Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

SEDIKIT MELONGOK KE DALAM GARASI BUS EKA MIRA

Garasi Bus EKA-MIRA

Sempat dua kali saya masuk ke garasi atau pool bus Eka dan Mira ini di Jalan Raya Gilang No. 10, Gilang, Taman, Gilang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257, Indonesia, dengan nomer telepon 031-88198899

Pertama ketika mengantar tamu antar jemput saya dari Sulawesi yang hendak melanjutkan perjalanannya ke Magelang. Tak ada yang istimewa dari garasi bus ini, tempatnya kelihatan kecil kalau dilihat dari saat kita masuk. Namun kenyataannya tempat tersebut berbentuk "NGANTONG" atau seperti kantung yakni melebar ke arah dalam.

Di sisi kanan pintu masuk ada pos sekuriti dimana petugas akan mencatat nopol setiap bus Eka atau Mira yang masuk ataupun keluar. Sedangkan di sisi kiri setelah pintu gerbang terdapat musholla tempat biasanya calon penumpang menunggu bus yang akan ditumpangi.

Lebih jauh masuk ke dalam ada bangku-bangku panjang yang tak banyak jumlahnya untuk penumpang yang sedang menunggu. Dan didekatnya ada kantor pusat kendali perjalanan sekaligus kendali keamanan.

Bus EKA double glass deck terbaru
Lebih jauh lagi ke belakang barulah terdapat garasi yang sesungguhnya, puluhan bus Eka dan Mira berjajar rapi didalamnya. Bus-bus yang baru datang di parkir dahulu dan mendapat pengecekan dari montir montir handal. Untuk PO dengan jumlah armada yang banyak dan beroperasi selama 24 jam tentu saja faktor keselamatan bagi para penumpang menjadi syarat utamanya. 

Sopir dan kernet yang baru datang dan tidak menginap di garasi langsung menuju tempat absensi untuk kemudian melihat jadwal keberangkatan mereka. Setiap awak bus yakni kernet atau kondektur dan sopir selalu digilir bergantian sehingga mereka tidak pernah pergi bekerja dengan satu orang yang sama tiap harinya.

Saya kurang tahu apakah di PO ini mengenal istilah "batangan" yakni satu mobil atau bus dengan nopol tertentu yang hanya dikendarai oleh pengemudi yang sama. Karena dulu ada teman saya eks sopir handal dari kompetitor sebelah mengatakan bahwa kalau di tempatnya bekerja bus yang digunakannya adalah sama setiap harinya.

Dan yang membuat saya penasaran sampai saat ini adalah bus EKA Manohara dan bus EKA SHD atau double glass, keberuntungan tidak memihak saya karena sampai saat ini belum pernah menaiki kedua bus tersebut.

Memang tidak semua sopir bus EKA memiliki kehandalan dalam menggoyang kendali kemudi, namun di puluhan kali saya naik armada ini kebanyakan saya puas dengan layanannya. Ada dua orang sopir yang menurut saya terbaik cuman saya lupa nomor lambungnya, yang pertama mungkin sopir EKA jurusan Yogya Magelang pengemudinya sudah berumur namun santun dalam bicara dan gocekannya sangat halus walaupun dalam kondisi ngebut.

Yang kedua adalah sopir EKA Semarang an logatnya dari awal saya sudah mengira dia bukan dari Jawa ternyata benar dia dari Sumatera, saya ingat betul dengan sopir satu ini karena tas saya pernah ketinggalan didalam bus yang dia kendalikan. Untung dan terima kasih tas tersebut berhasil saya dapatkan kembali berkat bantuan dari sekuriti bus EKA yang saya temui di garasi. [simak pengalaman tas tertinggal di bus EKA] Sopir yang satu ini sangat halus goyangan kemudinya dan jarang sekali menekan tombol klakson kalau tidak terpaksa.

Thanks to all EKA crew, sebagai bus mania saya ucapkan terima kasih atas pelayanannya selama ini.
Tag : Bus Mania
0 Komentar untuk "SEDIKIT MELONGOK KE DALAM GARASI BUS EKA MIRA"

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top