Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

JEMBATAN SUROBOYO DAN AIR MANCUR WARNA WARNI| DESTINASI WISATA BARU KOTA PAHLAWAN|

Jembatan Suroboyo ikon wisata baru Surabaya


Surabaya kini memiliki ikon sekaligus destinasi wisata baru, berlokasi di pantai Kenjeran. Tujuan wisata baru tersebut adalah Jembatan Suroboyo yang terletak di jalan Raya Pantai Kenjeran Lama, Kecamatan Bulak, Surabaya. Wisata ini terintegrasi dengan obyek wisata lainnya yakni Pantai Kenjeran Lama, Sentra Ikan Bulak dan juga Pantai Kenjeran Baru atau KenPark.

Jembatan besi dengan lebar jalan kurang lebih 12 meter dan panjang 800 meter diresmikan pada bulan Juni 2016 oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Jembatan ini berhadapan langsung dengan pesisir pantai Utara Jawa dan Selat Madura serta membelakangi obyek wisata Pantai Kenjeran Lama. Dari jembatan itu pula dapat kita lihat bentangan Jembatan Surabaya-Madura.

Konstruksi jembatan Suroboyo
Papan Larangan di jembatan Suroboyo

Selain itu menariknya setiap akhir pekan tepatnya malam Sabtu akan diadakan pertunjukan air mancur warna-warni di sisi sebelah kanan jembatan yang berhadapan dengan wisata Pantai Kenjeran Lama. Ya hanya seminggu sekali saja pengunjung bisa menikmati hiburan menarik dan yang terpenting adalah GRATIS. [simak warna warni di Tugu Pahlawan]

Di hari-hari biasa akses masuk ke jembatan ini tidak dibatasi dalam artian, sepeda motor dan mobil bebas masuk ke dalamnya. Akses pintu masuk berada di sisi Utara setelah Taman Hiburan Pantai Kenjeran Lama, anda akan menjumpai lampu lalu lintas setelahnya, dan tunggu hingga lampu berwarna hijau untuk kemudian anda bisa berbelok ke arah kanan.

Namun di saat ada pertunjukan air mancur warna-warni biasanya pengunjung membludak, maka pihak pengelola akan menutup akses jalan masuk untuk kendaraan bermotor. Maka kendaraan harus di parkir di area parkir yang berada di sebelah kiri pintu masuk jembatan dan juga di dekat pintu keluar jembatan.


Konstruksi Utama Jembatan Suroboyo
Jembatan Suroboyo sendiri sejatinya adalah jembatan besi dengan dua tingkat dimana lantai dua jembatan bisa diakses pengunjung saat angin tidak kencang atau saat pengunjung tidak ramai. Lantai 2 jembatan saya pikir aman bagi pengunjung karena lantainya terbuat dari panel besi (ram-raman) dengan diameter kecil sehingga pengunjung tidak akan terjepit atau terperosok kakinya.

Justru menurut saya yang kurang aman adalah sisi pagar jalan yang menghadap ke pantai karena masih terdapat celah di dekat pot pot tanaman yang difungsikan sebagai pembatas. Anak-anak kecil dibawah 3 tahun saya rasa masih bisa terperosok kakinya ke celah tersebut jika kita tidak ekstra pengamatan.

Sedikit masukan untuk dinas terkait yakni masalah pedagang makanan asongan yang berjualan di area jembatan sebaiknya mulai ditertibkan. Beberapa kali saya datang ke tempat ini rupanya sehabis Lebaran kemarin pengawasan pengelola jembatan ini mulai surut sehingga pedagang bisa bebas berjualan didalamnya. Jika terlalu lama dibiarkan, bisa-bisa area jembatan yang seharusnya menjadi obyek wisata akan penuh dengan kehadiran pedagang.

Lokasi Jembatan Suroboyo dari citra satelit Google

Berikut saya bagikan rute angkutan umum untuk menuju Jembatan Suroboyo:

Jika anda dari luar kota dan turun di terminal Bungurasih setidaknya anda harus 2 kali oper angkot kecil yakni, menggunakan bus Patas P5 atau bus biasa ke Jembatan Merah terlebih dahulu untuk kemudian naik angkot sebagai berikut: 

Lyn R1 (Jembatan Merah – Kapasan – Kenjeran)  
Lyn R2 (Jembatan Merah – Nambangan – Kenjeran)  
Lyn JMK (Jembatan Merah – Pogot – Kenjeran)

Atau anda bisa turun ke terminal Joyoboyo terlebih dahulu dan oper naik angkot sebagai berikut:

Lyn JK (Joyoboyo – Kalijudan – Kenjeran)
Lyn P (Joyoboyo – Gebang Putih – Kenjeran)
Lyn S (Joyoboyo – Bratang – Kenjeran)
Lyn T2 (Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran)


Atau jika anda turun dari Stasiun Pasar Turi anda bisa terlebih dahulu ke Jembatan Merah dengan naik angkot dari depan PGS (Pusat Grosir Surabaya) atau Pasar Turi Baru dan oper naik angkot seperti tersebut diatas sebelumnya.




0 Komentar untuk "JEMBATAN SUROBOYO DAN AIR MANCUR WARNA WARNI| DESTINASI WISATA BARU KOTA PAHLAWAN| "

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top