Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

BUS SEMARANG-JOGJAKARTA (TRIP REPORT BUS PO HARYANTO)

Bus PO HARYANTO jurusan Kudus-Jogjakarta

Perjalanan kali ini agak berbeda dari biasanya, jalur Semarang-Jogjakarta mungkin ini kali pertama saya lalui. Maklum saja rute yang biasa saya lewati adalah Surabaya-Solo-Semarang dan sebaliknya. Berhubung ada sedikit urusan di Jogjakarta dan Klaten keesokan harinya, sore itu saya bergegas dari daerah kawasan industri Terboyo menuju terminal Terboyo yang letaknya hanya sekitar 2 kilometer.
Suasana dalam bus Haryanto jurusan Semarang-Jogja
Menurut informasi yang saya dapat dari teman, bus terakhir menuju Jogjakarta dari Semarang sekitar jam 4 dan 5 sore. Jam sudah menunjukkan pukul 4 sore kurang beberapa menit, saya agak khawatir sebenarnya takut tidak bus yang saya maksud sudah berlalu dan jam berikutnya tidak jalan. 

Saya melihat sekeliling , bus yang saya maksud seperti Haryanto dan Ramayana tidak kelihatan di pintu masuk terminal Terboyo dekat dengan jalan Kaligawe.
Akhirnya saya putuskan segera saya naik bus regular Semarang-Solo yakni Safari Lux, dengan harapan saya masih menjumpai bus Semarang-Jogja di terminal bayangan Sukun. Jarak terminal Terboyo-Sukun sebenarnya lumayan jauh, namun karena bus langsung masuk ke jalan TOL waktu tempuh kedua tempat biasanya hanya 15 menit dengan tarif 5 ribu rupiah saja.


Tiket bus Haryanto Semarang-Jogja

Di ujung jalan tol Tembalang nampak Mall ADA ini berarti terminal Sukun sudah ada di depan mata. Saya melihat di sisi kiri jalan, nampak bus berwarna biru putih dengan gambar menara Kudus sedang parkir di area dalam terminal bayangan tersebut. Selepas turun bus, saya langsung menghampiri bus Haryanto yang sedang parkir tersebut. Tiba-tiba seseorang menghampiri saya, mau kemana Mas? Jogja Pak. Ini tiketnya, sambil menyodorkan tiket bus dengan tiket model bus jarak jauh, dimana ada 3-4 lembar kopi tiket didalamnya. Berapa Pak? 45 ribu, jawabnya.

Saya hanya melihat kedalam bus, nampaknya sudah hampir terisi penuh bus ini. Saya sempatkan menyulut rokok saya sebelum akhirnya masuk ke dalam bus. Di barisan depan, tak nampak kursi kosong sekalipun. Akhirnya saya putuskan duduk di kursi belakang sendiri yang nampak masih kosong. Sekitar 30 menit kemudian, bus berangkat setelah sebelumnya bus Haryanto dengan tujuan yang sama merapat.

Rupanya saya tak sendiri di kursi belakang, ada 2 orang lagi yang naik dan duduk di kursi dengan jumlah bangku 6 orang itu. Bus berangkat tidak terlalu cepat menurut ukuran saya, namun kondisi bus masih cukup baik dan nyaman. Saya kurang tahu apakah bus ini menggunakan suspensi udara belum.
Kursi bagian belakang bus Haryanto Semarang-Jogja
Saya sendiri lupa, bus berbelok ke arah mana, apakah ke kanan setelah terminal Bawen atau tidak? Yang pasti bus sudah memasuki wilayah Secang atau Ambarawa saya kurang tahu, maklum rute baru. Yang pasti daerahnya naik turun dengan tikungan yang lumayan tajam. Dengan kondisi penumpang yang hampir penuh saya yakin bus ini tidak lagi mencari penumpang lain di jalan, bus mulai melaju membelah jalanan naik turun tersebut.

Saya hampir tidak bisa tidur selama perjalanan, mungkin kursi belakang tidak terlalu nyaman bagi saya karena posisi mesin bus ada tepat di belakang saya. Prediksi saya lama perjalanan Semarang-Jogja adalah 4-4,5 jam. Mungkin dugaan saya tepat, dua jam lebih berselang bus sudah memasuki lereng gunung Wilis tempat dimana kota Magelang berada. Dimana terdapat Kawah Candradimuka Akademi Angkatan Darat. Namun karena matahari sudah terbenam, saya tak bisa dengan jelas melihat keindahan kota Magelang.

Sekitar jam 8 malam bus merapat di terminal Jombor, terminal yang saya kurang tahu persis masuk wilayah mana, Bantul atau Sleman. Yang pasti posisinya ada di sebelah utara Jogja. Terminal kecil namun cukup rapi, tujuan saya adalah hotel Ibis di daerah Adisucipto. Turun dari bus, ojek pangkalan terminal segera menyerbu.

Saya hanya diam sambil mengamati keadaan sekitar dan melayangkan beberapa jepretan ke arah terminal Jombor sebagai catatan dokumentasi perjalanan. Saya melihat di depan terminal Jombor terdapat ring road Jogja entah RR Utara atau Selatan saya kurang paham. Aplikasi ojek online segera saya nyalakan untuk mengantar ke hotel tujuan.

Bersambung ke……………… Naik GOJEK di Jogjakarta (bagian 2)

Tag : Bus Mania
0 Komentar untuk "BUS SEMARANG-JOGJAKARTA (TRIP REPORT BUS PO HARYANTO)"

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top