Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Hmm Cantiknya Stasiun Ngrombo

KA KERTAJAYA berhenti di Stasiun Ngrombo

Stasiun Ngrombo merupakan stasiun lama yang direnovasi dan naik level menjadi stasiun besar. Stasiun ini terletak di Purwodadi yang merupakan bagian dari Kabupaten Grobogan Propinsi Jawa Tengah. Kabarnya renovasi stasiun ini menghabiskan dana hingga 20 milyar. Saya sendiri baru NGEHH dengan stasiun ini ketika kereta api favorit saya KA KERTAJAYA semenjak awal tahun 2015 berhenti untuk menaik turunkan penumpang di stasiun ini. 

Kereta akan berhenti di stasiun ini kira kira setelah satu jam perjalanan dari arah Semarang menuju Surabaya. Dulu kereta Kertajaya lepas dari Semarang tidak berhenti stasiun ini hanya melintas saja dan akan berhenti di stasiun setelahnya yakni stasiun Randu Blatung. Kini kereta api Kertajaya dari Jakarta akan berhenti menurunkan penumpang di stasiun Ngrombo ini sekitar jam setengah 10 malam atau satu jam perjalanan dari Semarang. 

Beberapa bulan yang lalu ketika kereta berhenti di stasiun ini, saya sempat turun sebentar untuk sekedar melepas lelah kaki yang mulai kram, dan saya terkagum kagum dengan bangunan Stasiun ini. Bangunan baru stasiun terlihat bersih dan rapi, sama sih dengan hampir semua stasiun kereta sekarang. BRAVO.....


Jalur rel Stasiun Ngrombo
Saya sempatkan jeprat jepret sedikit bangunan stasiun Ngrombo ini. Sekedar informasi saja, kereta yang berhenti di stasiun Ngrombo ini adalah kereta Blora Express, Harina, Maharani, Kertajaya, Gumarang dan Jayabaya Utara. Untuk lebih jelasnya saya tambahkan informasi mengenai stasiun ini yang saya ambil dari wikipedia Indonesia.


Stasiun Ngrombo


Stasiun Ngrombo hanya terpaut jarak 1,5 km di barat Stasiun Gambringan ini dulunya memiliki percabangan ke Purwodadi. Rel ke arah Purwodadi saat ini telah tertimbun bangunan stasiun yang baru. Walaupun tidak lagi menjadi stasiun percabangan, penduduk Purwodadi yang hendak naik kereta api akan menuju Stasiun Ngrombo karena lebih dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Purwodadi-Solo bila dibandingkan dengan Stasiun Gambringan.

Stasiun Ngrombo memiliki 4 jalur kereta api, 2 di antaranya adalah jalur lurus. Di selatan emplasemen terdapat gudang pupuk, dan rel terdekat adalah jalur 4. 
Terdapat 2 bangunan di kawasan Stasiun Ngrombo. Di sisi timur adalah bangunan yang dahulu dibuat oleh Belanda, sementara bangunan yang baru berada di sisi barat. Bangunan yang baru berisi ruangan PPKA, peralatan pemindah wesel dan pengatur sinyal, sementara bangunan yang lama berfungsi sebagai ruang tunggu, dilengkapi dengan toilet dan mushola.



Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more