu cukup aman.

Oh ya, sebelum lupa, pada terminal Bungurasih ini terdapat 2 pintu utama yakni, pintu Masuk dan pintu Keluar utama. Pintu masuk bis bis AKAP dan bis kota letaknya di samping Ramayana Mall, di daerah Medaeng kalo orang orang Sidoarjo dan Surabaya banyak mengenalnya. Di sekitar pintu masuk utama ini di kanan kiri atau daerah sekitarnya banyak terdapat agen agen biro travel dan perjalanan serta motel atau penginapan kecil untuk para penumpang dari luar kota atau luar pulau yang kemalaman di jalan. Untuk daerah sekitar pintu Masuk Terminal Bungurasih ini saya belum tahu keadaannya pada saat tengah malam, aman ataukah tidak bagi calon penumpang.

Kondisi Pintu Keluar Terminal Bungurasih pada dini hari
Sedangkan pintu yang lain adalah pintu Keluar Utama terminal Bungurasih yang letaknya di jalan raya Waru di depan Stasiun Waru. Di tempat inilah saya biasanya menunggu bis untuk lanjut pulang balik ke rumah. Kalo di daerah ini saya tahu dengan sendirinya bahwa daerah ini aman bagi calon penumpang yang menunggu bis di Terminal Bungurasih, bisa anda temukan warung warung kopi, nasi goreng atau soto lamongan yang tetap buka di dini hari. 

Seandainya anda terpaksa menunggu bis lama, anda dapat rehat sejenak makan atau minum minum dulu yang pastinya aman karena ditemani pemilik warung. Saya sering menunggu bis di pintu keluar bus Terminal BUNGURASIH ini pada tengah malam dan dini hari sekitar jam 1 sampai dengan 3 pagi dan tidak ada kejadian yang membuat saya takut karena situasinya aman aman saja.

Banyak juga kernet kernet bus berkumpul berteriak teriak mencari penumpang, begitu juga satu dua orang calo bus, pengamen juga terlihat namun keberadaannya tidak mengganggu menurut saya. Sedikit sharing saja inilah pengalaman saya, namun tidak ada salahnya juga anda tetap waspada apalagi kalo pergi sendirian. Karena kejahatan terjadi jika ada kesempatan, maka jangan ciptakan kesempatan untuk kejahatan terjadi.




2 comments:

  1. Sekali mampir ke terminal purabaya kesan pertama wow, gede terminalnya, mau jurusan apapun ada, keren, terminal arjosari yg di Malang kalah

    ReplyDelete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih