Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

BERAPA BIAYA DAN LAMA TRANSFER UANG DARI LUAR NEGERI KE REKENING BANK BCA???

Bukti transfer uang dari luar negeri
Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja FREELANCE atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank.

Untuk transfer uang antar negara akan dikenakan biaya atau potongan transfer. Besarnya biaya tersebut biasanya berdasarkan banyaknya nominal uang yang ditransfer karena perhitungannya didasarkan atas prosentase. Sebagai contoh, selama ini jika saya menerima uang sejumlah $900 US maka jumlah potongan biaya transfer adalah $20 US atau kurang lebih 4-5% dari nominal transfer. Sedangkan nilai rupiah yang saya terima langsung dikonversikan ke kurs rupiah terhadap dollar US yang berlaku hari itu.

Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang hasil transfer akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya.

Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah makan siang. Begitu juga saat menjelang hari hari libur di Indonesia maka proses transfer atau sampainya uang ke rekening kita akan menjadi lebih lama tergantung selesainya saat liburan atau saat bank mulai aktif kembali.

Sebagai informasi tambahan bank yang saya gunakan adalah BCA, syukur selama ini proses transfernya cepat dan tidak ada kendala yang saya alami. Asalkan syarat syarat yang diminta klien kita dalam proses transfer antar bank antar negara benar dan komplet. Data data yang biasa diminta dalam proses transfer uang antar negara tersebut antara lain:
1. Nama lengkap sesuai dengan nama di rekening bank kita
2. Nomer rekening bank
3. Swift code rekening bank [baca selengkapnya disini]
4. Kode bank [baca selengkapnya disini]

Jika keempat data data tersebut benar dan sesuai maka proses transfer tidak akan mengalami kendala, maka pastikan dulu semua data tersebut benar sebelum melakukan transaksi.

Satu informasi tambahan, proses transfer uang antar negara mungkin akan butuh waktu yang berbeda beda setiap banknya, saya hanya memiliki pengalaman dengan bank BCA saja sedangkan bank bak lain belum pernah.

Jadi jika anda mendapat kiriman uang dari luar negeri namun menggunakan rekening bank selain BCA bisa jadi prosesnya memakan waktu yang sama atau lebih lama. 

Kini, sudah hampir 2.5 tahun berselang untuk pembayaran kerja sambilan saya lebih mempercayakan kepada Paypal daripada transfer bank, ini dikarenakan hampir semua klien saya lebih suka memakai sistem pembayaran tersebut. Pertama, karena pembayaran dengan Paypal biaya kirim lebih sedikit untuk mereka yang memegang akun bisnis. Kedua, transaksi lewat Paypal lebih mudah karena proses transfer hanya mencantumkan alamat email saja sebagai akun rekening. Ketiga, proses yang cepat dan tidak rumit. Anda bisa membaca artikel mengenai transaksi uang lewat paypal disini.

Comments

  1. bagaimana Pak, sudah ketemu bank apa yg lebih murah biaya nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya Paypal lebih murah Mas, tapi harus pake VCC segala ribet. Mestinya pake Western Union lebih mudah dan murah

      Delete
  2. pak, itu orang china transfer ke bapak lewat BCA hanya perlu nama sama nomer rekening ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak, tapi anda juga perlu cantumkan swift code atau kode bank, kalo BCA 014

      Delete
    2. Ralat Pak, anda harus juga cantumkan swift code untuk BCA adalah CENAIDJA, dan code bank BCA 014, semoga bermanfaat

      Delete
    3. maf gan saya mau nanya.aq dapat transfer dri inggris hari kamis sampai sekarang blm masuk rekening saya gan...itu gimana gan

      Delete
    4. Kamis minggu lalu? Anda pake rekening apa? Sudah coba minta bukti transfernya? Harusnya kalau Kamis memang sdh ditransfer paling lama Selasa siang sdh masuk.

      Delete
  3. Pak itu kerjanya apa ya? Saya sedang mencari pekerjaan sampingan, bisa bantu saya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja saya auditor Mas, sampingannya jadi Blogger. Kalo Mas hobby menulis, segera bikin Blog dan buat artikel artikel menarik dan monetisasi Blog nya.

      Delete
  4. Mau Tanya Pak,

    Saya dapat transferan dari India, berupa USD, dan klien transfer dari bank responden, OCBC Singapura, ke Bank Lokal, BCA. Transfer dilakukan pada tanggal 14 Maret 2016, tapi sampai sekarang belum masuk ke rekening saya. Kalau boleh tahu, biasanya berapa hari atau maksimal berapa hari yang dibutuhkan untuk masuk ke rekening saya?

    Terimakasih
    Amin Tohari

    ReplyDelete
  5. Mas Amin, pengalaman selama ini kalo klien saya dari China transfer paling lama 2 hari sudah masuk rekening BCA saya, saran saya coba cek n minta screen shot atau print bukti transfer dari klien Mas. Siapa tahu dia yg nakal belum kirim? Kalo memang sudah dapat bisa check ke customer service BCA no transfer nya apa sudah di proses belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas responnya, Pak.

      Klien sudah mengirim screen shoot transferan, ada no. referensi juga. Saya juga sudah kirim email ke bank yang bersangkutan, OCBC, tapi mereka minta yang transfer uang untuk telepon pihak bank.

      Oh ya, apakah Alamat tempat tinggal yang tidak sesuai dengan alamat yang didaftarkan di bank lokal juga ambil bagian dalam masuk dan tidaknya transferan?

      Terimakasih

      Delete
  6. Sejauh yg saya alami, harusnya tidak menjadi masalah Pak, karena data yg terpenting adalah nama, no rek sesuai nama, swift code bank n kode bank yg benar itu saja tanpa menyangkut pautkan alamat di rekening dengan alamat domisili, anda coba saja ke kantor pusat OCBC untuk lebih jelasnya

    ReplyDelete
  7. Pak bila saya punya modal di Luar Negeri dan dalam tempo 8 tahun keuntungannya ditransfer ke saya sebesar 1,6 M rupiah kira2 dipotong BCA berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh untuk nilai transaksi sebesar itu saya tidak tahu Mbak Lala, karena pihak Bank akan lebih berhati hati untuk transaksi keuangan dengan jumlah besar

      Delete
  8. Siang Pak,
    itu untuk code bank BCA and juga swift code bank BCA apakah sama untuk seluruh Indonesia?
    Thank you buat feedbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk swift code sama semua, tapi untuk kode bank BCA normalnya adalah 014 namun 3 digit belakang adalah kode kantor cabang BCA

      Delete
  9. Maaf pak... adakah rekomendasi dr bpk untuk bank selain bca yg potongannya lbh ringan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untuk Bank lain saya kira rate biaya nya saya tidak tahu, tp terakhir ini saya menggunakan Paypal sebagai alat transaksi saya dan lebih murah biayanya.

      Delete
    2. Mau nanya mas saya sudah cairkan koin di blued. Tapi kok uang nya belum di transfer ke rek saya.

      Delete
  10. malam mas, kasus saya adalah ... dia (barcelona) mau bayar desain saya pake euro, setelah saya kasih alamat paypal dia gak punya maka dia minta no akun IBAN, maksudnya apa ya?
    nah kalau saya kasih norek BCA format nya bagaimana
    terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya BCA belum punya IBAN number, cukup kasih aja no rekening sama swift code dan kode Bank BCA, CENAIDJA 014 lalu no rekening...

      Delete
  11. Siang mas,
    mau nanya dong

    kalo kita dapet transferan dari luar negrinya berbentuk mata uang asing (ke BCA)
    apakah itu otomatis di konversikan ke dalam rupiah?
    atau masih berbentuk mata uang asing itu? (misalkan saya tidak mau di konversikan ke dalam rupiah)
    Lalu bagaimanakah mengecek saldo dari transferan itu yang berbentuk mata uang asing? (khususnya di BCA)

    Trims :D

    ReplyDelete
  12. Siang Mas, uang transfer langsung dikonversikan ke rupiah berdasarkan rate BCA, kalo pengen masih dalam bentuk dollar anda harus buat rekening BCA dollar, karena saya pake bca rupiah saya hanya tahu nilai rupiah yang ditransfer, untuk potongan biaya BCA tidak transparan hal tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh begitu?
      saya kira ntar jadinya ada 2 bentuk mata uang di tabungan saya..

      saya juga belum buat rekening BCA dollar, mungkin sepertinya langsung di konversikan ke rupiah ya?
      terimakasih banyak ya atas penjelasannya.Mantap!


      ngomong ngomong mas, kalo swift code BCA itu "CENAIDJA" saja, ato perlu dengan angka "CENAIDJA 014" ?
      ato sama saja ya?

      Delete
    2. Beda Mas, swift code BCA adalah CENAIDJA, sedangkan kode bank BCA 014, swift code hanya diperlukan untuk transaksi perbankan antar negara :-) setahu saya sih

      Delete
    3. ohh.. saya kira sama mas.. ahahaha
      makasih banyak ya, saya jadi belajar lebih banyak nih

      Delete
  13. Halo mas, salam kenal sebelumnya.
    mau tanya mas saya sudah 9 hari belum terima transfer dari bank prancis. terhitung dari jumat tgl 10. saya takut, tapi informasi saya sudah informasikan jelas, swift code, kode bank, no rkening, dan atas nama. kira kira kalau mau claim, maksudnya untuk sekedar tanya itu boleh kan mas ? lalu untuk nanya itu harus ke bank tempat kita pertama kali daftar atau boleh kantor umum sekaligus ? trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yg perlu anda tanya dulu yakni pihak pengirim, apa benar sudah di transfer uang anda. Kalo data anda sudah benar semua jika anda memakai rekening BCA harusnya 2 hari uang sudah masuk ke rekening anda.
      Jika si pengirim sudah benar transfer dan belum juga masuk k rekening anda, sebaiknya anda tanya di kantor pusat Bank yg bersangkutan.

      Delete
  14. Mas, mau tanya,


    Saya belum begitu paham tentang Paypal, setahu Saya kalau ada peraturan harus min. 60 hari jdi member paypal baru bisa narik uang. Kalau Saya belum 60 hari menjadi anggota di Paypal, apakah bisa memindahkan nominal uang di akun paypal ke rek bank?

    Dan selain peraturan 60 hari itu, apakah harus ada min. 5 transaksi lainnya -barulah uang di paypal dapat dipindahkan ke rek bank kita? Benarkah gitu?

    Bisakah Mas sharing tentang pengalaman mas menggunakan paypal? untuk biaya2 nya, dan berapa hari lamanya baru bisa pindah uang di akun paypal ke rek bank kita, dan info ttg konversi nilai kurs nya berapa dan info2 penting lainnya .

    Juga, Apakah setelah uang di akun Paypal, kita pindahkan ke rek bank - akan dikenakan biaya penarikan? Kalau ada, berapa biayanya? Dan apakah ada batas maksimal penarikan di bank?

    Terima kasih.
    Saya tunggu balasannya ya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya, akun paypal milik saya adalah berstatus belum terverifikasi. Untuk proses verifikasi harus menggunakan kartu kredit atau VCC yang banyak dijual di internet.
      1) Paypal milik saya bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari klien saya di luar negeri tanpa harus menunggu waktu 6 bulan umur paypal atau 5 kali transaksi spt yg anda sebutkan.
      2) Untuk bisa withdraw atau menarik uangnya ke rekening Bank saya butuh waktu 14 s/d 21 hari (status di saldo paypal masih PENDING atau belum masuk di BALANCED SALDO), hal ini karena status yang belum terverfikasi. Namun jika status Paypal anda sudah terverifikasi begitu anda menerima pembayaran maka saldo di akun paypal anda akan langsung masuk dan tidak di PENDING.
      3) Untuk proses menarik uang dari paypal hingga masuk ke rekening Bank kita hanya butuh waktu 2 hari kerja saja.
      4) Biaya yang dikenakan bisa saja bervariasi tergantung nominal $ yang kita terima. Untuk kasus saya, saya terima uang $120 oleh paypal dipotong sekitar $5.5 saja.
      5) Jika uang yg hendak di tarik atau pindah dari paypal ke rekening Bank anda kurang dari 1.5 juta rupiah anda akan dikenakan bea tambahan sebesar Rp 16.500,- jika lebih dari 1.5 juta tidak dikenakan biaya.
      6) Batas minimal penarikan adalah $10 dan maksimal $10.000
      7) Untuk kurs konversi dollar ke rupiah mengikuti kurs Paypal bukan kurs Bank (kurs paypal lebih kecil dari kurs Bank yg berlaku)
      8) Berdasarkan pengalaman saya total potongan transaksi di paypal lebih kecil daripada saya transfer lewat wire transfer (transaksi bank pada umumnya)
      9) Selamat mencoba, Jika anda kurang jelas saya dengan hati akan menjawabnya

      Delete
    2. sekarang bulan november 2017, apakah potongan fee paypal lebih rendah dari wiretransfer?
      Selama ini saya pakai paypal untuk transfer uang dari luar negeri (amerika) tapi saya rasa, sekarang paypal ngambil fee nya lumayan besar (untuk transaksi saya biasanya $53 -an). Jadi kepikiran untuk memakai wiretransfer. Hanya saja belum yakin dengan potongan fee nya. Kira2 berapa ya?

      Delete
    3. Bener juga Gan, saya sekarang jarang kompare antara transaksi lewat wire dan paypal. Keduanya punya kelebihan dan kelemahan.
      Untuk transaksi diatas seribu dollar sbg contoh biaya kirim aja sekitar 53$US sedangkan saya yang terima kena sekitar 30$US untuk wire transfer. Untuk Paypal mungkin lebih rendah biaya kirim, tp biaya terimanya bisa jd sama setelah konversi kurs.

      Delete
  15. Pak aku mau nanya detail soal paypal bisa? Saya juga freelancer dan lagi ribet urusin rekening bank BCA konek ke Paypal. Bisa minta kontak nya?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. kalo transfer dari payoneer ke BCA, kena biaya berapa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf kurang tahu , saya sebenarnya punya Payoneer tp gak pernah dipake

      Delete
  18. klo masalah biaya.. ( biasanya namanya biaya bank koresponden ) itu bebas alias bisa pilih mau dibebankan ke pengirim atau penerima..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu benar Gan,beban biaya khan saya tulis berdasarkan saya sebagai penerimanya

      Delete
  19. selamat malam gan ane mau tanya ane nunggu transfer dana dari iras di singapore dan sudah di acc dari pihak iras di hari jumat tgl 10 maret ane dapet waiting listnya katanya paling kliring memakan waktu 2 hari untuk sampai ke rek bca saya ternyata saya lupa di bawah ada ketentuan harus konfirmasi ke manisty of power di singapur, berapa lama saya harus menunggu transfer dari sana yaa ? apakah menunggu 2 hari untuk sampai ke rek bca saya, semua data sudah di acc pihak iras. mohon infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transfer dari Singapura saya belum pernah dapat Mas. Tapi mengingat transaksi anda di tgl 10 hari Jumat maka prosesnya baru akan di hari Senin tgl 13 kemarin, dan menunggu waktu 2 hari untuk kliring. Sabar aja Mas pasti nyampek kok uang anda

      Delete
  20. iyaa gan makasi ini udah proses validasi kenapa masih di mintain uang administrasi yaa sama pihak sananya gan sebesar 100$

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, bukan dimintain tapi memang ketentuan dari perbankan internasional. Dimana setiap transaksi uang antar negara dikenakan biaya yang besarnya tergantung dari jumlah uang transaksi. Sebenarnya biaya tersebut bisa dibebankan kepada pihak pengirim Gan tapi tergantung mufakat awal.

      Delete
    2. iyaa sii gan abe mesti bayar administrasi validasi kalo itu udah di bayar di hari jumat apakah turunnya juga jumat atau senennya gan ?

      Delete
    3. Kalau dibayar menjelang akhir pekan, pastinya akan dibayar awal pekannya.

      Delete
    4. ow gitu yaa gan yang penting dana masuk aja gan, data di udah lengkap gan swift kode juga udah ada katanya tinggal validasi data dan bayar administrasi aja

      Delete
  21. Permisi.mohon bantuan nya. saya menunggu Code Perivikasi dari Adsense yang dikirim dengan nominal dibawah RP 1000. sampai sekarang setoran percobaan dari adsens belum datang juga. sy menggunakan rekening BRI. sedangkan pesan email dari adsens sudah terus2an memberitahukan utk segera di verifikasy. pleasss tolong...apakah transfer di bawah rp 1000 ke bank bri tidak diperkenankan..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum Anda dapat menerima pembayaran Google Adsense melalui wire transfer, Google akan meminta Anda melakukan verifikasi, apakah rekening bank yang Anda ketikan di tahapan pertama memang milik Anda atau tidak.

      Mas bro, tahapan ini dilakukan Google untuk memastikan uang tidak dikirimkan ke alamat yang salah.
      Lalu, bagaimana cara melakukan verifikasi bank?
      Setelah menetapkan metode pembayaran di atas, pihak google akan mengirimkan uang dalam jumlah kecil ke nomor rekening Anda. Jumlahnya antara Rp. 100 – Rp. 999 (3 digit). Jangka waktu pengiriman ini berlangsung dari hari ke 1 sampai hari ke 10.
      Jika sudah, cek saldo rekening pada tabungan Anda yang dikirim oleh pihak google, jumlahnya 3 digit (Rp. 100 – Rp. 999), untuk dapat melakukan pengecekan, Anda bisa mengeceknya pada bagian credit tau mutasi (riwayat tranksaksi). Masukkan 3 digit angka tersebut dalam dashboard Adsense di metode pembayaran.
      Jadi coba print out buku rekening atau tabungan anda pasti terdapat transfer dari Google dengan jumlah unik dibawah Rp 1000.-

      Delete
  22. mas mau tanya pihak email bank yang mau vertivikasi mereka minta macem macem ndk, contohnya KTP atau slip salinan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada email dari pihak Bank Gan, baik itu copy KTP atau slip. Verifikasi disini cukup situ masukkan no kartu kredit yang masih aktif.

      Delete
  23. oh iya mas makasih info nya

    ReplyDelete
  24. gan mau tanya jika kita dapat kiriman dari luar negeri dengan nomilal $ 72.500 usd apakahbuku tabungan kita mampu menerima uang tersebut atau kita perlu upgrade wester union..tolong balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku tabungan anda mampu Mas, namun untuk transaksi atau transfer sebesar itu bijaknya harus dilaporkan ke PPTAK baik dari pihak penerima dan pengirim. Kalau untuk kirim lewat WU dengan nominal sebesar itu saya kurang tahu bisa atau tidak

      Delete
  25. Malam..saya mau bertanya..berapa lama proses pengiriman uang dari luar negeri..?pngrimannny sudah dilakukan tgl 25 juni kmrn..tp smpai skrang blm snpe..kira2 gmna ya?trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tahu kiriman uang dari negara mana dan penerima pakai bank apa? Kalau tgl pengiriman tgl 25 Juni itu khan pas Lebaran dan semua bank di Indonesia aktif baru pada tgl 2 Juli, jadi sabar aja dulu mungkin masih proses kliring.

      Delete
  26. Selamat pagi pak...
    Kwn saya mw kirim uang dri bank swiss ke bank bca milik saya...
    Tpi di formulir'a kwn saya harus mengisi routing code, branch code, zip/postal code...
    Mksd'a gmna ya pak
    Padahal saya sdh ngirim data rek saya lengkap tpi yg kurang itu aja...
    Mhn bntuan' pak...
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Routing code itu sama dengan swift code informasi lengkap banyak di internet, contoh swift code BCA adalah CENAIDJA, branch kode adalah kode cabang bank anda membuka rekening bisa anda cari di internet biasanya terdiri dari 7 angka contoh BCA cab Sidoarjo 0140018, dan zip code adalah kode pos alamat anda sesuai KTP. Semoga bermanfaat

      Delete
    2. Mau tanya pengiriman melalui Commonwealth bank Australia ke Indonesia melalui bank BCA brp hr dtgnya

      Delete
  27. Pak saya ingin brtanya .tgl 16agust 2017 kemarin saya dapat kiriman dari korea .kira kira kapan masuknya yah ke atm BCA saya . Dan dia sudah membayar administrasinya sebesar 40 USD .. Apakah akan di potong lagi di indonesia ?? Maaf tolong jawab yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya dalam dua hari kerja sudah masuk ke rekening Mbak Maya, sejauh pengalaman saya nanti anda juga akan mendapat potongan dari pihak bank penerima di Indonesia.

      Delete
  28. Kak saya mau tanya, kaka saya kan kirim uang dari arab ke indo 1000riyl, nah waktu itu saya cuma kasih kode BRI aja 002. Itu gimana ya mas? Soalnya belom sampe udah 3 hari. Takut ada salah prosesnya. Soalnya aki ga ngasih swift code nya. Kita harus ke pihak bank, atau cek di Atm biasa aja kak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, lha kakaknya udh konfirmasi kirim bukti transfernya belom? Kalau transaksi gagal mestinya uang tersebut akan kembali ke kakak anda. Transfernya lewat Bank atau pake WU? Kalau pake Bank data yg diperlukan yakni swift code, kode bank dan no rekening serta nama pemilik rekening.
      Biasanya kalau sy dpt kiriman uang dari luar negeri lewat BCA paling lama 2 hari kerja sdh masuk uangnya.
      Mending tanyain kakaknya bukti transfernya dulu

      Delete
    2. Hallo Mba Renita, saya mau tanya berapa hari baru uangnya masuk ? Soalnya saya juga sudah hampir 2 minggu (27 Nov smpai sekarang)dari bank BRI ke bank Jerman belum masuk-masuk padahal lengkap data dan juga sudah ada bukti pengiriman.

      Delete
  29. Pak apakah dengan menerima uang itu kita harus membayar uang terlebih dahulu untuk memproses mata uang luar negeri ke rupiah
    ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu Gan, bank akan mengkonversikan langsung mata uang luar negeri tersebut ke rupiah sesuai dengan kurs hari itu, namun ada biaya transaksi yang dikenakan pada penerima yang otomatis dipotong dari uang yg diterima.

      Delete
  30. Met siang pak,

    Saya mau tanya jika sy punya akun paypal unverified karena sy tidak pakai cc atau vcc, sy tetap bisa withdraw ga uang yg masuk ke paypal sy? Kalau bisa, prosesnya bagaimana dan berapa lama. Mohon infonya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bisa, anda bisa baca di artikel sy yg lain yakni akun paypal unverified, setting akun Paypal nya agak ribet, untuk withdraw pertama kali uang anda akan ditahan 21 hari sebelum bisa dicairkan, begitu juga transaksi kedua dan ketiga, namun bisa diakali sehingga waktu tunggu bisa jadi 14 hari saja, setelah 3 kali transaksi dana yg anda terima lewat Paypal bisa langsung anda tarik ke bank. Waktu dana cair paypal ke bank biasanya 2 hari kerja. Semoga membantu

      Delete
  31. Salam kenal Mas, nama saya ahmad zaenal..boleh kenalan?

    Profesi kita sama Freelance QC inspector...boleh tahu freelance dimna?

    Terkadang kita perlu saling berbagi info sbg sesama profesi..

    Semoga kita bisa menikmati apapun pkerjaan yg sedang dijalani serta lancar jg aman...

    Salam Hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas, spt nya saya pernah ketemu anda. Kita alumnus wisma 76 semoga saya gak keliru :-)
      Saya freelance inspector untuk hardgoods kalau anda khan softline, area saya khususnya Jatim and Jateng.
      Salam sukses selalu.

      Delete
  32. Bro mau tanya, saya mau kirim ke jerman rutin sih, tapi yang pengiriman 1 hari sampe ada gak ya? Siapa tau ada referensi..

    ReplyDelete
  33. Bro mau tanya ada referensi kirim uang ke luar negeri yang 1 hari sampai gak ya?? Rencana mau kirim ke jerman.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu Bro, dari UK pake paypal langsung bisa ditarik tp butuh 1-2 hari kerja untuk bisa masuk ke rekening kita.

      Delete
  34. kalau hanya nomor rek dan swift code tanpa kode bank gimana ya?

    ReplyDelete
  35. Klo kemarin petang ( minggu ) jam 18.00 kirim dr singapura ke bca brp lama prosesnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling cepat hari ini Senin Januari 8 sdh nyampe, atau paling lambat besok.

      Delete
  36. Kalau misalnya transfer 1000 USD dari negara luar yang sampai di bank bca indo brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fee charges pengirim sekitar 50$ dan fee charges untuk penerima sekitar 30$, diterima kira kira 920$ US

      Delete
    2. Fee charges pengirim sekitar 50$ dan fee charges untuk penerima sekitar 30$, diterima kira kira 920$ US

      Delete
  37. Maaf pak, saya mau tanya, biaya kirim dan terima apa diberitahukan diawal atau bagaimana? Apa baik paypal, western union dan BCA ada potongan kirim dan terima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau biaya kirim pastinya iya pihak Bank akan menanyakan apakah ditanggung pengirim atau dibebankan ke penerima. Kalau biaya terima sejauh yang saya tahu besarannya rata-rata hampir sama antar bank untuk transaksi internasional (saya pernah baca di internet masalah tersebut).
      Untuk Western Union saya gak bisa komentar karena gak pernah pakai, untuk PayPal dan wire transfer atau transaksi antar bank semua kena biaya baik kirim maupun terima. Besarnya tergantung besar kiriman uangnya. Terima kasih

      Delete
  38. I got this web site from my pal who shared with me about
    this site and now this time I am browsing this web site and reading very informative posts
    at this place.

