Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

Sekilas Tentang Bus Raya Semarang Solo

Bus Raya parkir di terminal Terboyo Semarang

Keseringan travelling Surabaya-Solo-Semarang paling tidak membuat pengalaman hidup saya bertambah walaupun banyak waktu terbuang di jalanan. Ada dua jalur bus menuju ke Semarang yakni yang mengarah ke Kaligawe atau terminal Terboyo dan satu lagi yang mengarah ke Mangkang.

Dua jalur keberangkatan bus di terminal Tirtonadi tersebut didominasi oleh beberapa bus, yang mengarah ke Terboyo adalah Safari,  Safari Lux, Taruna, Royal Safari dan Raya. Tentu saja dominasi ada di bus Safari dan Taruna sedangkan Raya hanya menjadi penggembira saja. Dengan jadwal keberangkatan terbilang mepet saat pagi hari yakni hampir setiap 15 menit jalur Solo Semarang termasuk jalur padat.

Sedangkan jalur kedua dari Solo ke Semarang terminal Mangkang dilayani oleh bus seperti Ismo,  Coyo, Muncul  dll saya kurang hafal betul jalur ini. Mangkang adalah terminal baru di kota Semarang namun jaraknya jauh dari pusat kota karena mengarah ke Kendal atau ke arah Barat.

Interior bus Raya
Saya mendapat info dari teman yang bertempat tinggal di Sragen yang lebih dulu mengenal jalur Solo Semarang ini bahwa bus patas yang cepat dan nyaman tentu saja EKA dan Sugeng Rahayu dari arah Surabaya tentunya sedangkan untuk bus lokal adalah Taruna yang berwarna dominan putih dengan strip hijau serta bus Raya,  kedua bus tersebut memiliki jarak kursi lebih longgar daripada bus lainnya serta waktu tempuh yang lebih pendek.

Khusus untuk kedua bus diatas saya sudah pernah mencoba semuanya dan memang benar adanya, walaupun interior dalam bus sudah agak tua namun masih tetap nyaman dan waktu tempuh yang cukup pendek sekitar 3 jam setengah di jam saat sore dan pagi hari dibanding bus lainnya yang bisa mencapai 4 jam lebih karena kebanyakan ngetem dan ambil penumpang di jalan.

Sekilas jika kita melihat bus Raya nampak kelihatan oldess karena warna strip orange di bodi bus yang mayoritas putih,  mengingatkan pada warna strip pesawat Garuda Indonesia DC 80 yang terkenal di jamannya.

Tiket bus Raya Semarang-Solo
Dengan armada yang tidak begitu banyak dibanding kompetitornya bisa saja bus Raya ini tergusur kelak di kemudian hari,  saat dimana perusahan organda lainnya banyak meremajakan armada bus nya,  bisa kita tengok PO Safari dengan armada Safari Lux nya dan PO Taruna dengan bus yang dioperasikan juga relatif baru.

Simak dibawah ini jadwal bus Raya dari Solo ke Semarang dan sebaliknya:

Dari Terminal Tirtonadi Solo:
06.00-06.50 
13.20-13.55 

Dari Terminal Terboyo Semarang:
09.30-10.25
17.00-17.45

Tag : Bus Mania
0 Komentar untuk "Sekilas Tentang Bus Raya Semarang Solo"

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top