Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

ARTIKEL DI COPY PASTE ATAU PLAGIAT KE GOOGLE DMCA

Situs atau blog yang menkloning artikel saya

Ini bukan pertama kalinya artikel saya dicopas orang, namun tadi malam saya sempat jengah dan betul-betul marah. Berawal dari email masuk ke handphone berasal dari pembaca blog saya, dia mengatakan bahwa artikel-artikel blog milik saya sudah digrab atau di cloning dengan seseorang. Segera saya coba selidiki dan meluncur ke TKP melihat artikel yang dijiplak itu.

Kaget bukan kepalang ternyata artikel saya tidak hanya dijiplak melainkan “DIRAMPOK”, sebuah blog yang masih baru dengan domain TLD memuat hampir semua artikel dari blog saya, dan tanpa malu mencatumkan si pemilik blog sebagai pengarang artikel tersebut. Sempat emosi dan hilang kendali, saya tulis komentar di beberapa artikel yang dicurinya dengan berbagai makian dan umpatan.

Hingga akhirnya saya pun berpikiran jernih dan mencoba menata ulang emosi, saya sempat ingatkan dia dengan baik-baik agar segera menghapus semua artikel yang dijiplak. Ternyata hal itu membuahkan hasil, namun dengan bodohnya dia malah balik bertanya kepada saya “Mana judul artikel yang saya copas?? Wakwawwwww…. Spontan saya marah dan saya tulis balik “Lha kok enak kamu yang jiplak hampir semua artikel terbaru milik saya kok tanya judul yang kamu jiplak??? Dan yang membuat jengkel adalah balasan selanjutnya, dia berkata “Saya sudah nanya baik-baik kok dijawab gitu, Ya udah gak saya hapus”.

Tanpa lama-lama berpikir saya coba mencari informasi bagaimana cara melaporkan tindakan plagiat atau copy paste artikel ini di GOOGLE. Kasus ini lumayan berat saya pikir, dahulu satu artikel saya sempat dicopas total oleh seseorang, namun setelah saya kirim peringatan dia beringsut mundur dan mencatumkan di bawah artikel bahwa dia mengambilnya dari blog saya. Saya akhirnya tidak meneruskan untuk membuat laporan ke GOOGLE agar menghapus artikel saya.

Ternyata untuk melaporkan tindakan plagiat atau copy paste sangat mudah, bisa anda simak sebagai berikut:

Halaman DMCA (Pengaturan Hak Cipta Digital) Google

2. Isi biodata anda, nama depan, nama belakang, nama perusahaan, alamat email dan asal negara.
Untuk nama perusahaan anda bisa mengisi dengan nama Blog anda atau dikosongkan saja. Serta pada kolom pemegang hak cipta pilih SELF atau diri sendiri.
3. Pada kolom Identify and describe the copyrighted work isi dengan isi artikel yang di copy paste
4. Pada kolom Where can we see an authorized example of the work? isi dengan alamat atau URL artikel blog  yang di copy paste
5. Pada kolom Location of infringing material isi dengan URL atau alamat artikel copas. Anda bisa menuliskan 10 buah URL dalam satu kolom.
6. Pada bagian SWORN STATEMENTS centang semua kolom.
7. Dan pada bagian SIGNATURE isi kolom tanda tangan berupa tanggal, bulan dan tahun serta nama lengkap anda.
8. Centang tanda I’m not a robot untuk kemudian tekan SUBMIT.

Dari sumber yang ada di internet, pihak GOOGLE akan memproses pengaduan kita dengan cepat tidak lebih dari 3 hari. Saya tunggu saja tindakan apa yang akan dilakukan GOOGLE terhadap blog yang mengkloning artikel saya.

Demikian Cara Melaporkan Artikel Yang Copy Paste ke pihak DMCA, semoga bermanfaat dan bisa mencegah blogger blogger usil yang suka copy paste dan menjiplak karya orang lain.
Tag : Blogger Tips
0 Komentar untuk "ARTIKEL DI COPY PASTE ATAU PLAGIAT KE GOOGLE DMCA"

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top