Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

9 Jam Digoyang Bus Sugeng Rahayu Patas Semarangan (bagian 2)

Bus Sugeng Rahayu Patas Semarangan berhenti di RM Utama Caruban


Tak lebih dari sejam kemudian, bus pun merapat di terminal Tirtonadi Solo. Sopir beserta kondektur segera turun untuk beristirahat sejenak. Biasanya bus akan berhenti kurang lebih 15 menit sebelum melanjutkan perjalanan. Namun malam itu, hanya beberapa saat bus berhenti, sang sopir segera naik kembali ke dalam bus dan menempati dapur pacu kendaraan.

Bus segera melaju cepat dan tak berapa lama kemudian sudah sampai di flyover Palur. Mesin Hino menderu pelan saat sopir menekan pedal gas. Saya pikir ini adalah bus yang relatif baru mengingat halusnya suara mesin walaupun sebenarnya seperti kita tahu posisi mesin ada di belakang. Kaki-kaki dan suspensi bus masih empuk dan tidak mengeluarkan bunyi kriet-kriet.

Bus melaju cukup kencang di jalanan Kebak Kramat arah Sragen, kombinasi kerja yang bagus antara kondektur dan kernet. Sesekali kondektur berkata, "Awas Kres (Crash)" bertemu dengan kendaraan di arah berlawanan saat hendak menyalip kendaraan di depan. Atau sesekali mengatakan “Loss” saat ada mobil kecil atau sepeda motor yang berada di pinggir jalan.

Saya terlena atau mungkin kecapekan di perjalanan dengan buaian lagu-lagu dangdut koplo dari CD player didalam bus membawa saya kedalam mimpi. Sesekali terjaga, rupanya bus sudah melewati Mantingan tempat dimana Ponpes Gontor Putri berada. Tak lama kemudian bus melintas di RM Duta Ngawi. Dan kemudian bus masuk ke terminal baru Ngawi.

Terminal yang lumayan bagus dan besar di Ngawi tersebut terlihat sepi, maklum sudah tengah malam. Bus hanya sekedar mampir untuk di catat nomer kendaraan oleh petugas Dishub Ngawi. Bus kemudian keluar dan berbelok ke kanan ke arah kota Ngawi menuju Karangjati.

Jalanan di pusat kota Ngawi sudah sepi, lampu lalu lintas pun terlihat sudah menyala orange saja. Bus dengan kencang melahap jalanan kota Ngawi dan berbelok ke kiri ke arah Karangjati, dan akhirnya saya terlelap lagi dalam mimpi.

Saya kembali terjaga saat lampu dalam bus menyala, ah bus sudah sampai di RM Utama Caruban rupanya. Kondektur segera memerintahkan semua penumpang untuk turun. Saya yang tidak mengambil kupon makan segera menuju kantin depan untuk membeli mie cup hanya sekedar mengganjal perut dari kelaparan.

Berhenti selama 15 menit, bus pun kembali melaju membelah jalanan kota Caruban menuju Nganjuk. Saya yang duduk di kursi nomer dua setelah sopir tak lepas mendengar percakapan awak bus. Mereka asyik mengobrol namun entah apa yang diobrolkan saya kurang tahu pasti. 

Memasuki wilayah Saradan Madiun, bus pun tak segan melahap jalur lurus dan meng overtake beberapa bus di depan. Jalur puti lurus di tengah jalan seakan tak berarti, saya sebagai bus mania senang-senang saja akan hal itu karena bus akan cepat sampai tujuan hahhahaa.
Dapur pacu Sugeng Rahayu Patas

Saya kembali larut dalam buaian malam, AC bus Sugeng Rahayu Patas yang kali ini saya naiki tidak dingin ekstrim seperti SR lainnya yang biasanya terasa dingin menembus tulang belulang. Saya tertidur cukup lama hingga terjaga saat bus memasuki jalanan Perak, Jombang. Rupanya bus tidak masuk Tol Kertosono, karena jalanan malam itu relatif lancar. [Penumpang Aneh di Bus Malam]

Tidak seperti biasanya, saat bus-bus yang pernah saya naiki baik itu EKA maupun SR Patas memasuki wilayah Jombang biasanya bus mulai pelan karena kondisi sopir yang mulai kelelahan. Namun malam ini sopir sepertinya dalam kondisi prima, bus terus melaju dengan kencang begitu juga si kondektur yang dengan setia menjadi navigator sopir.

Dengan gocekan bus yang lihai dan handal saya tak perlu lama-lama terjaga seperti biasanya karena mendapati sopir mulai limbung membawa kendaraan besar tersebut. Tertidur lagi, hingga akhirnya saya terjaga ketika bus memasuki wilayah Trowulan, Mojokerto. Dari tempat tersebut, saya akhirnya menghentikan tidur panjang, karena beberapa saat lagi bus akan membawa saya ke tempat tujuan saya yaitu Bypass Krian.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...