Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

"CARA MUDAH TRANSFER UANG DARI LUAR NEGERI KE REKENING BCA"

Bukti slip transfer Bank dari luar negeri

Saya mungkin seperti kebanyakan orang lain mengalami kebingungan waktu pertama kali hendak menerima uang dari luar negeri khususnya mata uang dollar. Kejadian ini saya alami dua tahun yang lalu, saat hasil dari kerja FREELANCE dibayar untuk pertama kali. Kebetulan pihak atau klien yang akan mengirim transfer berasal dari China dan proses transfer uang tersebut saya lakukan menggunakan rekening bank BCA.

Untuk bisa melakukan proses transfer uang dari luar negeri ke bank di Indonesia, mereka meminta data rekening Bank saya, antara lain: nama bank, kode bank, swift code bank, no rekening dan nama lengkap, serta alamat dan nama kantor cabang dari bank. Inilah data yang harus saya isi pada waktu itu dan diberikan pada pihak pentransfer.

Bank name: Bank Central Asia  ........ sesuaikan dengan nama rekening Bank anda
Bank code: 014  ...........  untuk BCA 014, Mandiri 008, BRI 002, dll
Bank swift code: CENAIDJA ........ baca 
Bank account : .......... no rekening bank kita 
Account name: ........... nama lengkap kita sesuai rekening Bank


Syukurlah setelah mendapat email pemberitahuan dari pihak di China bahwa transfer sudah mereka lakukan, selang 3 hari kemudian dana tersebut sudah masuk ke rekening saya, tiga hari ini adalah pada saat hari kerja.

Jadi jika anda memperoleh uang transfer pada hari Senin maka paling lambat hari Rabu uang tersebut telah masuk ke dalam rekening anda. Namun jika anda menerima pada hari Jumat kemungkinan paling lambat hari Selasa uang tersebut telah masuk ke rekening Bank BCA anda.


Bukti transfer uang masuk dari luar negeri ke rekening BCA

Perlu diingat bahwa ada charge atau biaya yang dikenakan pada saat proses transfer tersebut, ini bisa dibebankan pada rekening pemberi atau penerima transfer. Dan biaya yang dikenakan dari masing masing Bank tentu saja berbeda. Anda bisa membaca artikel berapa BESAR BIAYA TRANSFER UANG DARI LUAR NEGERI KE INDONESIA disini.


Itulah tips mengenai cara transfer uang dari luar negeri ke rekening bank BCA. Semoga bermanfaat.






Incoming Search Terms:

  • Transaksi perbankan
  • Transfer uang
  • Kode nomer bank
  • Daftar kode bank di Indonesia
  • Bank bank di Indonesia
  • Cara transfer uang
  • Swift Code

Comments

  1. sangat bermanfaat info nya

    ReplyDelete
  2. trimakasih atas contoh tranfernya.. sangat membatu saya sekali.

    ReplyDelete
  3. mas saya mau tanya semalam saya dapat transferan dr india,sekitar jam 1 siang jam disana,kok belum masuk juga ya brapa hari biasa mas sampainya ?mohon pencerahannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan khawatir Mas, kalau semua data data transaksi benar, biasanya 2 hari transfer dari luar negeri akan masuk ke rekening kita.

      Delete
  4. BCA nya mesti kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu sudah bisa? Pas buka akun BCA gak ditulis alamat bank nya. Cuma KCP BCA Sunrise Garden.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya rekening terdaftar di KCP Gan, selama ini gak pernah ada masalah

      Delete
  5. Mas saya mau nanya. Apakah kode 014 nya itu d tulis d depan nomor rekening kita kah?
    Misal no. Rek. Saya 123456

    014123456. Begitu kah?
    Sy dpt kiriman uang dr LN dr tgl 18. Sampai skrg blm smpe. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak Gan, biasanya ada kolom sendiri yakni Bank Code atau kode Bank. Spt contoh 014 untuk BCA.
      Kalau boleh tahu transfer darimana? Mestinya 2 hari kerja sdh sampai Gan.

      Delete
  6. Hi siang pak, kalau bank name nya saya isi ; bank central asia sja tnpa penambahan tbk dan pt nya, apakah tetap masuk ke rek kita mas?
    Dan untuk transferan yg kita terima, itu sdh pasti di terima dlm bbrp hari krja ya? Tnp perlu kita ke kantor cabang buat klaim dana tersebut? Mohon di balas ya. Terima kasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh pengalaman saya Bank BCA atau Bank Central Asia saja sdh cukup tanpa embel embel lainnya. Jgn kuatir pasti masuk transfernya.
      Kalau pengalaman saya pake BCA dua hari kerja dana sudah masuk ke rekening kita, kecuali hari Jumat masuk biasanya hari Senin atau Selasa karena terpotong weekend.
      Gak usah ke kantor cabang otomatis masuk kok ke rekening kita.

