Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

DMCA

DMCA

Berapa Sih, Harga Kambing Qurban 2016??


Harga Kambing Qurban 2016 - Iseng iseng hari Sabtu kemarin saya dan istri mencari kambing untuk kurban Idul Adha di daerah Karang Andong Kedamean, Gresik. Karena tidak ingat dan hilang kontak dengan langganan aqiqah dan kambing sebelumnya kami terpaksa mencoba mengingat ingat lagi dimana lokasi langganan kami tersebut. Setelah bertanya kepada penjual warung di dekat lokasi yang kami ingat, kami lalu meluncur ke tempat penjual hewan ternak tersebut.

Nampak dua deret kandang kambing berjajar di pinggir jalan, ee namun tak dinyana ternyata penjual kambing tersebut bukanlah langganan kami sebelumnya. Sempat bertanya tanya sebentar, ternyata kambing dengan ukuran sedang disitu di jual dengan harga 2.5 juta rupiah sedangkan untuk ukuran sedang 3 juta rupiah itupun sudah termasuk jasa rawat selama kurang lebih 20 hari dan jasa antar ke tempat tujuan.


Melihat besar harga kambing sedang sebenarnya cukup pantas di harga 3 juta rupiah, saya kurang tahu berapa beratnya namun badan cukup tegap dan panjang badan yang lumayan. Namun tentu saja syarat utama hewan atau ternak untuk Qurban Idul Adha adalah:

1. Jenis hewan qurban.
Hewan qurban harus berasal dari jenis binatang ternak. Contoh hewan ternak yang dimaksud adalah: Sapi, biri-biri, kambing, dan unta. Berdasarkan pada pendapat ulama-ulama madzhab, khususnya lima madzhab besar. Mereka sepakat jenis hewan ternak itulah yang diperbolehkan untuk menjadi hewan qurban.

2. Keadaan hewan qurban.
Hewan qurban hendaknya tidak memiliki cacat dalam fisik tubuhnya. Dari hadits riwayat Ahmad bin Hanbal, Rasulullah saw. Bersabda: “Empat macam hewan yang tidak akan sah dijadikan sebagai binatang untuk berqurban: rusak matanya, dalam keadaan sakit, berfisik pincang, memiliki tubuh kurus dan lemah.”

3. Usia hewan qurban.
Umur hewan yang sah untuk disembelih adalah: Domba yang telah mencapai umur satu tahun lebih atau gigi domba telah berganti. Kambing yang telah berumur dua tahun lebih. Unta yang mencapai umur lima tahun lebih. Sapi atau kerbau yang telah berumur dua tahun lebih.


Berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim, satu ekor unta bisa berlaku untuk tujuh orang. Demikian pula untuk satu ekor sapi atau kerbau, berlaku sama untuk tujuh orang.


4. Waktu penyembelihan qurban.
Mengenai jumlah hari tasyrik, para ulama berbeda pendapat. Madzhab Hanbali, Madzhab Hanafi, dan Madzhab Maliki berpendapat bahwa waktu qurban adalah hari Idul Adha dan dua hari setelahnya. Maka batas penyembelihan hewan qurban jatuh pada tanggal 12 Dzulhijjah.

Setiap tahun harga kambing qurban selalu naik, kenaikan tiap tahunnya berkisar antara 100 ribu -300 ribu. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha, kenaikan akan melonjak mencapai 500 ribu rupiah. Saat ini kisaran harga kambing qurban 2016 untuk berat hidup 20 kg sekitar 2.5 juta. 

Untuk berat hewan qurban kambing 20 kg secara fisik menurut saya tergolong kecil , Akan tetapai ada alternatif hewan qurban lain yang lebih ekonomis dengan harga 2,5 juta yakni hewan qurban domba. JIka Anda membeli hewan qurban domba dengan harga 2,5 juta setidaknya akan mendapatkan berat hidup berkisar 26 kg.
Tag : Serba Serbi
3 Komentar untuk "Berapa Sih, Harga Kambing Qurban 2016??"

Biasanya semakin mendekati Idul Adha harga jual kambing qurban pasti semakin melambung tinggi saat mendekati Idul Adha, dan sering biasanya penjual memberi harga lebih murah di 3-5 bulan sebelumnya

Benar Mas Didik cuman untuk membeli kambing jauh jauh hari kita juga dibebani biaya perawatan sampai hari H

setuju mas dan perawatannya harus benar benar teliti agar sempai pada idul kurban hewannya sehat sehingga kualitas daging yang di hasilkan adalah daging berkualitas baik, tentunya akan lezat pada saat dihidangkan

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Back To Top