Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

BEDA TIPIS ANTARA BAKWAN SAYUR, OTE OTE DAN WECI

Ote-ote khas Surabaya
Orang di berbagai daerah mungkin punya makanan khas yang satu ini namun dengan sejuta nama. Sebagai orang Jawa Timur lebih tepatnya Surabaya saya hanya tahu semenjak kecil nama gorengan yang satu ini adalah ote-ote. Bentuknya bulat namun tembem, biasanya sebagai toping atau hiasan atas diberi satu ekor udang kecil atau sedang itupun kalau ada duit hehehe. Yang terkenal tentu saja ote ote dari Porong dan dari depot HT di sekitar Singosari Malang karena rasanya yang yahud sebanding dengan harganya.

Namun pindah ke daerah lain orang menyebutnya weci, entah dari daerah mana saya lupa yang pasti masih seputaran Jawa. Lantas pindah ke Jakarta, hanpir lima tahun saya di ibukota setiap pagi saya sempatkan mampir ke toko kelontong dekat kost untuk membeli sepotong dua potong gorengan kesukaan saya yakni ote ote dan pisang goreng dengan harga per potong yang terus merangkak naik.

Di Jakarta orang menyebut ote-ote dengan nama bakwan sayur karena didalamnya ada campuran kol atau kubis dan wortel serta toge. Ya, di seputaran Jakarta setiap gorengan yang terbuat dari tepung diberi nama bakwan, jika campurannya jagung ya bakwan jagung kalau campuran sayur ya dinamakan bakwan sayur. 
Bakwan sayur Jakarta
Yang menjadi pembeda antara ote ote dan bakwan sayur hanyalah nama dan dibentuknya, bentuk ote ote jauh lebih beraturan karena bulat merata dan tembem sedangkan bakwan sayur berantakan bentuknya. Satu lagi, di Jawa Timur bakwan adalah bakso namun cenderung lebih banyak digunakan untuk menyebut bakso dari daerah Malang dan sekitarnya.

Hal ini dikarenakan adonan ote-ote saat digoreng digunakan semacam sotel atau alat dengan bentuk bulat, sedangkan bakwan sayur langsung saja menggunakan sendok untuk mencelupkan adonan ke dalam wajan atau penggorengan. 

Yang kedua tentu saja adalah adanya toping diatas makanan tersebut, ote ote di jawa khususnya jawa timur kebanyakan diberi toping udang kecil diatasnya sedangkan didaerah lain tidak. 

Dan perbedaan terakhir adalah di saos atau sambal pendamping, kebanyakan di Jawa Timur gorengan yang berasa asin selalu didamping dengan sambal petis sedangkan di daerah lain adalah sambal kacang biasa dengan cabe kecil hijau.
Tag : KULINER
0 Komentar untuk "BEDA TIPIS ANTARA BAKWAN SAYUR, OTE OTE DAN WECI"

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top