    ReplyDelete
  39. Kalo dari taiwan ke indonesia lewat BRI berapa lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau BRI saya kurang tahu Mbak, kalau BCA dua hari kerja dah masuk

      Delete
  40. Kalo sya mas kan atm bca sya udh 4bulan ini saldonya 0 terus pas kmren hari kamis ibu sya dari arab saudi kirim ke bca saya. Tapi sampai hari ini hari sabtu belum sampai juga. Apa kendalanya kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transfer dari arab saudi pake apa? Bank atau Western Union, masalahnya hari Jumat kemarin khan tgl merah otomatis bank tutup dan gak bisa kliring. Sabar saja paling lambat selasa minggu depan dah nyampai transfernya :-)

      Delete
  41. Malam pak...
    Suami saya mau kirim uang dri bank jepang ke bca milik saya...
    Tpi di formulir'a suami saya harus mengisi ABA NO,BLZ NO,SORT CODE branch code, itu maksudnya apa ya saya sudah searching di google hanya tahu swift code saja
    Mksd'a gmna ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan Mbak agak aneh karena kalau kirim dari Jepang kenapa ada kolom isian ABA no dan BLZ no padahal ABA no. hanya dikenal di US dsn BLZ hanya dikenal di Jerman?
      Kalau Sort Code branch code mungkin masih relevan.
      Sort code/routing code adalah bank code + branch code.
      Contoh bca bank code adalah 014.
      Branch code yang biasanya 4 angka contoh 1234.
      Jadi contoh sort code/routing code ini menjadi 0141234
      Di europa hanya pakai 6 angka untuk sort code/routing code. Tinggal hilangkan 0 dari depan jadi di contoh ini menjadi 141234 untuk example sort code yang memang kadang2 butu kalau transfer dari bank luar negeri.
      Coba ditanyakan lebih lanjut di bank tempat suami anda akan kirim uang. Kalau ruwet mending pake Western Union atau Paypal aja lebih simple.

      Delete
  42. Sore pak,
    Saya bekerja sebagai consultant di salah satu perusahaan, info dr headquarter nya per tanggal 9 feb 2018 mereka sudah transfer ke rek BNI saya sebesar USD 2700, tapi sampai sekarang masih belum masuk ke rekening saya. kira2 apa saja yang menyebabkan belum masuknya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sudah coba minta bukti transfernya Gan? Pengalaman saya dpt transfer dari China, Macau dan US cuman dua hari kerja aja uang sudah masuk ke rekening kita. Saya menggunakan rekening BCA untuk bank lain saya belum pernah coba.
      Coba tanyakan pada pihak pengirim apakah benar sudah dikirim, dan pastikan lagi data rekening anda sudah benar.

      Delete
  43. pak kalo sodara sy kirim uang dr ohio jam 3 subuh (waktu jkt), kira2 sampe di rek bca sy kpn ya? kl besok kan tgl merah, apa ada kemungkinan saya bisa terima uangnya hari ini pak? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa hari ini Mbak karena Jumat tgl merah, kalau transfer dari USA biasanya dua hari kerja, jadi Senin siang uang transfer baru bisa Mbak terima. Thanks

      Delete
  44. Teman saya transfer dari bank Icic Bank India kak tgl 2 mei 2018. Sampai hari ini blm masuk tgl 5 mei 2018. Bukti transfer sudah saya terima. No rek dan swift kode sudah saya berikan kak. Namun blm masuk ke rek saya. Kata bank BCA saya disuruh tunggu max. 7 hari kerja dengan bank yg tdk kerjasama dengan BCA kak. Gmna ya ??
    Terimakasih

    Salam
    Like ( Ms )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai hari Jumat tgl 5 Mei belum nyampe berarti emang benar kata BCA suruh tunggu 7 hari kerja. Saya sendiri kurang tahu mengenai informasi bank luar yg kerjasama dengan BCA namun saya sering dpt kiriman dr luar negeri paling lama max 3 hari kerja.
      Coba sabar dulu ya, mungkin prosesnya agak lama untuk Bank yg tidak kerjasama dengan BCA.

      Delete
    2. Iya kak. Tapi kalau saya lihat di case kk max. 3 hari kerja ya. Agak deg2an soalnya saya baru belajar main tamu india kak. Kebetulan saya travel agent yg menyediakan liburan ke Bali kak. Jadi tamu sudah di Bali dan tour dengan biaya kantor kami. 😂.. Makasi kak Buat pencerahannya kak..

      Delete
  45. Maaf pak mau tanya.
    Om saya kan kirim uang dari singapore kamis lusa sebelum lebaran lewat POSB ke rekening bank mandiri.
    Status transaksi sukses.
    Masalahnya saldo transferannya itu belum masuk ke rekening mandiri saya sampai hari ini.
    Kira2 penyebabnya apa ya ?
    Tolong kasih tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja Gan, uang transferan Paypal saya barusan masuk siang ini. Bank bank baru aktif hari ini atau paling lambat besok karena liburan.

      Delete
  46. Bos saya transfer dana dari Wells Fargo ke rek BCA tgl 5 Juni 2018 tapi sampai sekarang dana belum masuk. Pihak dari Wells Fargo memberi nomor konfirmasi tapi pihak BCA tidak bisa tracking melalui nomor tsb karena katanya mereka hanya bersifat sbg passive receiver tdk bisa prediksi kapan dana masuk. Dagdigdug juga karena baru pertama kali ini wire transfer dan di setiap review yg saya baca 3-5 hari kerja biasanya dana sudah masuk. Apa karena Sender Bank bukan bank yg kerjasama dgn BCA atau karena liburan? Apakah semakin lama dana mengendap entah dimana potongannya semakin banyak? Mohon pencerahannya, Pak. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah sender Bank tdk kerjasama dengan BCA saya kurang tahu Mbak, kalau bersamaan dengan libur Lebaran tdk juga karena tgl 5 Juni bank masih aktif, dan aktif lagi tgl 19 kemarin. Transferan sy dr Paypal US juga masuk di tgl 19 karena libur lebaran kemarin.
      Untuk potongan karena dana mengendap saya belum pernah tahu ya, takut salah jawab :-)

      Delete
    2. Ibu Fertiana Nursafitri,
      Saya sekarang sedang mengalami apa yg ibu alami. Akhirnya bagaimana ibu? Apakah uangnya mengendap atau masuk ke rekening penerima bu? Saya kirim lewat Western Union dengan menggunakan kartu kredit Wells Fargo biar lbh cepat. Tetapi sudah 9 hari malah sepupu saya info blm masuk. Mohon dishare pengalamannya ya ibu. Terima kasih.

      Delete
  47. bng mau nanya kalo transfer dari toko indo di Taipei pakek yng biasa kapan ya sampai nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakek yg biasa gimana nih maksudnya? Kalau menurut pengalaman sih paling lama 2 hari, kecuali pas Jumat atau akhir pekan ya.

      Delete
  48. Mas mau nanya, saya dapat google payment dr tanggal 16 agustus, udah ada bukti juga, kira2 kapan masuk ke rekenkng bca saya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya butuh dua hari kerja, berhubung tgl 17 hari Jumat dan tgl merah, paling cepat uang akan masuk ke rekening anda hari Rabu minggu depan ini.

      Delete
    2. Mlm gan, mau tanya, klo dpt kiriman 35jt dr australi ke bca sy kira2 biaya nya brp? Apa bisa di potong lgsg pd saat qta ambil di bca? Oh iya katanya kirim dr australi pake cara yg ada PIN nya. Mksh.

      Delete
    3. Biayanya ada dua, dari sisi pengirim dan penerima. Kalau pengirim di kisaran 50-75$, kalau penerima sekitar 30-50$.
      Kalau pakae BCA biasanya langsung dipotong dari uang kiriman Gan.
      Kalau masalah pake PIN saat kirim dr Australia maaf saya kurang tahu Gan :-)

      Delete
  49. Mau nanya bos..kalau ada yg transferan dari arab ke rek BCA dari arab jam 10 malam. Trus di indonesia jam 3 pagi..kapan nyampe indonesia ya bos..kata nya ngambil paket yg satu hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Arab pasti kliring dulu keesokan harinya, paling cepat hari yang sama dah nyampek Gan, atau keesokan harinya.

      Delete
  50. Pagi nya apa siang nya nyampe indonesia bos..?

    ReplyDelete
  51. Salam kenal gan, saya dapat transferan $12,000 dari AS melalui Welss Fargo, tapi pihak pengirim meminta saya bayar pajak ke aktifis nigeria agar uang tersebut cair ke rekening saya sebesar $150. Dia sangat memaksa, apabila tidak dibayar uang yang ia kirim melalui welss fargo akan hangus.

    Apakah ini penipuan gan, karena saya sudah konsultasi ke bank, kantor pos, polisi bahwa tidak perlu melanjutkan transaksi walaupun dia sudah mengirimkan bukti transfer.

    Tolong info secepatnya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mudah untuk tahu ini modus penipuan atau tidak, anda pernah bekerja freelance atau meelakukan bisnis gak dengan orang luar? Kalau tidak ya berarti itu penipuan.
      Masak ya ada jaman now orang kasih duit gratisan :-)

      Delete
  52. Gan saya dapat kiriman dari colombia butuh waktu berapa lama ya gan ? Saya menggunakan B.C.A

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2-3 hari kerja Gan kecuali pas akhir pekan. Kalau ditransfer hari Jumat paling lama Selasa siang minggu berikutnya dah transferan sdh masuk.

      Delete
  53. Hai kak, aku mau nanya kalau aku nerima uang euro mending lewat paypal atau BCA ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibawah 1000 euro mending pake Pay Pal, kalau diatasnya mending transfer antar bank.

      Delete
    2. Kak maaf mau tanya lagi. Itu ada fee untuk penerima? Kalau pengirim juga kena fee nggak?

      Di Paypal bisa langsung tarik euro ke bank lokal atau nanti dikonversi ke dolar dulu?

      Delete
    3. Oh ya kak nerima sekitar 150 euro

      Delete
    4. Coba tanyain dulu ke pengirim, kebanyakan pengirim dr luar keberatan kalau transfer antar rekening bank karena mereka kena fee yg lumayan jika dibanding pake Pay Pal.
      Baik transfer antar bank atau Pay Pal penerima akan kena fee.
      Enaknya pake transfer antar bank nilai kurs lebih tinggi drpd Pay Pal. Sejauh ini sy belum pernah nerima Euro, kalau lihat jumlah yg anda terima 150 euro, fee dr Pay Pal kena sekitar 5 euro n kurs selisih sekitar 3 euro maka anda akan dpt sekitar 142 euro saja atau 2.5 juta.
      Saya rasa jumlah yg hampir sama jika transfer lewat bank.
      Kalau lewat Pay Pal langsung dikonversi ke rupiah Gan.

      Delete
    5. Hi pak, mau tanya donk. kayanya si hampir sama yg diatas. saya ada keluarga mau kirim 1.000 euro kira2 klo kirim lewat western union itu kena fee atau potonganya berapa ya? klo langsung ke rek BCA saya. terimakasih.

      Delete
    6. Saya belum ada pengalaman pake WU, lebih baik anda coba cek sendiri di website WU mengenai hal tersebut.
      Yang saya tahu adalah untuk pengiriman lewat WU uang akan diterima utuh, karena biaya kirim ditanggung oleh pengirim.

      Delete
  54. Pak saya baru menerima transfer uang dari luar negeri jam 7 pagi ini, sekira ny masuk rekening saya kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transfer dr negara mana, agan pake rekening bank apa? Kalau pake BCA senin siang udah masuk Gan.

      Delete
  55. siang pak, mau nanya dnk, saya kan ada teman di inggris, ktnya dia ada trf uang ke rek saya bank mandiri sebesar 20.000 poundsterling melalui international money remittance unit pada jumat kemaren 26 oct, trs senin kemaren ada cewk nelpon saya yg mengaku ktnya dr nationwide finance corporation yg di jkt, dia mengatakan uang tsb sdh msk ke ktr mrk di jkt, mrk mau saya trf utk biaya pelepasan agar uang tsb bs lgsg msk ke rek mandiri saya sbsr 1000 usd, yg saya aneh, ktr perwakilan jkt yg menelepon itu menggunakan no hp pribadi dan tujuan rek utk biaya tsb jg an nama pribadi, mknya saya ragu, sdgkan teman saya itu sdh ks saya bukti trf tetapi ms tulis tangan, cm nominal uang dan rate kursnya aja yang print out, gimana y pak cara saya apakah itu penipuan atau tidak.mohon penjelasannya y pak, terima kasih....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda sudah merasa ragu apalagi saya hehehehe.
      Logikanya gini Gan, kalau ada orang mau ngasih kita uang kok ya nanggung amat kita disuruh nanggung biaya transfernya. Bener gak?
      Model spt ini adalah PENIPUAN yang kerap terjadi di dunia maya. Jgn pernah transfer uang dengan iming iming mendapat uang yg lebih besar.