      Delete
    2. Siang gan ...!! Jika terjadi transfer ke Indonesia tapi saat Indonesia libur /cuti bersama bagaimana

      Delete
    3. Yang pasti akan nunggu waktu kliring dari bank, artinya akan bisa masuk ke rekening kita setelah karyawan bank masuk. Karena tidak bisa secara otomatis masuk seperti halnya transfer uang lewat ATM.

      Delete
  7. This is a topic which is near to my heart… Best wishes!

    Exactly where are your contact details though?

    ReplyDelete
  8. gan saya dapat krmn uang dari suami yg kerja di singapura,rp 5juta apa pihak penerima kena fee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transfernya pake apa kalau boleh tahu? Kalau antar bank pasti kena baik pengirim maupun penerima karena termasuk layanan transfer internasional. Paling tidak 300 ribu rupiah kira kira untuk nilai 5 juta rupiah.

      Delete
  9. Min..mau tanya nih..
    Saya jual beli online kebetulan pembelinya orang US
    Dia transfer uang ke BCA melalui US.BANK.
    Dan dia minta email saya.
    Dia bilang sudah transfer kemudian ada email masuk dari US.BANK
    katanya uang akan saya terima setelah 24 hingga 48 jam setelah saya mengirim bukti pengiriman barang.
    Bukankan uang akan masuk secara otomatis setelah uang d transfer tanpa embel2 bukti pengiriman barang ya.apa ini salah satu modus penipuan dan setelah barang saya kirim uangnya tidak masuk ke rekening saya?
    Mohon jawabannya min.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat bales Mbak, lagi sibuk. Imi salah satu modus penipuan Mbak. Sebagai seller anda mesti berhati hati, jangan kirim barang sebelum ada bukti pembayaran dari kustomer.

      Delete
  10. Gan..saya akan di transfer uang dari negara Amerika kota Dallas....
    Dia mencoba transfer 20 dollar...
    Apakah akan sampai ke rekening saya atau tidak? Karena kan pasti ada biaya pajak nya...saya gak tau berapa nilai pajak transfer nya makasih gan

    ReplyDelete
  11. Mas misalnya bapak saya mau tranfer uang dari singapore ke indonesia tapi dia tidak punya kartu atm, apakah bisa lewat bank singapore itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp Bapaknya punya rekening tabungan gak? Kalau gak punya ya gak bisa. Mending transfer lewat western union saja, nanti Mas bisa ambil di cabang WU di Indonesia.

      Delete
  12. Saya mau tanya pak,
    Saya mau dikirimin uang $20000 usd dari amerika
    Kata orang amerika akan dikenakan biaya admin sebesar $200 usd ke pihak penerima , yang jadi pertannyaan , setelah uang itu ditransfer ke atm saya , apa saya harus ke bank bca untuk membayar pajak admin atau sudah kepotong otomatis dari $20000 usd itu pak ?

    Tolong sarannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sdh beberapa kali menerima pertanyaan semacam ini. Hati-hati jangan pernah transfer uang apapun kepada pihak yang tidak jelas asal usulnya.
      Ini modus PENIPUAN. Tolong jangan pernah tergiur karena uang dr sumber yang anda tidak tahu asal usulnya.

      Delete
  13. Hallo mas mau tanya saya d trf dr malaysia sebesar 1000 USD (bukan ringgit) kira2 terpotong biaya brp ya? Siapa tau mas nya bisa ngira2. Makasih 🙏🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua biaya yg dibebankan Gan, ke pihak pengirim dan penerima, kalau sejumlah 1000$US, biaya kirim sekitar 50$ dan biaya atau potongan si penerima sekitar 500 ribu rupiah.

      Delete
  14. Kalo bank swift code itu semuanya sma ya untuk seluruh bank bca di seluruh indonesia?? Tolong diblas mkasi..

    ReplyDelete
  15. Saya mau nanya mas.
    Apakah ketika ada org amerika mengirim uang
    Atm BCA harus mengaktifkan sistem transaksi internasional dan uangnya untuk pemerintah anda sesuai dinegara anda tinggal. Kt nya
    *akun bca itu akun asia yang tidak mudah terima masuknya uang dari eropa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah mendapati kasus pengiriman uang lewat ATM dr luar negeri, mungkin salah satu penyebabnya spt yg anda sebutkan, karena dlm transaksi perbankan internasional ada beberapa point yg mesti diperhatikan spt swift code yg tidak ada di mesin ATM.
      Kalau masalah akun bank dr Asia tidak jadi masalah, kecuali untuk transaksi dengan jumlah besar.

      Delete
  16. Alhamdulillah... Pas lagi bingung cari cari di google dpt artikel ini. Mau tabya mas saya dapat bukti transfer persis di atas. Dari china juga pengirimnya.uang redund krn barang tdk bisa dikirim indonesia tapi sdh 10 hari ada masuk rekening ya... Tanya di bank malah suruh konfirmasi ke pengirim. Tanya pengirim katanya sdh dikirim... Kira kira apa yg terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya maaf saya mau nanya nih Mbak, anda belanja online di China terus batal karena barang tidak bisa dikirim? Anda belanja di Alibaba atau online store lainnya? Anda pakai rekening bank apa di Indonesia? Untuk kasus Mbak ini harus dipastikan dulu pangkal masalahnya, kalau memang seller udah refund balik uang anda harusnya dalam 2-3 hari kerja kalau pake BCA untuk bank lain bisa 5-7 hari kerja. Namun kita juga harus juga curiga karena bukti SLIP transfer khan juga bisa diakali dengan yang palsu. Memang agak susah untuk mengecek apakah uang refund anda sudah ditransfer atau belum hanya dengan bukti transfer bank saja, karena pihak bank penerima disini pasti akan bertanya balik kepada kita untuk konfirmasi kepada si pengirim. Makanya selama ini saya hanya memakai Paypal untuk transaksi jual beli on line karena lebih aman. pada

      Delete
  17. Sebelumnya maaf saya mau nanya nih Mbak, anda belanja online di China terus batal karena barang tidak bisa dikirim? Anda belanja di Alibaba atau online store lainnya? Anda pakai rekening bank apa di Indonesia?
    Untuk kasus Mbak ini harus dipastikan dulu pangkal masalahnya, kalau memang seller udah refund balik uang anda harusnya dalam 2-3 hari kerja kalau pake BCA untuk bank lain bisa 5-7 hari kerja.
    Namun kita juga harus juga curiga karena bukti SLIP transfer khan juga bisa diakali dengan yang palsu. Memang agak susah untuk mengecek apakah uang refund anda sudah ditransfer atau belum hanya dengan bukti transfer bank saja, karena pihak bank penerima disini pasti akan bertanya balik kepada kita untuk konfirmasi kepada si pengirim.
    Makanya selama ini saya hanya memakai Paypal untuk transaksi jual beli on line karena lebih aman.

    ReplyDelete
  18. mas mau nanya dong kalok dpet transferan dari jerman, dijerman berhasilnya hari kamis jam 12 siang kira2 sampai ke rekening saya kapan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda pake rekening BCA hari Senin siang minggu depan mungkin sudah masuk, tapi kalau rekening bank lain biasanya lebih lama dari itu.

      Delete
  19. mas kalau konfirmasi pengirimannya dari jerman baru sampai ke bank central asia jakarta kira2 udh masuk ngak ke rekening saya ?

    ReplyDelete
  20. Belum Gan, harus nunggu 2-3 hri kerja. Sabar aja.

    ReplyDelete
  21. Mf mas saya mau tanya..istri saya ngirim uang dari saudi ke ATM saya BCA dari tanggal 12 skrang tgl 15 belum ada2 apa ada masalah mas.. Mf minta info nya.

    ReplyDelete
  22. Dicek dulu Gan apa semuanya sdh benar. Harusnya 2 s.d 3 hari kerja sdh masuk transfernya kalau pake BCA.

    ReplyDelete
  23. Ass mas,, suami saya kerja dikaoal pesiar., 2minggu lalu dia kirim melalui bank us yg sudah di rekomendasi oleh perusahannya.. Tp ketika kirim ke bank bca melalui rek bca dollar saya. Belom sampe sampai sekarang,harus kah sya tanya ke kantor pusat, krn jawabannkantor cabang jk ad kiriman akan otomatis terkirim ke atm rekening say.. Mihon bantuan

    ReplyDelete
  24. gan mau nanya .jasa pengiriman uang di luar negeri yg paling aman dan cepat .sy mau dikirimi uang >20000usd dr krluarga yg tinggal d luar negeri .bank yg sy pakai mandiri .apakah weternunion aman?

    ReplyDelete
  25. Malam pak mau nanya bisa krm uang Dari india ke Indonesia lewat ATM bank india Dan trima ATM BCA Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau lewat Atm disana gak bisa Gan harus lewat teller bank yg bersangkutan.

      Delete
  26. Mau tanya ni ,saya dpt tf dari hari jumat lewat bank bca dari turki .udah seminggu belum masuk rekening.kira2 berapa lama ya??

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum gan,, saya mau nanya bagaimana abang saya kirim uang yang berada di Kashmir ke Indonesia,, saya domisili jambi. Rekening saya bca. Dia tidak mengerti. Mohon dibantu!!!

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum pak..
    Saya mau tanya, saya mau dapat kiriman uang dari amerika lewat akun online Suntrust Internasional Bank ke rekening BCA saya sebesar $22,000usd.
    Kata pihak pengirim, saya sebagai penerima uang dikenakan biaya charge sebesar $120usd.
    Dan saya disuruh menyiapkan dana sebesar $120usd agar uang kiriman tersebut bisa dikreditkan ke rekening bank saya.
    Apakah benar seperti itu prosesnya pak.. Ataukah itu termasuk PENIPUAN.
    Mohon penjelasannya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu modus penipuan Gan. Kalau anda gak pernah kenal sama pengirim email atau anda tidak memiliki bisnis online harap berhati-hati dengan penipuan macam seperti ini.

      Delete
  29. Terimakasih informasinya jelas
    Semoga ini berhasil..

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda