Facebook

Menikmati Sunset dan Semilir Angin di Surabaya North Quay

Sunset di Surabaya North Quay

Seperti biasa setiap akhir pekan Upik Abu dan kedua anak saya selalu Rempong ingin diajak jalan-jalan. Dan kebetulan saya sudah cari cari lokasi wisata baru di Surabaya yang bagus dan murah meriah. 

Pilihan akhirnya jatuh ke Wisata Bahari Surabaya North Quay di daerah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kabarnya untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Tempat ini adalah roof top atau bagian atap dari gedung milik Pelindo III yakni Gapura Surya Nusantara.



Berbekal Google Map kita meluncur dari Krian Sidoarjo ke arah Surabaya lewat jalan tol. Map mengarahkan kita keluar dari tol Perak mengarah ke jalan Perak Utara, dan akhirnya masuk ke kawasan Pelabuhan. 

Tiket parkir mobil area pelabuhan Tanjung Perak

Ketika hendak sampai ada gate pembayaran parkir dan kita dikenai tarif parkir mobil sejumlah 11 ribu rupiah, sedangkan motor sebesar 5 ribu rupiah.Jam dan hari buka dari Surabaya North Quay dari Selasa sampai dengan Minggu mulai 11 siang sampai dengan jam 8 malam.

Gedung Gapura Surya Nusantara
Setelah parkir mobil di area yang cukup luas, nampak di atas roof top gedung sudah banyak pengunjung yang berfoto foto ria dengan latar belakang terminal peti kemas Jamrud. Nampak pula sekelompok calom penumpang kapal yang duduk menunggu jam keberangkatan kapal mereka. Entah mengapa mereka tidak masuk saja ke dalam gedung yang lumayan besar dan megah tersebut daripada menunggu di luar.

Di pintu masuk sekuriti mengecek barang bawaan pengunjung, dan ternyata benar pengunjung sama sekali tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Upik Abu yang sudah saya beritahu ternyata mengabaikan pesan saya, sebotol besar air mineral terpaksa kami titipkan di pos keamanan.
Food court di lantai 3
Persis sesudahnya terdapat escavator yang siap membawa anda ke lantai 2, kondisi lantai 2 sama dengan lantai dasar bersih, dan rapi namun sepi sekali. Berlanjut ke lantai 3 di mana terdapat food court yang menjual makanan Jawa Timur, dan tentu saja di sisi samping dari gedung berupa dek telah ramai oleh pengunjung.
Beruntung sekali sore itu karena ada kapal penumpang yang sedang sandar dan bongkar muat barang. Nampak tidak terlalu jauh pulau Madura, jembatan Suramadu melintang dari Madura ke Surabaya dan monumen Jalasveva Jayamahe di sisi kanan gedung.


Beberapa bangku dan meja lengkap dengan payung atau kanopi disediakan di sisi belakang gedung. Dengan background selat Madura dan kapal kapal yang sedang lego jangkar menjadi daya tarik tersendiri tempat ini. Belum lagi sunset di ufuk Barat, hmmmm damn it's so beautiful.
Di sisi kiri gedung bagian depan dan belakang terdapat area yang dilengkapi rumput sintetis dimana pengunjung bisa lesehan dan melepas penat tentunya dengan melepas alas kaki. Terdapat ikon Surabaya North Quay berwarna merah di kedua sisinya. Pengunjung asyik selfie dan foto foto dengan latar atau view tersebut.




Kabarnya di saat tertentu akan ada pertunjukan Live Music di outdoor area tersebut. Surabaya North Quay sendiri adalah wisata yang dikembangkan oleh Pelindo 3 yang terletak di lantai 3 Gedung Gapura Surya Nusantara. Gedung ini sendiri adalah tempat tunggu penumpang kapal yang hendak berlayar sekaligus pemberhentian kapal transit. Jika dikembangkan lebih bagus dan baik lagi mungkin akan mirip Marina Bay Sands di Singapura :-)

Kapal yang bersandar di sebelah Surabaya North Quay
Well, is so worthed and amazed. Jadi tunggu apalagi sobat, jika datang ke Surabaya jangan sia-siakan waktu segera kunjungi tempat wisata yang satu ini.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih