Facebook

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PAYPAL


Kali ini saya akan jelaskan mengenai keuntungan memakai Paypal jika dibandingkan dengan menggunakan transfer antar bank. Saya sendiri sebenarnya secara tak sengaja memiliki akun PAYPAL di akhir tahun 2010 dan masih meiliki domain .sg artinya masih berdomain Singapura. 

Saat itu tak ada tujuan jelas untuk memiliki akun Paypal tersebut karena hanya iseng semata atau karena jika dirunut kembali karena saya ikut program CLICK TO PAY dimana proses pembayarannya harus dilakukan lewat transfer Paypal. Namun karena program mencari duit secara online tidak memberikan keuntungan yang jelas maka saya tinggalkan begitu juga akun Paypal saya biarkan menganggur begitu saja.

Di akhir tahun 2012 nasib baik berpihak kepada saya, ada pekerjaan sambilan dari pihak rekanan kerja di luar negeri menawarkan kerjasama yang akhirnya berbuah manis. Selama beberapa tahun terakhir proses pembayaran dilakukan melalui transfer antar rekening bank, otomatis ada biaya atau charge yang dikenakan kepada kedua belah pihak baik si pengirim maupun penerima. Karena klien saya tidak mau menanggung sepenuhnya biaya tersebut.

Uang yang saya terima setiap bulannya hanya di kisaran ratusan dollar saja. Dan saya tidak pernah mau tahu berapa potongan yang ditarik oleh bank terhadap uang yang saya terima, namun lambat laun karena semakin jarang pekerjaan yang diberikan rupanya memaksa ulang saya untuk berpikir mendapat lebih banyak uang hasil kerja saya daripada harus sia-sia dipotong pihak Bank.

Di kurun waktu yang bersamaan saya mendapat klien baru dimana klien tersebut memakai Paypal sebagai alat utama pembayaran. Akhirnya mau tak mau saya harus membuat akun PAYPAL baru karena ternyata akun lama saya tidak bisa terbuka karena lupa passwordnya. Sempat kesulitan untuk memasukkan data rekening bank dan mengkaitkannya dengan akun PAYPAL akhirnya saya bisa gunakan alat pembayaran online tersebut.

Kesulitan kedua muncul yakni PAYPAL harus diverifikasi dengan menggunakan kartu kredit agar dana di BALANCED saldo kita dapat ditarik atau di WITHDRAW ke rekening tabungan kita. Saya sendiri malas dan tidak mau untuk membuat kartu kredit. Akhirnya setelah mencari tahu kanan dan kiri di internet saya biarkan saja akun saya UNVERIFIED alias belum terverifikasi. [simak Paypal tanpa kartu kredit bisa digunakan]

Kekurangan dari PAYPAL UNVERIFIED adalah di saat awal penggunaannya balanced saldo kita akan di PENDING atau ditahan selama 21 hari untuk kemudian bisa direleased oleh pihak PAYPAL. Awalnya memang demikian, namun dari yang saya pelajari dan praktekkan adalah pada transaksi berikutnya dana kita tetap ditahan namun hanya selama 14 hari. Dan jika kita terus mendapat balanced saldo dari pihak lain yang berstatus VERIFIED maka saldo yang kita dapat bisa langsung kita tarik.

Sedangkan kelebihan PAYPAL adalah potongan atau biaya transfer yang lumayan kecil dibanding transfer antar bank, seperti pada screen shoot dibawah ini ketika saya menerima transfer sebesar $40 US maka potongannya hanya sekitar $2 sedangkan untuk transaksi sebesar $120 seingat saya potongan hanya sekitar 5.5 dollar US saja. 

Perlu anda ingat adalah paypal akan mentransfer dollar ke rekening anda dengan memakai kurs mereka sendiri dimana berdasarkan pengalaman saya nilai kurs terkadang jauh dibawah kurs yang berlaku saat itu.

Namun jangan khawatir setelah saya hitung hitung secara detail jumlah uang yang kita dapat dari transaksi melalui PAYPAL jumlahnya lebih baik dibandingkan dengan transfer antar rekening Bank konvensional. Nah, kini terserah anda hendak memilih yang mana. Cara baru atau cara lama dalam menggunakan transaksi keuangan ONLINE itu terserah anda....


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih