Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

KANTONG PLASTIK KRESEK BAYAR DUA RATUS RUPIAH

Kita mungkin tidak menyadari selama bahwa penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari hari ternyata memakan beban energi yang besar dan meninggalkan residu sampah yang demikian banyak. Karena itu di saat ada peraturan pemerintah baru mengenai penggunaan kantong plastik berbayar di saat kita berbeda di toko swalayan sebesar Rp  200,- saya adalah salah satu orang yang mendukung hal tersebut. Di negara negara maju peraturan tersebut telah lama dijalankan, kini di negara negara tersebut orang banyak memakai kantong kertas sebagai alat pembungkus yang lebih mudah di daur ulang oleh alam. Sedangkan pemakaian kantong tetap ada dengan membayar sekitar 2 sen tiap kantongnya.

Saya akan memberikan gambaran berapa besar penggunaan kantong plastik ini di Indonesia. Menurut survey setiap tahunnya orang Indonesia memakai 700 lembar kantong plastik, dengan jumlah penduduk Indonesia yang sudah berpotensi menggunakan plastik tersebut adalah 200 juta orang. Maka jumlah plastik yang digunakan adalah 1.4 triliun lembar plastik per tahun. Berat kantong plastik rata rata 4 gram, maka berat sampah plastik per tahun yang dihasilkan orang Indonesia adalah 5.6 juta ton. WOW jumlah yang tidak sedikit khan.

Belum lagi jumlah energi yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu kantong plastik setara dengan energi mobil untuk menempuh jarak 1.7 km. Bayangkan jika energi tersebut dikalikan dengan jumlah plastik yang digunakan penduduk Indonesia setiap tahunnya. Namun dampak terbesarnya adalah karena plastik adalah barang yang tidak mudah untuk diurai kembali oleh alam, plastik bisa benar benar terurai setelah 200-400 tahun. Ini berarti setelah 3 sampai 6 generasi setelah kita sampah plastik akan benar benar hilang. Berarti kita telah meninggalkan warisan sampah.untuk anak cucu kita. 

Dilema juga muncul jika kita menggunakan kantong kertas jika berbelanja, pemakaian kertas berarti juga berdampak pada penebangan pepohonan. Karena bahan baku utama kertas adalah bubur kayu atau pulp. Namun kertas bisa dengan mudah terurai oleh alam. Semua pemakaian bahan alam memang berdampak bagi manusia, namun jika kita lebih bijak dan berpikir lebih jernih mungkin semua hal bisa menjadi lebih baik.
Nah mulai sekarang bijaklah dalam bertindak.

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more