      Delete
  56. alo pak, comment saya tadi mana ya?kok gk ada y pak??:(

    ReplyDelete
  57. Selamat pagi, maaf ini sy belum pernah transaksi ataupun menerima uang dari luar negeri.ini sy koleksi uang kuno dan ada org luar negeri mau beli.setelah harga deal.beliau ingin transfer ke rek sy BCA dan beliau mengatakan kalau ada biaya fee di menyebutnya transfer charges sebesar $150.apakah ini benar atau penipuan? Jika benar bagaimana fee nya sy bayar? Apa langsung motong uang yg ada di rekening sy atau bagaimana? Mohon bantuannya..sy berharap mendapatkan penjelasan karna ini sungguh penting buat sy.boleh bantu sy di email atau wa sy 083176224892.terimakasih

    ReplyDelete
  58. Kalau boleh tahu anda menjual uang itu dengan harga berapa? Sejauh pengalaman saya transfer fee sebesar 150$ US itu termasuk besar sekali mungkin untuk transfer diatas 10 ribu USD.
    Anda seharusnya include khan itu di harga jual spy transaksi aman.
    Namun jika anda disuruh transfer fee sebesar itu sebelum dia transfer uangnya jelas jelas itu PENIPUAN.

    ReplyDelete
  59. Selamat sore pak
    Saya mau tanya saya ada mentransfer uang SGD dr bank dbs singapura ke bank BCA.tanggal 4 desember dan tanggal 5 desember 2018.
    Tp kata pemegang rekening dia masih belum menerima uang tersebut direkeningnya.
    Padahal disini pemberitahuannya semua sudah successfull.
    Tuh knpa ya pak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  60. Butuh waktu 2-3 hari untuk bisa sampai transferannya Gan, gak bisa langsung walaupun statusnya successful

    ReplyDelete
  61. selamat pagi pak.saya mau tanya ,suami saya kan kerja di US(crew kapal pesiar) dan mau kirim uang ke indo namun saya masih bingung karena saya dan suami blm punya banyak pengalaman tentang bank yang bagus dan cepat untuk menerima transferan itu.mungkin bapak ada masukan atau pengalaman dengan bank bank yang ada di indonesia?kalau misal saya buka rekening BCa seperti bapak apa bisa semua jenis rekening BCA bisa menrima transferan dari luar negeri/atau hanya rekening2 tertentu.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya hanya punya rekening BCA rupiah (bukan dollar) dengan ATM card biasa dan hampir 6 tahun lamanya menerima fee freelance dr luar negeri terutama China, US tanpa ada kendala berarti dalam artian cepat waktu transfernya (2 hari kerja sudah masuk).
      Kalau saran saya sih buka aja rekening BCA dollar (mumpung nilai dollar bagus) setahu saya buka rekening awal saldo harus 500$. Hitung hitung bisa jadi tabungan kalau pas dollar naik anda bisa ambil untuk dpt selisih nilai tukasnya yg lumayan.

      Delete
  62. mas saya mau nanya..saya kan dapat kiriman dari turki,dihari jumaat kemarin dia melakukan transaksi..
    apakah jika sudah proses uang bisa dibatalkan?

    ReplyDelete
  63. Halo saya mau tanya, suami saya transfer dari Aussie menggunakan Commonwealth bank ke rekening BCA saya, kira2 brp lama ya mas prosesnya? Dia transfer tgl 6 feb pukul 1 am waktu Aussie. Mohon pencerahannya mas. Makasi

    ReplyDelete
  64. Mau nanyak
    Saya dapat kiriman dari dubai tanggal 5/2/19. Ke rek. BCA saya.
    Waktu itu saya cuma kasi nama, no.rek dan kode Bank aja. Tidak sertakan swit codenya. Apakah bisa masuk soalnya sampai sekarang blom ada masuk.
    Bukti transfer sudah di kirimkan dan saya sudah tanyak ke cs.bank katanya minimal 1 minggu baru bisa masuk.

    ReplyDelete
  65. Sejauh pengalaman saya bertransaksi bank dr luar ke dalam negeri, pihak pengirim selalu menanyakan swift code bank yg kita miliki di Indonesia.
    Kecuali kalau pihak bank pengirim punya note khusus mengenai swift code bank semua negara didunia, tp rasanya gak mungkin juga.
    Mending dilihat dari bukti transfernya, disitu harusnya ada tertulis, nama penerima, no rekening, bank code dan swift code.

    ReplyDelete
  66. Selamat Siang kak , saya mau nanya, kemarin saya mendapatkan pengiriman dri USA tanggal 7 Juli, status Masih pending saya disarankan untuk melakukan pembayaran aktivasi fee , Yang dimaksud aktivasi fee apa ya mas??

    ReplyDelete
  67. Selamat malam pak,,saya mau tanya,,klo dapat kiriman dari luar negeri lewat wester union ke bca apa aja yang di butuhkan dan berapa lama biasanya masuk ke rekening

    ReplyDelete
  68. Maaf k..saya mau tanya.saya dapet trnsferan dari korea hari selasa tapi samapai saat ini uang belum masuk...dia sudah kirim bukti tf saya juga sudah memberikan kode swiftnya.tapi saya tidak memberikAn kode bank bca nya..itu ngaruh ga?trus kira kira kapan uang saya sampai?

