Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Perjalanan Sesaat Sebelum Virus Corona Merebak (Bagian 1)



Suasana bypass Krian malam hari

Sekitar awal bulan April karena tuntutan pekerjaan saya harus pergi ke Semarang dan Cirebon untuk melaksanakan tugas dari big bos. Sebenarnya saya agak merasa was-was dan khawatir karena masa pandemi Covid 19 atau virus Corona sudah mulai menjalar rata ke berbagai daerah di Indonesia terutama pulau Jawa.

Ada kebimbangan antara naik angkutan umum atau membawa mobil sendiri. Sebenarnya membawa mobil sendiri agak lebih aman daripada harus memaksa naik transportasi umum seperti bus dan kereta api. Namun faktor fisik menjadi pertimbangan bagi saya karena setelah dari Semarang esoknya saya harus sudah berada di kota Cirebon.

Akhirnya saya putuskan untuk naik bus seperti biasa ke Semarang dengan transit terlebih dahulu di Solo. Saya sudah menduga sebelumnya bahwa operasional bus AKAP akan mulai mengalami penurunan frekuensi di awal awal pandemi Corona yakni di awal bulan April ini. Saya berangkat dari rumah menuju tempat dimana biasanya menunggu bus luar kota lewat yakni di Bypass Krian yang berada tepat di depan komplek perumahan tempat tinggal saya. Jam 10 malam lewat beberapa menit saya segera memesan aplikasi ojek online dan tak lama kemudian ojek tersebut sudah ada di depan rumah.

Dengan berat hati namun tetap bersemangat saya tinggalkan keluarga di rumah, kebetulan anak sulung saya juga sudah berada di rumah setelah pihak pondok tempat dia menuntut ilmu telah memulangkan santri-santrinya di awal bulan April akibat pandemi Corona. Di sela perjalanan saya sempat mengobrol dengan driver ojol tersebut mengenai jumlah tarikan yang dia dapat selama masa pandemi ini berlangsung. Dengan suara berat dia mengatakan ini point ke enam yang saya dapat hari ini Mas. Dan hal itu sudah berlangsung semenjak pertengahan bulan Maret tuturnya. Sebelumnya dalam sehari minimal dia bisa mengantongi 20 point dan maksimal 30 point. Sekarang 10 point saja susahnya setengah mati.

Saya hanya bisa menghela nafas dan mengatakan yang sabar Pak, semoga semuanya cepat pulih seperti biasanya. Obrolan yang tidak lebih dari 5 menit itu berakhir ketika saya sampai di sisi timur bypass Krian. Nampak beberapa calon penumpang bus sedang duduk di bawah pohon kersen. Tak berapa lama berselang bus Sugeng Rahayu ekonomi AC melintas beberapa calon penumpang segera naik, tinggal saya dan beberapa calon penumpang lain menunggu bus yang kita inginkan.

Tak terasa 15 menit berlalu melintas lagi bis SR ekonomi dan disusul bus Mira namun tak seperti biasanya frekuensinya tidak sesering malam-malam sebelumnya. Bus EKA Patas dan SR Patas yang saya nanti tak kunjung muncul, iseng saya tanyakan pada 2 orang calon penumpang yang duduk tak jauh dari tempat saya berdiri.

Mas, lihat EKA lewat gak tadi sebelum saya datang. Iya Pak, dua tiga kali lewat. Kita sudah disini sejak jam 8 malam untuk nunggu bus tujuan Ponorogo namun belum melintas juga. What? Dari jam 8 malam berati mereka sudah menunggu 3 jam lamanya.

Saya lihat jam di HP sudah lewat tengah malam bus yang saya nanti tak kunjung lewat. Bahaya ini saya harus segera mengambil keputusan apakah harus naik bus ekonomi lebih dahulu ke Solo. Saya putuskan menunggu lagi sejam ke depan, kalau memang tidak muncul terpaksa saya naik bus ekonomi. Bus ekonomi pun selama setengah jam lewat tengah malam itu juga tak kunjung melintas. Dan akhirnya bus yang saya nanti melintas hampir jam 1 malam, berarti saya menunggu hampir 2.5 jam lamanya. (Bersambung ..................bagian 2)




Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...