Facebook

Soto DHOK Jombang


Soto adalah kuliner yang terkenal di Negara kita. Ada banyak nama varian yang kebanyakan mewakili nama daerahnya, ada soto Banjar, soto Madura, coto Makasar, soto Betawi, soto Klaten, dll. Salah satu diantaranya yang cukup terkenal di daerah Jawa Timur adalah soto Dhok. Soto ini berasal dari daerah sekitar Jombang, Nganjuk, dan sekitarnya.

Soto ini sebenarnya seperti soto kebanyakan dengan bahan baku utamanya adalah daging sapi, namun satu hal yang membuatnya unik yakni cara penyajiannya. Dimana saat terakhir ketika soto sudah akan disajikan dan tinggal memberi sedikit kecap diatasnya, sang penjual akan menghentakkan keras keras botol kecap tersebut diatas meja dapurnya lalu melempar botol tersebut dan kemudian di kecrutkan/ di teteskan kecap ke dalam mangkon yang telah berisi soto.

Sama halnya seperti soto soto di daerah Jawa Timur, dalam penyajiannya disertakan juga kecambah atau tauge namun uniknya tauge yang digunakan adalah tauge panjang dan bukan tauge pendek. Rasa keras tauge akan memberi cita rasa tersendiri. Sayang saat saya menikmati soto ini tidak bisa memilih daging yang disajikan, sebab biasanya di kedai soto Dhokk yang lain akan disajikan potongan potongan daging sapi, jeroan, babat, hati dan ampela sapi.



Porsi semangkuk soto ini sedikit menurut saya, sama halnya seperti soto di daerah Solo dan Boyolali namun sedikit lebih banyak. Satu kuliner yang mungkin pantas anda coba jika berkunjung ke daerah Jawa Timur khususnya seputaran Jombang, Kertosono dan Nganjuk.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih