Amankah Terminal Terboyo Semarang???

October 07, 2017 0 Comments A+ a-


Terminal bus Terboyo Semarang


Anda calon penumpang yang ingin menuju terminal Terboyo karena hendak melanjutkan perjalanan ke daerah lain seperti Solo, Surabaya, Kudus, Pati, Rembang, Yogyakarta, Pekalongan, Tasikmalaya dan Jakarta silahkan simak pengalaman berikut ini.

Terminal Terboyo terletak persis di belakang RSI Sultan Agung yang berada di jalan Semarang Demak atau orang sering menyebutnya daerah Kaligawe. Terminal bus ini bisa saya bilang sudah tidak memenuhi syarat sebagai terminal. Ruang tunggu penumpang sangat terbatas, hanya berupa bangku tunggu panjang yang jumlahnya hanya hitungan jari.

Deretan toko atau kios pedagang makanan kecil dan warung makanan terlihat didalam terminal, namun hanya beberapa saja yang kelihatan masih buka lainnya sudah tutup karena sepinya penumpang yang masuk ke terminal ini.
Selain itu kondisi bangunan terminal sudah sangat tidak layak, banyak atap-atap bangunan terminal yang sudah rusak, dan tentu saja bocor di saat hujan. 

Fasilitas penunjang lainnya seperti toilet dan WC umum tidak ada yang GRATIS semuanya harus bayar. Ada dua toilet umum, pertama di sisi pojok kanan pintu masuk terminal sedangkan yang kedua berada di dalam terminal pojok sebelah kiri. Toilet yang terakhir berada di dekat musholla terminal, dimana sepatu atau sandal yang kita taruh pun harus bayar, wakwaw :-(

Bus-bus yang masuk terminal biasanya hanya beberapa saat saja terutama untuk jalur tujuan ke Solo, sedangkan untuk tujuan yang lebih jauh biasanya menunggu jadwal keberangkatan saja. Simak bus-bus apa saja yang beroperasi di terminal Terboyo Semarang DISINI.

Anda yang baru masuk di pintu terminal biasanya disambut oleh cecaran pertanyaan dari para calo bus, bersikap saja yang wajar dan jangan kelihatan bingung. Jawab pertanyaan mereka sewajarnya tanpa menyebut tujuan anda kemana. Jangan mau untuk diajak ke tempat tertentu, apalagi untuk membayar tiket bus yang menjadi tujuan anda. Bayar tiket bus hanya jika telah naik bus kepada kondektur dan bukan kepada yang lain.

Jika anda terpaksa bertanya, tanya saja kepada penjaga toko sambil membeli barang dagangannya sewajarnya, air mineral atau obat masuk angin. Mereka biasanya terbuka dan tidak memiliki maksud apa-apa terhadap penumpang. Jarang sekali terlihat petugas terminal, jadi jangan berharap kehadiran mereka di terminal tersebut.

Warung angkringan di terminal Terboyo Semarang

Jika anda lapar, beli saja makanan di warung angkringan dekat pintu masuk terminal sebelah kanan. Namun sayang buka hanya saat sore sampai malam hari saja, menurut saya itu adalah tempat paling aman di terminal Terboyo. Di warung itu biasanya berkumpul para sopir dan kernet bus, jika anda iseng coba tanyakan bus yang hendak anda naiki. Ibu pemilik warung angkringan adalah teman baik saya, karena setiap saat saya datang ke Terboyo tak lupa saya hampiri warungnya dan makan sepuasnya dengan harga murah di tempatnya.

Jika hari sudah malam, diatas jam enam sore saya tidak merekomendasikan anda untuk masuk area terminal karena faktor keamanan yang tidak terjamin. Apalagi untuk wanita, mending anda menunggu bus di dekat pintu luar masuk terminal di samping RSI Sultan Agung, daerah tersebut relatif jauh lebih aman daripada anda harus masuk jauh ke terminal Terboyo. Di tempat tersebut anda akan menjumpai banyak sekali calon penumpang yang sedang menunggu bus incarannya.

Sekian pengalaman saya selama menjelajahi terminal Terboyo Semarang semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Total Pageviews

Popular Posts

DMCA

DMCA