Facebook

Rehat Sejenak Di Rumah Makan Utama Caruban


Rumah Makan Utama terletak di daerah Caruban atau berada tepatnya di jalan Kaligunting, Mejayan, Madiun, Jawa Timur 63153, Indonesia. Saya sendiri yang bukan traveler sejati tahu dan singgah pertama kali di tempat ini saat menjajal bus Sugeng Rahayu Patas dari Solo ke Surabaya beberapa tahun yang lalu.

PO Sumber Grup yang mengoperasikan bus tersebut memilih tempat makan tersebut untuk dijadikan rest area atau tempat istirahat bagi kru bus dan penumpangnya baik dari dan ke arah Surabaya. Letaknya sangat strategos karena berada di sisi sebelah kanan jalan Caruban Madiun. Dengan tempat parkir yang lumayan luas tempat istirahat dan makan ini tak pernah sepi dari pengunjung yang kebanyakan adalah mobil travel, bus malam dan pariwisata, serta kendaraan pribadi yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

  
Menu makanan RM Duta untuk penumpang bus Sugeng Rahayu Patas
Khusus untuk penumpang bus Sugeng Rahayu Patas yang didalam tiketnya disertakan servis berupa makan sebesar 12 ribu rupiah, kupon ini bisa anda gunakan untuk makan atau anda simpan dan meminta kembali uang anda jika anda sedang malas untuk makan.

Dulu penumpang bus Sumber Patas ini makan di sisi sebelah kiri dari Rumah Makan ini, namun tempat tersebut kini dalam tahap renovasi atau perbaikan saya kurang tahu. 

Sehingga kini dialihkan ke ruang makan utama yang letaknya di tengah agak ke pinggir kanan. Sedangkan toilet atau kamar mandi berada di sisi kanan dan kiri rumah makan. Untuk musholla ada di sisi paling kanan rumah makan dari turunnya bus. 


Untuk menu makanan khusus penumpang bus Sugeng Rahayu Patas disediakan dengan model prasmanan artinya bisa mengambil sendiri nasi dan lauk yang diinginkan. Namun beberapa kali saya datang ke tempat ini menunya tetap itu saja dan tak ada perubahan walaupun ada perubahan di rasa yang kini lumayan enak menurut saya. 

Menu standard yang dihargai 12 ribu rupiah itu antara lain, nasi putih, sayur sop, bakwan jagung atau ote ote, mie goreng, ayam goreng, krupuk, sambal dan minuman berupa es teh dan teh hangat. Semua menu tersebut bebas ambil, kalau lapar ya ambil banyak banyak tapi awas kalau tak habis "Mubadzir Sobat".

Beralih ke hal minus atau kekurangan dari Rumah Makan Utama ini adalah fasilitas toiletnya yang agak memprihatinkan apalagi di sisi sebelah kiri, bau pesing dan sempitnya bilik toilet membuat saya agak risih kalau ke tempat tersebut. 

Jujur mungkin tempat tersebut kurang mendapat perhatian pengelola, padahal "itu tidak gratis alias mbayar" karena ada penjaga yang menunggu kotak kayu didepannya. Terus terang risih melihat mereka memandang pengunjung yang habis buang air didepan kotak kayi mereka. Kalau itu memang fasilitas Gratis restoran atau rumah makan ya Gratiskan aja gak usah pakai penunggu segala. 

Apalagi dengan penunggu kotak dekat Musholla, hmm dengan mengangkat kaki diatas kursi di depan kotak kayu kumal dekat musholla serta menyalakan musik dangdut, dia selalu memandang sinis kepada mereka yang habis ke toilet. Oalah Mas, toiletmu resikono sing bersih gak njogo kotak kumel kuwi.

Ya sedikit masukan saja mungkin dari saya yang mungkin bisa menjadikan rumah makan Utama Caruban lebih baik dalam hal servis kepada para pengunjungnya.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih