Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Perjalanan Sesaat Sebelum Virus Corona Merebak (Bagian 2)

Bus EKA rehat di rumah makan DUTA 1 Ngawi

Naik ke dalam bus, tangan saya coba menghindari kontak dengan pintu dan tempat duduk penumpang lain. Bus EKA Patas ini berisi penumpang kurang lebih setengahnya saja hingga saya bebas memilih tempat duduk yang kosong.

Tak lama kondektur menarik ongkos tiket, dia pun terseyum kepada saya, Ngenteni suwe Yo Mas? (Nunggu lama ya Mas). Iya Pak jawab saya, kenapa Pak ya? Dia hanya menjawab singkat, armada dikurangi Mas. Hanya jalan setengah saja. Penumpang sepi, dan banyak armada bus yang terpaksa Perpal katanya. Waduh, jawab saya setengah kaget.

Lepas itu dia berlalu, saya teringat pesan Upik Abu. Saya mengeluarkan hand sanitizer yang dia bekali, dan menyemprotkan ke kedua tangan saya. Lalu saya pakai kaos tangan, masker dan segera saya terlelap dalam tidur. Dengan kondisi sepi penumpang bisa saya tebak bus tidak akan naik TOL, dan benar saja bus menyusuri jalan propinsi Surabaya hingga Kertosono. Di daerah Brakan Kertosono saya terjaga dan sempat melihat beberapa penumpang baru naik, lepas itu bus pun melaju kembali membelah kelamnya malam saya pun terlelap lagi dalam mimpi panjang.

Sekitar jam 4 dini hari, bus merapat di RM Duta 1 Ngawi. Beberapa penumpang terlihat juga waspada akan bahaya penyebaran Covid 19, tidak seperti biasanya banyak dari penumpang memakai masker dan kaos tangan. Alhamdulillah mereka sadar akan kesehatan pribadi dan orang lain.

Bus melaju kembali menyusuri jalanan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah saya pun terlelap tidur hingga terbangun ketika bis sudah masuk Karanganyar mendekati Palur. Dan akhirnya sekitar setengah 6 pagi bis merapat di terminal Tirtonadi Solo.

Terminal besar tersebut terlihat sepi seperti biasanya karena masih pagi, namun sepi kali ini tidak seperti biasanya. Nampak di dekat pintu masuk ada bilik untuk penyemprotan desinfektan namun kelihatan belum difungsikan. Masuk ke ruang tunggu terminal, lorong-lorong terminal terlihat sepi sekali tidak seperti biasanya. Hingga ditengah terminal bagian barat nampak hanya beberapa orang awak bus SR Patas jurusan Bandung dan kuah awak bus AKDP Solo Semarang seperti Safari dan Raya sedang duduk-duduk di salah satu warung dalam terminal.

Terminal Tirtonadi Solo

Ya. sepi yang tidak seperti biasanya saya sudah rasakan. Mata saya berusaha mencari mandor bis EKA yang saya kenal dengan baik namun tak saya temukan. Hampir jam 6 pagi, ini berarti bus EKA yang mestinya jalan ke Semarang tidak jalan alias Perpal. Saya akhirnya memutuskan untuk naik bus RAYA yang hampir setengah jam ngetem dan belum berangkat dari awal saya duduk duduk di luar ruang tunggu.

Hanya ada beberapa gelintir penumpang saja yang naik awal dari terminal Tirtonadi. Bus segera melaju ke arah Semarang, di sepanjang perjalanan beberapa orang penumpang naik dari Kartosuro hingga Boyolali. Saya terlelap lagi dalam tidur panjang pagi itu.

Terjaga dari tidur ternyata bus baru sampai daerah Ampel Boyolali. Beberapa orang penumpang banyak naik di daerah tersebut dan di dominasi para pekerja pabrik garment.

Jalanan Boyolali, Salatiga, Ungaran masih ramai pagi itu walaupun anak anak sekolah sudah banyak yang diliburkan.
Skip.....skip sekitar jam 9 bus Raya yang saya naiki merapat di ex terminal Terboyo Semarang. Suasana di jalan raya Kaligawe masih tetap tak berubah, calo bus dan tukang ojek pangkalan masih ramai seakan tak terpengaruh oleh situasi pandemi Corona. Warung warung kopi dan makan pinggir jalan masih buka dan ramai pengunjung.

Saya beringsut ke arah sebelah kiri jalan Kaligawe arah ke Demak tepatnya di depan dealer mobil besar tempat atau titik aman penjemputan bagi ojek online. Beberapa ojek pangkalan memanggil saya dan menawarkan jasanya namun dengan halus saya tolak.

Tak berapa lama ojek online yang saya pesan untuk menuju pabrik telah berada di depan saya. Separuh perjalanan panjang saya sudah terlampaui hari itu. Alhamdulillah. (Bersambung............ bagian 3)

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda