Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

Mau Tahu??? Beda Kereta Api Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC dan Ekonomi AC Reguler di Indonesia.

Lokomotif KA Kertajaya langsir di Stasiun Pasar Senen
Judul diatas mungkin akan bisa sobat jadikan perbandingan jika hendak memilih kelas dalam kereta api terutama untuk perjalanan kereta api jarak jauh, semisal dari Jakarta ke Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya dan Malang. secara umum di Indonesia kelas kereta dibagi menjadi empat kelas seperti tersebut diatas.

Berikut adalah contoh-contoh dari kereta api berdasarkan penggolongan kelasnya dan fasilitas masing-masing:

1. Kereta Eksekutif
Biasanya kereta dengan nama argo adalah kereta yang berkelas eksekutif, semisal Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Wilis, dll namun ada juga kereta bukan bernama depan Argo yang berkelas eksekutif seperti Sembrani, Bima, Bangunkarta, dll.

Kereta Eksekutif biasanya memiliki jumlah tempat duduk 50 seat atau kursi dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2 dan 2-1 untuk di ujung gerbong. Kursi berupa recliner seat yang dapat dinaik turunkan dengan jarak kolom antar kursi lumayan luas. Fasilitas seperti selimut dan bantal kecil juga diberikan selama perjalanan.

2. Kereta Bisnis
Kereta dengan kelas ini adalah kereta kelas pertengahan dan terkadang terdapat dalam satu rangkaian dengan kelas lainnya seperti halnya KA Gumarang yang memiliki tiga kelas sekaligus yakni Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi. Kereta dalam kelas ini antara lain Lodaya, Cirebon Express, Tegal Bahari, Sancaka, Malioboro Express, Malabar, dan Mutiara Timur.

Kereta Bisnis biasanya memiliki jumlah tempat duduk 64 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk dan dapat diputar untuk saling berhadapan dengan bangku didepan atau belakangnya.

3. Kereta Ekonomi AC Non PSO(Abu abu)
Kereta ini adalah kelas pertengahan diantara kelas Bisnis dan Ekonomi Reguler (orange). Contoh dari kereta ini antara lain: Bogowonto, Krakatau Express, Gajah Wong, Kereta Menoreh, Jayabaya, Jaka Tingkir, dan Joglokerto Express.

Kereta Ekonomi Non PSO ini biasanya memiliki jumlah tempat duduk 80 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-2. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk namun tidak dapat diputar untuk saling berhadapan.

4. Kereta Ekonomi AC PSO(Orange)
Kereta ini adalah kelas terendah dan biasa dinamakan kereta  Ekonomi Reguler (orange). Contoh dari kereta ini antara lain: Kertajaya, Brantas, Matarmaja, Tawang Jaya, dll.

Kereta Ekonomi PSO ini biasanya memiliki jumlah tempat duduk 106 seat dalam satu gerbong, dengan konfigurasi kursi 2-3. Kursi berupa bangku tegak lurus namun lumayan empuk namun tidak dapat diputar untuk saling berhadapan. 
Jarak kolom antar kursi sangat sempit dan sangat menyiksa untuk mereka yang berbadan tinggi dan besar. Bagi yang "tidak terbiasa susah" mending jangan naik kereta api kelas ini karena badan akan capek semua sampai di perjalanan.

[Updated : tidak seperti dahulu sekarang didalam kereta penumpang tidak diperbolehkan tidur di lantai lorong kereta apalagi didekat sambungan gerbong. Hal ini dikarenakan mengganggu kenyamanan penumpang yang hendak hilir mudik]

Secara umum perbedaan antara kereta kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC dan Ekonomi  AC Reguler adalah:
1. Harga tiket setiap kelasnya berbeda lumayan jauh terutama saat akhir pekan dan hari hari libur.
2. Kursi yang lebih nyaman dan empuk untuk kelas eksekutif
3. Fasilitas bantal dan selimut gratis di kelas eksekutif
4. Jarak tempuh atau waktu perjalanan yang lebih pendek untuk kelas eksekutif karena hanya berhenti di beberapa stasiun tertentu saja.

Namun secara garis besar kini naik kereta dengan kelas apapun sudah sangat nyaman menurut saya, hal ini dikarenakan setiap gerbong kereta telah dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC. Larangan merokok dan tidur di sembarang tempat di semua kelas kereta, menjadikan kereta bersih dan bersahabat bagi seluruh anggota keluarga.

Karena itu hendaklah sobat mencoba naik kereta untuk melakukan perjalanan ke kota tujuan anda sekaligus menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bersama orang terdekat anda. Naik kereta api Tut....tut....tut....






SHARE

Catatan Kaki QC

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.