Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

RENYAHNYA KRUPUK PASIR / KERUPUK MELARAT


Siapa tak kenal dengan makanan satu ini, kerupuk. Rasanya seperti ada yang kurang jika kita saat makan tidak didampingi makanan ringan ini. Kriuk dan rasa gurih membuat makan kita menjadi berselera.

Beberapa varian rasa dan jenis kerupuk ada di Indonesia, yang terkenal tentu saja kerupuk tengiri khas Palembang. Sejatinya krupuk dalam pembuatannya adalah digoreng dengan menggunakan minyak, namun ada juga krupuk yang digoreng menggunakan pasir atau disangrai. Hal itu tidak benar sepenuhnya karena selain pasir ternyata minyak juga diperlukan walaupun jumlahnya sedikit.


Kerupuk seperti di atas dikenal dengan nama Krupuk pasir, Krupuk Melarat atau kalau di Surabaya dan sekitarnya dikenal dengan Krupuk Upil. Bahan baku utama pembuatan krupuk ini adalah tepung tapioka dan pewarna makanan, karena warna dari krupuk ini berwarna warni. Saya sendiri tidak tahu persis proses pembuatannya, setelah adonan krupuk dimasak dan menyerupai lontong, adonan tersebut dipotong tipis tipis untuk kemudian di jemur sampai kering dibawah sinar matahari.

Proses selanjutnya adalah menggoreng, krupuk digoreng didalam kuali atau wajan besar berisi pasir yang telah dibersihkan. Saya pernah melihat proses menggoreng krupuk ini, sedikit minyak goreng ditambahkan saat menggoreng. Pasir dan sedikit minyak yang telah panas akan mematangkan krupuk dan tidak meninggalkan bekas minyak goreng, hanya sedikit butiran butiran pasir di permukaan kerupuk. Namun dengan cara menggoreng semacam ini krupuk menjadi lebih gurih dan renyah daripada digoreng menggunakan minyak goreng.


Harga krupuk pasir ini relatif murah yakni, 3 ribu rupiah untuk satu plastik  kecil dan 5 ribu rupiah untuk satu plastik besar. Murah sesuai dengan namanya Krupuk Melarat.
SHARE

Catatan Kaki QC

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.