Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

JADWAL KEBERANGKATAN BUS PATAS SURABAYA SEMARANG VIA PANTURA DAN SOLO

Bus Jaya Utama jurusan Surabaya-Semarang
Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Semarang tepatnya dari Terminal Bus Bungurasih  ada dua trayek yang bisa anda pilih yakni:
1. Jalur Pantura (Pantai Utara) lewat Lamongan, Tuban, Bulu, Pati, Juwana, Kudus, Demak dan 
2. Jalur tengah (lewat Nganjuk, Ngawi, Solo, Boyolali, Salatiga dan Ungaran).

Perusahaan Otobus atau PO yang melayani kelas PATAS ini adalah sebagai berikut:
Jalur Tengah: PO EKA dan PO Sugeng Rahayu Golden Star
Jalur Pantura: Nusantara, Jaya Utama, Indonesia, Handoyo

Bus kelas PATAS ini dilengkapi fasilitas AC, reclining seat, kupon makan dan kursi konfigurasi 2-2. Sesuai dengan kelasnya bus ini memiliki kelebihan dari segi kecepatan dan kenyamanan, namun ini juga sesuai dengan harga tiket yang lebih mahal sekitar dua kali lipat dari kelas ekonomi.

Berikut saya bagikan jadwal keberangkatan bus terutama kelas PATAS dari Surabaya ke Semarang:


Bus PATAS EKA jurusan Semarang-Surabaya, berhenti di terminal Terboyo Semarang

JALUR TENGAH (berangkat dari Terminal Bungurasih Surabaya)

PO EKA: 
01.17, 04.00, 06.05, 08.15, 09.45, 10.45, 11.35, 13.45, 15.15, 17.20, 19.45, 20.30, 21.45, 23.15

PO Sugeng Rahayu Golden Star: 
05.25, 07.15, 08.45, 10.04, 11.27, 12.06, 14.04, 16.05, 17.47, 19.10

JALUR PANTURA (berangkat dari Terminal Bungurasih Surabaya)

Yang saya ketahui jadwalnya hanyalah dua PO saja yakni PO Indonesia dan PO Jaya Utama yang kini rupanya telah bergabung menjadi satu yakni PO Jaya Utama Indonesia.

Jadwal keberangkatan kedua bus ini adalah mulai dari jam setengah 5 pagi sampai jam 12 malam dengan selang waktu setiap satu jam.

Kini semua bus yang dulunya ke terminal Terboyo per 1 September 2018 dialihkan ke terminal Mangkang dan Penggaron [updated sampai awql tahun 2020 bus bus dari Surabaya masih mangkal di sekitar kawasan Terboyo dan Kaligawe]. 

Dengan rincian sebagai berikut:
# Bus AKAP dan AKDP dari arah Demak dialihkan ke terminal Penggaron
# Bus AKAP dan AKDP dari arah Cirebon dan Solo dialihkan ke terminal Mangkang.
[Simak Derita Penumpang karena Penutupan Terminal Terboyo]

Sekian informasi keberangkatan bus kelas PATAS dari Surabaya ke Semarang semoga bermanfaat bagi sobat. Simak tarif KA Ambarawa Ekspress trayek perjalanan Semarang Surabaya.

Comments

  1. Saya domisi di mojokerto pingin ziarah ke Makam Sunan Kalijogo di Kadilangu demak. Kalau saya naik bus jurusan surabaya - semarang yg lewat pantura, apa bisa turun di demak ? Perjalanan bus surabaya - Demak kira2 berapa jam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa turun di Demak, untuk bus kelas ekonomi tersedia 24 jam cuman siap siap masuk angin karena jarang sekali yg AC tidak spt jalur Sby Solo. Kalau PATAS bus terakhir jam 12 malam ada di gate 23 terminal Bungurasih. Estimasi lama perjalanan kalau malam hari Sby-Demak 7 jam.

      Delete
  2. Kalau dri solo turun di mana gan? mau lanjut ke tuban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Gan untuk pertanyaan ini gak bisa jawab, karena belum pernah nyobain.
      Karena dari jalur tengah langsung ke Pantura. Biasanya penumpang dr Solo ke Bojonegoro turun Ngawi oper bis 3/4 dr terminal lama Ngawi

      Delete
  3. Masalahnya ribet gan kalo dri bjngoro ke tuban, apalagi kalau malem2 gk ada bis lagi keluar terminal bjngoro. Pengennya dri solo ke semarang dulu lanjut ke tuban, tpi gk tahu turun terminal mana di semarang

    ReplyDelete
  4. Maaf tanya lagi, bis ngawi bjngoro paling malam jam berapa? Siapa tahu bisa minta jemput di bjngoro

    ReplyDelete
  5. Bis dari semarang ke surabaya paling terakhir jam berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat Pantura 24 jam Gan, kalau via Solo sekitar jam 11 malam dan ada lagi jam 2 dini hari.

      Delete
  6. Untuk sugeng rahayu tarif biasa surabaya-semarang paling malam jam berapa ya gan dari bungurasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk SR ekonomi Sby-Semarang paling malam jam 19.10 dari terminal Bungurasih Gan.

      Delete
  7. Gan mau nanyk, bus dri bungur ke jepara terahir jam berapa,, makasih gan

    ReplyDelete
  8. Maaf mau tanya kl Bis SR jurusan ke cirebon ada nggk ya..

    ReplyDelete
  9. untuk tarif patas sby smg berapa gan untuk keberangkatan jm 7 pgi ada ga

    ReplyDelete
  10. Katanya terminal terboyo sudah ndak ada ya ?? Terus kalau dari sby ke smg bisanya turun di terminal mana saja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi beroperasi walaupun gak resmi. Semua bis dr Surabaya baik jalur Pantura maupun jalur tengah masih turun di Terminal Terboyo.

      Delete
  11. untuk tarif semarang ke sarang apa benar Rp.90.000- ???

    ReplyDelete
  12. untuk tarif semarang ke sarang apa benar Rp.90.000- untuk patas?

    ReplyDelete
  13. Kalau mau perjalan surabaya semarang beli tiketnya dulu atau gimna ini kak??klau iya pesenya di mna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket langsung bayar diatas, ada yg lewat online. Tapi kurang familiar bagi kondektur.

      Delete
  14. Minta info bus yg operasi selama pandemi dari sby ke smg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini belum ada Mas, karena terminal Bungurasih masih belum beroperasi.

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda