Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

TERMINAL BUS BUNGURASIH ATAU TERMINAL PURABAYA

Terminal Bus Bungurasih atau Purabaya

Terminal Bungurasih atau Purabaya sebenarnya bukan termasuk dalam wilayah kota Surabaya, namun banyak orang salah sangka seperti halnya bandara Juanda, terminal bus ini sebenarnya terletak kabupaten Sidoarjo. Letaknya berbatasan langsung dengan kota Surabaya karena dekat dengan bunderan Waru yang merupakan batas kota Surabaya dan kabupaten Sidoarjo di sisi selatan. 

Terminal Bungurasih mulai dioperasikan pada tahun 1991 adalah pengganti dari terminal Joyoboyo yang sudah tidak bisa lagi menampung calon penumpang dalam jumlah banyak.


Kompilasi foto terminal Bungurasih
Pernah diklaim sebagai terminal tersibuk dan terbesar di Asia Tenggara, terminal ini memiliki luas 12 hektare dan lalu lintas penumpang sebanyak 120.000 orang per harinya. Bus-bus yang beroperasi disini adalah bus AKAP, AKDP dan bus dalam kota.

Bus dengan jurusan jarak dekat semisal Jombang, Nganjuk, Mojokerto dilayani oleh PO seperti Jaya, Harapan Jaya, Pelita Indah, Restu, sedangkan bus bus jarak menengah seperti tujuan Solo, Yogyakarta, Semarang dilayani oleh bus Eka, Mira, Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat, Nusantara, Indonesia, Bhinneka, dll. [simak jadwal keberangkatan bus di terminal Bungurasih]

Suasana dalam ruang tunggu terminal Purabaya
Terminal ini menurut pengalaman saya sendiri bisa dikatakan situasinya aman walaupun di malam dan dini hari. Saat tengah malam atau dini hari saya lebih memilih naik bis dari depan pintu keluar yang berhadapan dengan stasiun kereta api Waru daripada harus masuk jauh kedalam terminal, karena kondisi disana lebih aman dikarenakan banyak orang yang berjualan.

Jangan khawatir akan kehabisan bis karena terminal ini beroperasi 24 jam setiap harinya. Namun di saat tengah malam dan dini hari waktu atau jadwal keberangkatan agak lebih jarang. Terminal Bungurasih masih terus dalam proses pembangunan dimana rencananya dari ruang tunggu terminal penumpang bisa langsung naik ke jalur jalur keberangkatan melalui gerbang atau gate di lantai 2 tanpa harus kehujanan dan kepanasan karena melewati lorong-lorong dan akan turun langsung di lajur keberangkatan bus.

Suasana dalam ruang tunggu terminal Purabaya
Ruang tunggu keberangkatan bus antar kota kini terlihat lebih lapang dan luas dengan lantai keramik putih bersih, lift atau excalator juga telah terpasang namun belum difungsikan. Belum ada informasi yang menjelaskan kapan proyek pengembangan terminal Bungurasih ini akan rampung dikerjakan. Simak [Terminal Tirtonadi Solo diklaim sebagai terminal bus terbaik di Indonesia].

Satu hal yang patut menjadi perhatian bagi pengelola terminal ini adalah di saat hujan deras terminal ini kadang tergenang  oleh banjir di beberapa titik terutama di dekat pintu kedatangan bus antar kota. Selain itu masih banyak berkeliaran calo-calo bus baik bus dalam kota maupun bus antar kota antar propinsi.

Jika anda datang dari luar kota, saya sarankan anda naik saja ojek online atau taxi online jika hendak melanjutkan perjalanan ke tujuan yang anda tuju di Surabaya maupun Sidoarjo, sedikit tips jika ingin memesan GOJEK, UBER ataupun GRAB anda turun saja di pintu masuk terminal atau kernet bus sering bilang “PARKIRAN” atau juga di depan RAMAYANA Medaeng. Di situ anda bisa memesan ojek online ataupun taxi online yang lebih terjamin dan aman dari segi tarif. 

Sedangkan taxi-taxi konvesional yang sudah punya nama seperti Blue Bird tidak beroperasi didalam terminal Purabaya, melainkan mereka ngetem di sekitar jalan Brigjen Katamso atau Medaeng dekat dengan pangkalan bus Rosalia Indah. Anda bisa langsung turun di tempat ini dengan terlebih dahulu mengingatkan kondektur atau kernet bus. [Naik Ojek Online dari Terminal Bungurasih]


Pool bus DAMRI di terminal Bungurasih
Di terminal ini juga beroperasi bus DAMRI dengan tujuan Bandara Juanda baik itu terminal 1 maupun terminal 2, lajur bus ini berada di sisi sebelah kiri dari lajur kedatangan bus antar kota. 

Saya jelaskan disini setelah bus berhenti di terminal maka tidak perlu repot-repot mencari bus DAMRI Juanda tersebut karena dari tempat anda turun lokasinya jelas terlihat yakni di lajur paling kiri. Tarif bus DAMRI dari Terminal Bungurasih ke bandara Juanda adalah 25 ribu rupiah. Simak Tarif dan Jadwal Bus Damri Bandara Juanda. 


Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more