Facebook

Isirahat Sejenak di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan



Terjebak saat menuju daerah Wajak Malang saat hari ketiga Lebaran, saya menoleh ke sisi kiri jalan Purwodadi ternyata terlihat pintu masuk ke arah Kebun Raya, segera saya banting sentir mobil ke arah kiri. Terlihat antrian beberapa mobil di depan pintu masuk sedang menunggu pembelian tiket. Untuk tiket mobil kita tidak perlu turun karena ada petugas yang menghampiri mobil kita dan akan menghitung jumlah penumpang.
Loket Tiket Masuk

Tiket masuk Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Sebagai tambahan informasi tiket masuk kebun raya Purwodadi 2016 ini adalah untuk pengunjung dewasa saja yang dihitung yakni 6 ribu rupiah, tiket untuk mobil sebesar Rp 10.500,- dan sumbangan untuk Palang Merah Indonesia sebesar 2 ribu rupiah. Total untuk 10 orang didalam mobil kami dikenakan tiket masuk sebesar 65 ribu rupiah.

Deretan pohon pohon besar berdiri di sisi kiri dan kanan jalan masuk utama, nampak di sisi kiri jalan ada kolam ikan besar dengan perahu angsa yang disewakan bagi pengunjung. Di sisi itu pula terdapat lapangan rumput yang cukup luas mirip dengan lapangan golf. Di jalan yang membelah tengah kebun terlihat banyak mobil terparkir dan pemilik nya tengah santai duduk diatas tukar yang digelar di rumput. Mereka asyik mengobrol sambil menikmati pemandangan dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah. 

Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Luasnya mencapai 85 hektare dan memiliki sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor.

Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.


Sayang sekali anak dan istri saya tidak menikmati suasana di kebun raya Purwodadi ini. Keduanya tetap ingin saya melanjutkan perjalanan ke rumah kakak ipar saya di Wajak Malang sekaligus mampir ke masjid Tiban di Turen Malang.

Belum banyak spot spot menarik di tempat ini terlewatkan oleh saya yang bisa saya jadikan bahan artikel di tempat ini. Lain kali saya akan menguras habis tempat ini untuk mendapatkan informasi yang menarik tentang Kebun Raya ini.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih