Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

JADWAL, TARIF, HALTE DAN KORIDOR BRT TRANS SEMARANG

Bus Trans Semarang melintas di Jalan Pemuda Kota Semarang

Kota Semarang kini boleh berbangga karena telah memiliki moda transportasi darat yang terintegrasi yaitu dengan hadirnya Trans Semarang atau BRT (Bus Rapid Trans)Saya seringkali datang ke kota Lumpia ini dan melihat kehadiran bus ini di jalanan protokol kota Semarang. Ada dua bus yang nampaknya dioperasikan oleh pihak pengelola BRT atau Trans Semarang ini yakni bus ukuran 3/4 dengan warna merah atau orange dan bus berbadan besar dengan warna biru.

Bus ini sudah terintegrasi setiap titiknya dengan halte tinggi atau tempat pemberhentian tinggi, maklum saja pintu bus trans Semarang ini berada di tengah badan bus. Untuk naik BRT atau Trans Semarang ini setiap penumpang hanya dikenakan tarif 3500 rupiah untuk umum dan 1000 rupiah untuk pelajar

Tarif berlaku sekali jalan, pindah koridor hanya pada halte transit tidak dikenakan biaya tambahan, pindah koridor tidak di halte transit akan dikenakan tarif normal. Anda bisa membeli kartu atau voucher BRT Trans Semarang di halte halte besar seharga 5 ribu rupiah saja dengan isi saldo 10 ribu rupiah. Anda bisa mengisi ulang atau top up saldo lewat ATM atau di halte yang ditunjuk.

Pengamatan saya selama ini, bus Trans Semarang selalu penuh penumpang saat jam-jam sibuk yakni di pagi dan sore hari. Halte-halte penunjangnya pun selalu ramai di titik titik tertentu. Namun sayang, dua kali saya naik bus ini dari halte bandara Ahmad Yani kebetulan bus yang ada adalah bus 3/4, suasana dalam bus panas walaupun sebenarnya dilengkapi dengan pendingin udara. Nampak jendela kecil dekat pengemudi dibuka, entah si sopir sadar gak bahwa bus yang dikemudikannya ber-AC. 

Perlu juga menjadi perhatian adalah tabiat pengemudi yang kelihatan terburu-buru dan terkesan mengebut. Masalah yang perlu mendapat perhatian selanjutnya adalah tak selamanya plakat atau tulisan koridor dan halte yang dipasang di bus sesuai dengan rutenya, saat saya hendak turun di stasiun Poncol bus tersebut menurunkan semua penumpangnya di halte Imam Bonjol dan memaksa transit menunggu bus lainnya. [Dilema Pelayanan Transportasi Publik BRT Semarang]

Agaknya keberhasilan kota Semarang perlu menjadi contoh  kota kota besar lainnya seperti   untuk segera mengembangkan sarana transportasi publik yang terintegrasi ini. Tujuannya adalah penyediaan transportasi umum yang nyaman dan murah bagi penduduk kota. Kedua adalah untuk mengatasi problema kemacetan lalu lintas akibat dari penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan.


Kartu BRT Trans Semarang

Dengan transportasi publik yang nyaman dan aman maka masyarakat selaku pengguna akan senang dan memakainya setiap hari sebagai sarana transportasi utama setiap hari.

Agaknya Surabaya patut segera mencontoh keberhasilan dari Semarang dalam membangun sarana transportasi untuk publik ini. Karena lambat laun kemacetan di Surabaya semakin parah akibat penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan dan tidak ditunjang dengan lebar jalan yang ada.

Simak dibawah ini Koridor, Halte dan Jam Operasional BRT atau Trans Semarang:

Trans Semarang direncanakan akan ada 12 koridor diantaranya :

Koridor 1 : Mangkang - Penggaron (Beroperasi)
Koridor 2 : Terboyo - Terminal Sisemut (Beroperasi)
Koridor 3 : Pelabuhan Tanjung Mas - Jalan Sisingamangaraja (Akpol) (Beroperasi)
Koridor 4 : Terminal Cangkiran - Bandara Ahmad Yani - Stasiun Tawang (Beroperasi)
Koridor 5 : Meteseh-PRPP (Belum Beroperasi)
Koridor 6 : Undip Tembalang-UNNES Sekaran Alamat Unit (baru saja diresmikan akhir Maret lalu)

Halte Transit Trans Semarang adalah Halte yang khusus diperuntukkan bagi para penumpang yang ingin berpindah koridor/bis, dengan adanya Halte khusus ini, penumpang tidak perlu membayar lagi jika ingin berganti bis/koridor.

Halte Imam Bonjol (Koridor 1, 2, 3 dan 4)
Halte Balaikota Semarang (Koridor 1, 2, 3 dan 4)
Halte Stasiun Tawang (Koridor 2, 3 dan 4)
Halte Pengadilan (Koridor 1 dan 4)
Halte Pasar Karang Ayu (Koridor 1 dan 4)
Halte kota lama (Koridor 2 dan 4)
Halte Simpang Lima (Koridor 1, dan 3. Koridor 2 berlaku jika ruas Jalan Pemuda tempat Halte SMA 5 & Balaikota tidak dapat dilalui)

Jam operasional Trans Semarang: 05.30 (Bus pertama berangkat dari Pool) - 19.00 WIB (Bus datang di Pool)

Pengelola BRT Trans Semarang Jl. Tambak Aji Raya No. 5 Kode Pos 50185 telephone: 0881-397-6887 IG: @transsemarang FB: Bus Rapid Transit
Semarang, Central Java: website: brtsemarang.com
[Informasi dikutip dari Wikipedia Indonesia]

Comments

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more