13 June 2017

CEKIDOT PREN "AKUN PAYPAL TANPA KARTU KREDIT" GAK ADA MASALAH TUH

Tampilan Mobile PayPal

Nama atau brand PAYPAL (baca: peipel) tentunya sudah tak asing lagi bagi sobat yang terjun ke dunia maya,  baik itu sebagai blogger,  youtuber, praktisi online marketing, penjual online dan lainnya. Namun ada juga bahkan kebanyakan orang Indonesia masih asing akan keberadaannya. Secara singkat akan dijelaskan apa sih Paypal itu,  fungsi dan juga cara kerjanya.

Paypal sendiri adalah anak dari perusahaan e commerce terkenal di dunia yakni Ebay. PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Sistem kerja Paypal ini terlihat sangat sederhana yakni melakukan transaksi keuangan hanya dengan memakai alamat email kita baik itu email berdomain pribadi maupun perusahaan. Jadi hanya dengan mendaftarkan alamat email kita sudah bisa mendapatkan akun Paypal. 

Hmmm namun tidak semudah itu tentunya,  untuk dapat bertransaksi keuangan tentu saja butuh informasi tentang rekening bank kita,  dan satu lagi yakni verifikasi. Nah,  masalah verifikasi akun Paypal inilah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna baru khususnya di Indonesia. Entah karena kebanyakan belum memiliki kartu kredit atau mungkin khawatir kalau akun kartu kreditnya disalahgunakan.

Saya sendiri telah memiliki akun Paypal berdomain Singapura sekitar tujuh tahun yang lalu,  namun karena lupa password dan email yang terdaftar akhirnya tidak saya gunakan.  Sekitar tahun 2012 saya mendaftar lagi Paypal dengan alasan pengen mencoba saja,  namun hal itu ternyata bermanfaat setelah banyak kerja sambilan saya dengan orang di luar negeri yang mensyaratkan pembayaran fee kerja saya dengan menggunakan Paypal.

Dan satu hal lagi sampai sekarang akun Paypal milik saya masih unverified atau belum terverifikasi.  Alasannya cuman satu saya tidak memiliki kartu kredit dan memang tidak ada keinginan untuk memilikinya.

Berbekal nekat saya ajukan ke klien akun Paypal tersebut untuk proses pembayaran freelance. Saya sendiri lupa berapa dollar pertama kali paypal milik saya menerima pembayaran. Satu hal yang pasti uang di saldonya Pending selama 21 hari karena statusnya yang unverified dan ini adalah kali pertama transaksi terjadi. Bersabar selama 3 minggu akhirnya pecah telor juga. 

Dollar yang pending tersebut akhirnya masuk ke balanced Saldo,  dan tanpa menunggu lama akhirnya saya tarik atau withdraw uang itu ke rekening bank kebetulan saya memakai bank BCA saat mendaftar di Paypal. Setelah proses withdraw atau penarikan selesai saya mendapat email konfirmasi bahwa uang tersebut sedang dalam proses transfer ke rekening bank dan akan masuk sekitar 2-4 hari kerja.  Alhamdulillah hanya butuh waktu 2 hari kerja,  saldo telah berpindah dari PayPal ke rekening bank saya.

Saya sudah memakai Paypal unverified atau belum terverifikasi untuk proses pembayaran kerja freelance dan pendapatan dari blog selama hampir 3 tahun terakhir dan tak pernah ada masalah berarti.

Namun ada beberapa kekurangan PayPal yakni:
1. Kurs dollar ke rupiah lebih rendah dari kurs pasaran
2. Ada potongan sebesar 16 ribu rupiah untuk pencarian dana atau withdraw kurang dari 1.5 juta rupiah
3. Adanya fee yang besarannya saya kurang tahu pasti untuk setiap nilai penerimaan uang. Sebagai contoh: tgl 3 Mei saya menerima transfer dari klien sebesar $125 terkena fee $5.8 kemudian 30 April saya payout Popcash sebesar $10 dengan fee $0.2 saja. [lihat gambar dibawah ini]


Paypal Summary

Sedangkan kelebihan Paypal antara lain:
1. Sangat praktis dan mudah operasionalnya,  persis seperti mobile banking. Hanya butuh alamat email dan password.
2. Proses transfer yang cepat.  Untuk withdraw atau penarikan uang biasanya dijanjikan di email selama 2-4 hari kerja kenyataannya kadang 1 hari kerja atau sehari setelah proses uang sudah masuk ke rekening kita.
3. Tidak ada iuran tahunan dan biaya operasional seperti Payooner

So cepetan buat akun Paypal mumpung masih belum terlalu ribet prosesnya. Dan jangan khawatir tanpa kartu kredit pun anda masih menggunakannya bertransaksi dan menerima pembayaran.

No comments:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih