Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

CETAK TIKET KERETA API ATAU BOARDING PASS TAK SESUSAH DI BAYANGKAN

Tempat Cetak Tiket Mandiri di Stasiun Pasar Turi

Seminggu yang lalu saya sempat merasakan lagi perjalanan menggunakan kereta api dari Semarang ke Surabaya, beruntung setelah check out dari hotel di kawasan jalan Pemuda Semarang saya cek di aplikasi KAI Access ternyata kereta api ke Surabaya untuk keberangkatan hari itu sekitar jam 7 malam masih ada kursi tersedia sekitar 20 kursi.

Bergegas saya memesan layanan ojek online untuk ke stasiun Poncol dimana kereta yang hendak saya naiki yakni Kereta Api Jayabaya ekonomi AC dari Pasar Senen Jakarta tujuan akhir stasiun Malang akan berangkat kira-kira jam 7 malam. Ternyata jarak hotel dan stasiun kurang dari 2 kilometer, sesampai di depan pintu masuk parkir saya bergegas lari ke loket pembelian langsung.

Check in counter dan boarding pass di Stasiun Semarang Poncol
Dan benar dugaan saya tiket kereta yang saya incar masih ada, tiket kereta Jayabaya tertebus dengan harga 160 ribu rupiah. Cuman kali ini petugas loket tidak mencetak langsung tiket boarding pass saya melainkan hanya tiket pembelian saja. Sengaja basa basi saya bertanya, Mbak berarti ini mesti cetak boarding pass nya dulu? Iya Pak, jawabnya.

Ternyata announcer stasiun lewat speaker atau pengeras suara menyiarkan bahwa kereta Jayabaya akan segera tiba di stasiun Poncol. Saya berlari menuju pintu masuk keberangkatan kereta dimana mesin cetak tiket boarding pass kereta api tersedia persis di sisi sebelah kiri sebelum counter check in pemeriksaan penumpang.


Saya segera menghampiri mesin cetak boarding pass tersebut, saya coba scan barcode yang ada di tiket namun tidak berhasil atau karena terlalu tergesa-gesa karena kereta sudah datang, akhirnya saya masukkan kode tiket yang terdiri atas 6 digit angka dan huruf. Rupanya layar monitor bukan tipe touch screen jadi harus diketik manual lewat keyboard yang ada. Dan kemudian saya tekan tombol Print atau Cetak dengan menggunakan mouse atau cecurut. 

Ada juga fasilitas berupa barcode scanner yang bisa anda gunakan semacam alat di kasir supermarket, dimana anda tinggal mengarahkan infra red alat tersebut ke barcode tiket maka secara otomatis tiket akan tercetak dengan sendirinya. 

Proses check in dan pencetakan boarding pass tiket ini sekarang bisa dilakukan 7x24 jam atau 7 hari sebelum jadwal keberangkatan kereta dan maksimal 30 menit sebelum kereta berangkat. Hal ini berarti telah dilakukan perubahan dari peraturan sebelumnya yakni 12 jam sebelumnya. 

Akhirnya tiket boarding pass kereta api Jayabaya pun ada di tangan, lalu saya bergeser ke pintu pemeriksaan dengan menyerahkan bukti identitas berupa KTP dan tiket boarding kepada petugas checker. Masuk ke dalam stasiun Poncol kereta api Jayabaya jurusan Malang lewat Surabaya pun kelihatan masuk ke stasiun dari arah kejauhan.

Comments

  1. Saya mau naxa td sekitar jam 5 sore saya dapat kiriman dari Singapura ke Indonesia melalui bank BRI biasa berapa lamaxa masukxa

    ReplyDelete
  2. Saya dikirim uang melalui bank BCA td siang dr autralia,berapa hr masuknya

    ReplyDelete
  3. Kalau mau transfer uang dari bank malaisya ke bank bri kita harus masuk bank apa mohon infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more