Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Berapa Lama Uang Pembatalan Tiket Kereta Api Ditransfer ke Rekening Kita???

Form Bukti Pembatalan Tiket Kereta Api

Sebagai pengguna setia transportasi darat yaitu kereta api selama lima tahun terakhir ini, saya sudah tidak menghitung berapa banyak uang yang hangus sia-sia karena tidak sempat atau lupa membatalkan tiket kereta api yang sudah terlanjur terbeli karena jadwal kepulangan saya ke Surabaya berubah atau batal.

Semenjak dua tahun terakhir ada kebijakan PT KAI yang menurut saya kurang populer dan tidak berpihak kepada konsumen. Sebelumnya saya bisa membatalkan tiket kereta saya di Stasiun terdekat namun sekarang hal itu berlaku. Sebagai contoh dulu saya bisa melakukan proses pembatalan dan perubahan tiket kereta api di Stasiun Tanah Abang yang notabene dekat dengan tempat kost saya. 

Namun sekarang proses pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun stasiun besar seperti di Stasiun Jakarta Kota, Gambir dan Pasar Senen. Itu tentu saja memberatkan saya karena letak stasiun tersebut agak jauh dari kost.

Yang kedua dahulu kita bisa mendapatkan uang pembatalan tiket secata langsung saat kita menukarkan tiket kereta di loket pembatalan,  namun sekarang tidak kita selaku konsumen harus menunggu selama kurang lebih 30 hari untuk pengambilan tunai  dan 45 sampai dengan 60 hari untuk yang ditransfer melalui bank. 

Sebagai konsumen seharusnya kita mendapat layanan terbaik dari produsen yakni PT KAI itu sendiri, dalam setiap perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api kita dikenakan biaya sebesar 25% dari setiap harga tiket yang tertera di tiket. Dan itu berlaku untuk per lembar tiketnya. Saya ambil contoh harga tiket saya adalah 100 ribu rupiah, maka saya berhak mendapatkan 75 ribu rupiah atau 75% dari harga tiket. Sedangkan 25 ribu rupiah adalah biaya atau denda atas pembatalan tiket yang diterima oleh PT KAI. Walaupun kenyataannya tiket yang kita batalkan bisa dijual kembali oleh PT KAI.

Saya beri contoh dari kejadian sendiri. Saya membatalkan tiket kereta untuk MUDIK dan Balik Lebaran tahun 2016 karena tahun ini alhamdulillah saya bisa bekerja lagi di Surabaya di saat menjelang awal puasa kemarin. Satu tiket mudik adalah KA JAYABAYA seharga 385 ribu rupiah dan tiket balik adalah KA KERTAJAYA seharga 160 ribu rupiah. Saya membatalkan tiket kereta tersebut di Stasiun Pasar Turi setiba dari Jakarta pada tanggal 2 Juni kemarin. Saya memilih untuk ditransfer uang tiket pembatalan kereta api saya daripada harus repot mengambil tunai karena harus datang langsung ke Stasiun.

Namun sebenarnya saya juga ada tujuan lain yakni mengetahui apakah uang saya benar benar ditransfer atau tidak oleh PT KAI. Ternyata iseng iseng saya coba mengecek mutasi rekening Bank saya secara online, bahwa pada tanggal 28 Juni 2016 uang pembatalan tiket kereta api saya telah ditransfer sebesar 401 ribu rupiah dari rekening bank BNI PT KAI

Bukti Transfer dari PT KAI untuk pembatalan tiket kereta api

Berarti proses transfernya tidak lebih dari satu bulan, ini berarti lebih cepat dari ketentuan yakni berkisar antara 30 sampai 60 hari uang pembatalan tiket kereta api akan di transfer ke konsumen. Namun ada satu tiket saya yang dibatalkan di Stasiun Gambir Jakarta yang sampai sekarang sudah hampir sebulan lebih belum ada updatenya. Artinya saya belum tahu sudah di transfer atau belum, akan saya coba lacak lagi di rekening Bank saya.

Comments

  1. Aahhh penipu sampai sekarang saya blm di transfer juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga Gan, karena saya pernah dpt transferan uang tiket kembalian tiket kereta, namun ada juga yg tidak ditransfer :-) mending diambil cash aja kalau ada waktu.

      Delete
  2. Ko sya udah 40 HRI belum DPT transfran yaaa..gmn caranya agar bisa Blok APA bisa lgsung k pasara senen untuk bil tunai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sdh pilih lewat transfer kayaknya gak bisa dìambil lewat pengambilan langsung. Kalau saya mending ambil langsung, karena pengalaman return tiket lewat transfer eee gak ditransfer :-(

      Delete
  3. Seandainya sampai batas waktu yg telah ditentukan, dan belum ditransfer
    kita lapor kemana gan

    ReplyDelete
  4. Susah gan kalau masalah pelaporan seperti itu. Faktanya dulu saya pernah batalin tiket dan uang refundnya memang terbukti ditransfer namun ada juga yang tidak sampai saya ikhlaskan akhirnya.
    Saran saya mending diambil aja langsung sebulan kemudian di stasiun yang ditunjuk.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more