    ReplyDelete
  69. mas maaf saya mau tnya dong. Saya dapat transferan dari luar negeri lewat remittance . no rekening yg saya berikan adalah BCA. Lalu saya diberikan slip sejumlah 20.000 pounds. atau setara dengan 347jt rupiah. Dia mengirim katanya tgl 16 kemarin. lalu hr senin ini ada yg wa saya mengaku dari international money remittance di jakarta dan menginformasikan bahwa uang yg dikirim oleh teman saya di luar negeri sedang dalam proses. namun saya diminta untuk membayar biaya layanan jasa nya sebesar 9,9 million.
    Waktu saya tnya ke teman saya katanya dia tdk tau krena itu kebijakan mungkin di negara indonesia begitu dan saya disuruh koordinasi dengan agen jakarta yang menghubungi saya itu...

    mohon arahan nya apakah teman saya menipu saya atau memang ada kebijakan remittance seperti itu ?karena saya awam..

    terima kasih

    ReplyDelete
  70. Selama saya melakukan transaksi dengan orang luar negeri memang ada potongan atau beban transfer yg bisa dikenakan ke dua belah pihak atau menjadi tanggungan satu pihak saja.
    Namun biasanya beban itu kita bagi berdua dan itu hal yang wajar.
    Jika anda dibebani biaya kirim tersebut bagi saya itu bukan hal yang umum dan anda harus berhati hati apalagi jumlahnya sangat banyak.
    Saran saya waspada saja, mending biaya transfer ditanggung pihak pengirim dulu baru ketika uang sudah ditransfer kalau anda tidak keberatan transfer balik aja biaya kirimnya. Hal itu akan jauh lebih aman.

    ReplyDelete
  71. selamat pagi pak,saya mau tnya kalao kirim dari bank taiwan ke rek bca.kira2 brapa lama ya?
    semua kode sudah saya berikan ke kantor taiwan sana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh waktu 2 s/d 3 hari kerja dana transfer masuk ke rekening kita.

      Delete
  72. Pak saya transfer dari singapore ke indonesia (BCA) tapi kok saldonya masih tetap ya?padahal sudah saya terima bukti transfernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ditunggu aja untuk transfer dari dan keluar negeri butuh waktu kira kira 2 sampai 3 hari kerja dana bisa masuk ke rekening kita.

      Delete
  73. Saya sudah beberapa kali mendapat kiriman uang dari China selama saya memakai bank BNI saya agak kecewa , karena tiap transaksi yg masuk selalu susut mulai dari 300rb - 500 rb lbh , saya ingin bank di indonesia bisa memberi akses bt komunikasi dngn pihak bank di luar negeri agar biaya pengiriman dan biaya potongan dr bank korespondens bs di minimalisir , jd pihak pengirim bebankan biaya u/ pengiriman uang, saya rugi banyak dalam transaksi perdagangan jika slalu ada potongan banyak di tiap transaksi (stelah konversi nilai tukar $ ke rupiah) msh susut lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyataannya memang begitu mas untuk semua bank dikenakan biaya transaksi. Saya pun sering mengalaminya di kisaran angka yang sama. Namun untuk konversi dollar ke rupiah berlaku sesuai hari saat dana kita akan ditransfer dari bank di Indonesia ke rekening kita dan tidak mengalami penyusutan.

      Delete
  74. Halo selamat siang saya mau tanya jika mau menerima uang dari dubai dan ada pertanyaan bank name apakah harus di isi dengan kcp nya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkapi aja datanya Gan spt yg diminta Bank.

      Delete
  75. Met siang mas , sy mau nanya ni ,, sy dpt transferan uang dari alliance bank ke rekening sy di BCA , sy menerima email bhw sy hrs bayar charge 5% , charge tsb harus saya transfer ke rekening an seseorang di bank BNI 46 . Sy ragu2 , oleh krn belum sy lakukan krn jumlahnya lumayan besar , takut penipuan . Apa yang harus sy lakukan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu modus penipuan standard Gan. Karena saya sering mendapat pertanyaan yang sama. Jangan mudah percaya dan transfer ke rekening orang yang tidak anda kenal apapun alasannya.

      Delete
    2. Terima kasih infonya ,, biasanya charge tsb kita bayar kemana ,, apa ke akun bank yg ngirim ? Dlm hal sy ke bank alliance ? Dan untuk konfirmasi hal tsb sy hrs menghubungi kemana , krn di kota sy tdk ada bank alliance

      Delete
    3. Sebentar Mbak, anda mendapat uang transferan dr luar negeri karena kerja freelance atau transaksi jual beli? Atau anda dapat kiriman email dari seseorang yang tidak anda kenal?
      Karena dalam transaksi jual beli online dan transaksi keuangan lain biaya transfer akan otomatis dipotong dr nilai total uang yang ditransfer. Jadi kita tdk perlu repot untuk membayar dulu biaya transfer nya.

      Delete
    4. Yang transfer orang yang saya kenal , teman , dia transfer utk mengembalikan uang yang dia pinjam ke saya . Sekarang dia lagi di Penang Malaysia , ada proyek disana 

      Delete
  76. Saran saya mending ditanyakan pada temannya dulu karena setahu saya biaya transfer biasanya ditanggung pengirim. Karena kita akan otomatis kena charge di bank penerima di Indonesia.

    ReplyDelete
  77. Maaf mas,teman saya kirim uang dari dubai menggunakan wu ke rek bca saya pada hari sabtu,tapi sampe skrg belum masuk ke rek saya,kalo pake wu gitu biasanya berapa hari lamanya mas??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya pakai WU dapat kiriman uang dari Amerika kurang lebih 3 hari sudah cair ke rekening bank lokal.

      Delete
  78. Klo transaksi sukses dari bank icbc china tgl 24 maret 2020 jam 13.30.. masuk rekening bca nya kapan yah?

    ReplyDelete
  79. Pagi mas ,sodara saya udah kirim uang dari Arab Saudi ke rekening BCA, dari tangga 22 April, sampai skrg blum masuk aja yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar mungkin masih proses kliring, apalagi kondisi seperti saat ini sedang pandemi korona. Kalau proses kliring BCA biasanya hanya butuh waktu 1-2 hari saja

      Delete
  80. Halo pak, saya mau mau tanya karna ini baru pertama kali saya nerima tranfer dr luar negeri , pd tgl 2 September 2020 ini saya terima email dr HSBC klo baru saja mengirim uang ke rekening cimb niaga saya senilai 600usd , sampai saat ini knp blm masuk ya ke rekening saya dan butuh wkt brp lama... Email tersebut dgn recipe priority payment dr bank hscb offshore, mohon informasi nya karna ini saya baru pertama kali . Terimakasih

    ReplyDelete
  81. Halo pak saya mau nanya, saya kan freelancer, saya kan mau dapat transferan dri luar negeri 270 jt, tapi katanya harus bayar adm sekitar 2,7 jt an itu, aman ga ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan Gan, itu modus penipuan. Kalau memang ada biaya transfer harusnya khan bisa langsung dipotong dari uang gaji kita sebagai freelance

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda