Facebook

DIBALIK GURIHNYA KERIPIK GADUNG


Siapa sangka Gadung yang merupakan tanaman umbi umbian memiliki banyak khasiat untuk kesehatan walaupun sebagian besar orang menganggap tanaman ini beracun dan susah dalam pengelolaannya.

Racun atau zat alkaloid dari tumbuhan ini biasa disebut dioscorin biasa dijadikan sebagai pestisida tanaman oleh petani di daerah tertentu. 

Selain itu ada beberapa manfaat umbi gadung bagi manusia adalah: 
1. Dapat menyembuhkan reumatik
2. Digunakan sebagai pestisida dan insektisida alami
3. Menyembuhkan kejang pada perut
4. Menyembuhkan luka nanah
5. Menurunkan kadar kolesterol
6. Menyembuhkan sakit kusta
7. Sebagai racun untuk memancing ikan dan memburu binatang

Namun dari semua itu satu manfaat gadung yang dikenal banyak masyarakat adalah dimanfaatkan sebagai cemilan yakni untuk keripik gadung.

Proses pembuatan keripik gadung harus teliti dan dibutuhkan pula pengalaman serta kesabaran agar dihasilkan keripik gadung yang aman konsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk atau negatif pada tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. 

Untuk menghasilkan keripik gadung yang enak dan aman dikonsumsi, berikut ini tips ataupun cara untuk mengelola gadung menjadi keripik yang baik dan benar:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik gadung sebagai berikut:
1. Umbi gadung 
2. Garam dapur 
3. Abu dapur 
4. Bumbu penyedap

Cara membuat atau mengelola umbi gadung menjadi keripik gadung:
1. Pilihlah umbi gadung yang masih segar. Lalu kupas kulitnya hingga bersih. 
2. Iris tipis-tipis umbi gadung tersebut. 
3. Taburi atau lumuri umbi gadung yang telah diiris tipis-tipis tersebut dengan abu dapur. Sambil agak diremas-remas sedikit agar lunak. 
4. Lalu jemur irisan gadung yang berlumur abu tersebut sampai benar-benar kering. 
5. Setelah kering, rendam irisan gadung tersebut di air yang mengalir selama 3 sampai 4 hari. 6. Jika air perendaman tidak mengalir, maka perendaman gadung juga bisa dilakukan dalam air yang diam atau tidak mengalir, namun airnya harus diganti secara terus menerus setiap 2 jam sekali selama 3 sampai 4 hari. 
7. Angkat irisan gadung tersebut, lalu cuci dengan air bersih. Kemudian rendam gadung dalam air garam (proses ini juga berfungsi untuk pembumbuan). 
8. Jemur kembali gadung tersebut dibawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering. 
9. Jika sudah kering, keripik gadung sudah siap digoreng.

Itulah resep cara membuat keripik gadung yang benar. Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda yang penasaran atau ingin membuat keripik gadung sendiri, jika tidak silahkan cari keripik gadung ini di pasar pasar tradisional dekat rumah anda atau swalayan besar bahkan sudah ada yang menjual cemilan ini.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih