Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

Tanaman Cocor Bebek "Tumbuhan dengan Nama Unik"

Tanaman Cocor Bebek

Nama tumbuhan satu ini memang lucu namun jika kita tilik dari bentuknya tidak salah memang nama itu disematkan pada tumbuhan daun ini.  Daun-daun pada tumbuhan ini berbentuk mirip cocor, congor atau mulut bebek. Di sisi daunnya terdapat calon tumbuhan baru,  inilah yang dinamakan perkembangbiakan secara tunas adventik atau tunas muda. Dimana tunas daun muda akan tumbuh di sisi daun dan kemudian jika daun menjuntai ke tanah maka tunas tunas baru yang jatuh ke tanah tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. 



Susah sekali menjumpai tumbuhan ini sekarang, kebetulan saya masih beruntung menemukannya di rumah mertua di desa.  Tumbuhan ini bisa dengan cepat sekali berkembang biak baik pada kondisi panas maupun dingin. Tidak ada perlakuan atau perawatan khusus untuk memelihara tumbuhan ini. Tidak ada yang istimewa dari tumbuhan ini kecuali cara berkembang biaknya. 


Namun seperti halnya tanaman lainnya cocor bebek memiliki beberapa manfaat untuk pengobatan seperti halnya: 
1. Obat wasir
2. Keseleo
3. Radang lambung
4. Obat bisul
5. Obat anti nyamuk dll,  untuk cara pengolahan tanaman ini supaya bisa dijadikan obat anda bisa membaca dan mencari informasinya di internet.

Namun perlu dicatat jika kita pencinta tumbuhan layak untuk melestarikannya siapa tahu tumbuhan ini menjadi langka di masa akan datang. 
SHARE

Catatan Kaki QC

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.