Pendapatan Driver Taxi Online Per Hari??? Cekidot Pren

May 07, 2017 0 Comments A+ a-

Sumber: lensaremaja.com

Taxi online atau berbasis aplikasi yang sekarang merebak di Indonesia memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Bagi para pelanggan atau calon penumpang tentu saja diuntungkan dengan adanya layanan transportasi tersebut karena murah dan memiliki kejelasan masalah tarif,  tanpa ada tawar menawar harga seperti taxi konvensional.

Karena itu banyak orang yang memilih menjadi pengemudi atau driver taxi online seperti UBER,  Go Car atau Grab Car. Barusan saja saya naik Grabcar di kota Semarang dari depan RSI Sultan Agung dekat terminal Terboyo ke jalan Pemuda, dengan jarak tempuh sekitar 6 km dan tarif yang dikenakan sebesar 28 ribu rupiah.

Perbincangan saya dengan driver Grab CAR yang kelihatannya bukan orang "biasa" mobil yang dipakainya Honda BRV dan masih baru pula. Beliau mengatakan bahwa ini hanya sekedar kerja sambilan saja,  saya pun mahfum karena dari gestur dan cara bicara yang menyiratkan hal tersebut. 

Informasi yang saya dapat dari pengemudi bahwa Grabcar membebankan tarif berdasar rush hour atau jam sibuk serta banyaknya pesanan jadi bisa saja tarifnya berbeda untuk saat tertentu padahal dengan jarak yang sama.
Sedikit percakapan dengan sopir taxi online bisa saya rangkum menjadi bahan tulisan Berapa Penghasilan Driver Grabcar atau Taxi Online Tahun2017. Ternyata yang dikejar oleh para driver taxi online seperti GRABCAR, GOCAR dan UBER adalah bonus harian yakni sebesar 300 ribu rupiah jika berhasil menyelesaikan 12 trip per hari (khusus untuk Grabcar).

Saya pun lantas bertanya,  "Gak berat Pak jumlah trip tersebut. Nggak mas jawabnya,  lha kalo pas kita dapatnya jarak dekat khan udah satu point". Dia mengatakan "lebih enak mengejar jumlah point daripada jumlah tarif".  Untuk jarak dekat dia hanya bisa memperoleh hasil 8-12 ribu rupiah per trip. 

Berikut kesimpulan penghasilan Grabcar per hari jika dia mendapat 12 trip dengan asumsi order yang didapat berjarak dekat atau pendek:
12 trip x 10 ribu rupiah = 120 ribu rupiah dipotong 10% komisi GRAB menjadi 108 ribu rupiah
Bonus penghasilan jika mampu menyelesaikan 12 trip sebesar 300 ribu rupiah.
Total penghasilan GRABCAR kotor per hari adalah 408 ribu rupiah.
Sedangkan penghasilan bersih per hari Grabcar adalah:
Pengeluaran berupa bensin atau BBM dan lain-lain sebesar 150 ribu rupiah
Maka penghasilan atau pendapatan bersih per hari Grabcar adalah: 408-150= 258 ribu rupiah.

Wow menggiurkan sekali penghasilan driver taxi online Grabcar, jika sebulan penuh driver narik dan selalu mendapat 12 trip maka total pendapatan bersih per bulannya adalah 30x258 ribu rupiah = 7.74 juta rupiah

Sekali lagi perhitungan pendapatan taxi online GRAB CAR diatas dengan catatan *jika driver tersebut sebulan penuh bekerja dan selalu mendapatkan 12 trip per harinya. Belum lagi adanya tarif promo atau kebijakan lainnya dari pihak GRAB mungkin saja membuat perhitungan saya diatas menjadi tidak valid harap dimaklumi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda anda yang akan memutuskan untuk mencoba menjadi driver ojek online.

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Total Pageviews

Popular Posts

DMCA

DMCA