Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

KERETA API KELAS EKONOMI DARI JAKARTA KE SURABAYA

Kereta Api Ekonomi Kertajaya berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi

Merantau ke ibukota selama lebih dari lima tahun memberi saya pengalaman lebih dalam segala hal.  Mengurus semuanya sendiri, bertemu dengan banyak tipikal orang selama hidup di Jakarta dan juga selama di perjalanan. 

Walaupun tidak setiap minggu saya pulang ke Surabaya,  namun setidaknya sebulan sekali rutin mengunjungi keluarga. Dengan gaji yang pas-pasan tentunya dibutuhkan trik agar uang kita cukup untuk keluarga dan kebutuhan saya sendiri. 

Tiket kereta api bisa dibilang lebih murah daripada tiket bus apalagi pesawat terbang. Namun untuk naik kereta api sejak tahun 2012 tidak semudah tahun sebelumnya karena kita harus booking jauh-jauh hari sebelumnya dan tidak bisa ambil resiko membeli tiket go show atau di calo. Saya memilih tidak pulang jika memang tidak memiliki tiket daripada harus memilih naik bus yang lama perjalanannya tidak bisa saya tebak.  

Pengalaman saya terakhir naik bus dari Solo ke Jakarta hampir 14 jam,  bisa anda bayangkan kalau dari Surabaya ke Jakarta dan sebaliknya.

Dibandingkan dengan kereta api kelas ekonomi waktu tempuh kedua tempat diatas paling lama 14 jam, itupun kalau pas molor-molornya, sekarang dengan banyak perbaikan dan perubahan di dunia perkeretaapian Indonesia jarak tempuh Jakarta Surabaya hanya memakan waktu 12 jam untuk kelas ekonomi. 


Kereta api kelas ekonomi yang beroperasi melayani rute Jakarta Surabaya adalah KA Kertajaya dan KA Gaya Baru Malam Selatan

Saya akan memberikan penjelasan singkat tentang kedua kereta api ini ditinjau dari pengalaman saya selama melakukan perjalanan diatasnya.

KA Kertajaya berhenti di Stasiun Tegal

1. KA Kertajaya 

Kereta api kelas ekonomi AC ini merupakan favorit untuk para penumpang di jalur utara pantai Jawa seperti Ngrombo,  Cepu, Bojonegoro, Babat,  Lamongan dan Surabaya yang hendak pergi menuju ibukota. 

Kereta ini merupakan kereta api kelas ekonomi yang bersubsidi (PSO) namun jika dalam beberapa waktu subsidi habis maka harga tiket akan menjadi lebih mahal. Untuk bulan Februari 2017 harga tiket kereta Kertajaya sebesar 150 ribu rupiah. Kereta ini sekarang merupakan kereta penumpang dengan jumlah gerbong paling banyak dalam satu rangkaian yakni 14 gerbong. Orang sering menyebutnya kereta Keranjang atau Kertajaya Gerbong Panjang. 

Jam berangkat kereta Kertajaya ini adalah:
St Senen Jakarta 14.00 
St Pasar Turi Surabaya 01.30
dan sebaliknya 
St Pasar Turi Surabaya 21.00
St Senen Jakarta 08.23

Dengan beberapa stasiun persinggahan seperti Lamongan,  Babat, Bojonegoro, Cepu, Randublatung,  Ngrombo,  Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon Prujakan dan Stasiun Pasar Senen. 

Tiket kereta ini terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun,  dari harga 42.500, 60.000, 90.000, 125.000 dan sekarang 150.000.
Namun kereta ini tak pernah sepi dari penumpang apalagi di akhir pekan dan liburan.

2. KA Gaya Baru Malam Selatan 

Kereta api kelas ekonomi AC ini merupakan favorit untuk para penumpang di jalur tengah seperti Mojokerto, Jombang,  Madiun, Solo,  Jogja,  Kebumen, Purwokerto.

Kereta ini merupakan kereta api kelas ekonomi yang bersubsidi (PSO) namun jika dalam beberapa waktu subsidi habis maka harga tiket akan menjadi lebih mahal. Namun sejauh pengalaman saya harga tiket kereta ini relatif stabil dan tidak terlalu mahal dibanding KA Kertajaya. Untuk bulan Februari harga tiket kereta ini dari Jakarta ke Surabaya adalah 104 ribu rupiah

Jam berangkat kereta Gaya Baru Malam Selatan ini adalah:
St Senen Jakarta 10.20 
St Gubeng Surabaya 01.30
dan sebaliknya 
St Gubeng Surabaya 12.00
St Senen Jakarta 01.48

Dengan beberapa stasiun persinggahan seperti Mojokerto, Jombang, Madiun, Sragen, Solo,  Jogjakarta, Kutoarjo, Purwokerto, dan terakhir di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Kini tinggal anda sendiri yang memutuskan ingin menggunakan kereta api yang mana.  Anda bisa mengira ngira sendiri kereta mana yang sesuai untuk kebutuhan anda,  yang pasti kereta api ekonomi sekarang bisa dibilang nyaman dan aman.


2. KA Jayabaya

Kereta api kelas ekonomi AC plus ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2, atau 2 kanan dan 2 kiri. Untuk gerbong standar berkapasitas 80 tempat duduk sedangkan gerbong untuk difabel 64 tempat duduk.

Harga tiket kereta ini dari Jakarta ke Surabaya adalah 260 ribu rupiah lumayan mahal untuk kelas ekonomi dengan bangku yang masih tegak dan bukan reclining seat.

Jam berangkat kereta Jayabaya ini adalah:
St Senen Jakarta 13.00
St Malang 02.42
dan sebaliknya 
St Malang 11.45
St Senen Jakarta 01.34

Kereta ini akan melintasi jalur Utara pulau Jawa dan berhenti sejenak di stasiun Surabaya Pasar Turi dan Surabaya Gubeng.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Hari Transfer Uang dari Luar Negeri Sampai ke Rekening Bank di Indonesia

Bukti Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank. Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Memang menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya. Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS SAFARI DAN SAFARI LUX SOLO-SEMARANG

Bus Safari melintas di jalan Kaligawe Semarang Jalur tengah pulau Jawa yakni dari kota Solo ke Semarang dan sebaliknya merupakan jalur yang cukup ramai dan padat. Jalur ini melewati kota Solo sebagai start awal kemudian Boyolali, Ampel, Salatiga, Bawen, Ungaran dan berakhir di Semarang.  Beberapa kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang melihat bus-bus tersebut sepi penumpang, dengan puncaknya saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun. Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Raya, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang. Namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena l...

SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG

Bus Taruna Solo Semarang ngetem di Terboyo Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya adalah jalur yang cukup ramai dan padat lalu lintasnya menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.  [Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya] Bus-bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang. Tiket Bus Taruna Solo Semarang Bus-bus dengan urutan...

Archive

Show more