Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

SKILL SOPIR SUGENG RAHAYU SEMARANGAN TAK KALAH DENGAN LEWIS HAMILTON :-)

Bus Sugeng Rahayu Semarangan
Entah nasib apa yang membuat saya agak “SIAL” petang hari itu. Jam setengah enam sore saya sudah di seberang RSI Sultan Agung menunggu bus EKA Semarang-Surabaya yang menurut jadwal biasanya berangkat jam 6 kurang 5 menit. Namun jam 6 lebih beberapa menit bus tersebut tak kunjung lewat.

Mata saya pun tak lepas memandang arus lalu lintas dari dan ke arah terminal, tak nampak pula bus Sugeng Rahayu Patas berwarna orange yang masuk ke arah terminal. Saya segera menghubungi teman yang hendak pulang ke Sragen malam hari itu. Saya bilang bahwa bus EKA sedang “PERPAL” alias tidak jalan dan kemungkinan besar bus SR Patas juga. [Nasib Penumpang Bus Semarang-Solo saat Terminal Terboyo Ditutup]

Tak lama teman tersebut akhirnya sampai juga ke tempat saya menunggu bus tepat di pinggir Kali atau sungai depan rumah sakit. Hingga jam 7 malam bus Patas jurusan Semarang-Surabaya itupun tak muncul. Namun beberapa menit kemudian dari arah seberang nampak bus dengan livery bergambar lumba-lumba berwarna biru mengarah ke terminal.

Ah, mudah-mudahan saja bus itu tidak perpal karena sepi penumpang. Namun teman saya masih berharap ada bus Patas yang ke arah Solo malam itu, karena bus macam Safari dan Taruna sudah tak terlihat lagi setelah setengah tujuh malam hari itu. 

Sepuluh menit kemudian bus Sugeng Rahayu Ekonomi AC jurusan Surabaya itu kembali dari terminal dan meluncur di depan kita. Tanpa pikir panjang kita berdua lari menghampiri  dan nampak beberapa orang di sekitar juga hendak menaiki bus terserbut.

Tiket bus Sugeng Rahayu Ekonomi AC
Rupanya bus tersebut sudah hampir penuh dengan penumpang didalamnya. Hanya tersisa beberapa kursi di bagian belakang. Bangku bus dengan konfigurasi tempat duduk 3 kanan dan 2 kiri hanya menyisakan tempat duduk 3 penumpang saja. Dalam kondisi seperti itu sebenarnya kita lebih memilih bangku dengan dua tempat duduk karena akan lebih nyaman tidak terlalu berdesakan. 

Bus segera mosak masik melaju memasuki tol Tembalang-Srondol, bertemu dengan kepadatan di pintu atau gate pembayaran pertama. Bus akhirnya sampai di Sukun beberapa menit kemudian. Rupanya penumpang banyak yang turun di terminal bayangan tersebut, ada dua bangku yang kosong di belakang, segera teman saya beringsut menempati tempat duduk baru tersebut.

Dan benar saja, tak berapa lama bus pun penuh sesak dengan penumpang. Ongkos bus SR dari Semarang ke Solo 18 ribu rupiah tak berbeda jauh dengan bus PATAS atau Cepat Surabaya Semarangan yang hanya 25 ribu saja plus sebotol air mineral.

Tak sampai dua menit bus SR ngetem di Sukun, untuk kemudian melaju kencang di jalanan naik turun Semarang-Ungaran-Bawen. Hampir semua bus kelas ekonomi memiliki 3 kru, sopir, kondektur dan kenek. Gocekan bus SR memang khas, kencang namun terukur. Penumpang termasuk saya digoyang habis-habisan sepanjang jalan Semarang-Solo. 

Sesekali saja sopir bus menginjak pedal rem, andaikata terinjak pun tidak membuat penumpang kaget. BRAVO, skill mengemudi dari driver bus Sumber Group yang tidak akan terlupakan dan membuat ketagihan setiap penumpang dan SK Lovers.

Kedua tangan saya tak lupa berpegangan pada kursi di depan, mata ngantuk harus sedikit merelakan terusik agar saya tidak sampai jatuh karena goyangan bus. Lalu lintas malam itu terhitung lancar dan tanpa hambatan. Sempat terbuai selama satu jam, saya terbangun dan melihat sekeliling. Ah ternyata sudah sampai terminal Boyolali. Jam baru menunjukkan setengah 9 malam kurang.

Bus Sugeng Rahayu Semarangan berhenti di terminal Tirtonadi
Waduh gila, Semarang-Boyolali cuman 2 jam kurang. Bus melaju kencang jalanan Boyolali-Solo, dan akhirnya banyak penumpang turun di Kartosuro. Menjelang Kerten beberapa orang penumpang turun, dan akhirnya sampai di tempat bernama “KIJING” di seberang terminal Tirtonadi. Saya meilhat jam di HP saya, bukan main baru jam 9 lewat beberapa menit saja. Kira-kira 2.5 jam saja perjalanan semarang-Solo.

Sekedar informasi saja jika biasanya menggunakan bus EKA dan SR cepat waktu tempuh normal adalah tiga jam perjalanan saat jam normal. Namun perjalanan saya kali ini setengah jam lebih cepat. Andai kita komparasi saja dengan kecepatan 60 km/jam, maka bus SR Ekonomi AC ini berada 30 km di depan bus-bus Patas. 

Saya berani taruhan SKILL driver-driver atau sopir bus Sumber Selamat atau Sugeng Rahayu tak kalah moncer dengan Lewis Hamilton atau Nico Rossberg hahhahaah. 

Jempol dua untuk sopir sopir bus malam Jawa Timuran, salut Mas Bro, injak gas penuh dan waspada rem ...…….. dan OJO NGEBLONG KANAN.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...