Catatan perjalanan hidup seorang QC dalam melakoni kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari

CARA CHECK IN DAN CETAK TIKET KERETA API

Konter Check In Mandiri Tiket Kereta di Stasiun Surabaya Pasar Turi

Setelah pensiun kurang lebih  3 bulan dari PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad), beberapa minggu yang lalu akhirnya kesempatan untuk naik kereta api jarak jauh datang lagi. Kebetulan saat berada di Semarang, saya kehabisan tiket pesawat dari Semarang ke Surabaya. 

Saya putuskan untuk pulang balik ke Surabaya dengan menggunakan kereta api, walaupun terpaksa harus ambil resiko tidak kebagian tiket karena membeli tiket langsung di stasiun atau biasa disebut GO SHOW. Untung saja malam itu tidak bertepatan dengan akhir pekan atau libur sekolah, karena jika pada saat saat tersebut susah sekali mendapat tiket kereta api.

Boarding Tiket Kereta Api

Ada beberapa opsi kereta yang bisa saya naiki yakni KA Jayabaya, KA Kertajaya, KA Gumarang dan KA Sembrani. Namun opsi utama saya adalah mendapatkan tiket KA Kertajaya karena jam berangkat yang paling dekat yakni pukul 9 malam dari Stasiun Tawang Semarang. 

Sesampai di stasiun segera saya cari loket penjualan tiket langsung atau penjualan hari ini, untung saja antrian tidak terlalu panjang hanya sekitar 7 orang di depan saya. Jam sudah menunjukkan setengah 9 malam sedangkan masih ada 3 orang di depan saya.

Rupanya di depan loket pembelian tertulis jelas di papan bahwa penjualan tiket Go Show hanya dilayani untuk kereta dengan keberangkatan 3 jam ke depan. Akhirnya jam 9 kurang 15 menit tiket KA Kertajaya sudah dalam genggaman. 

Namun ada yang aneh rupanya dengan tiket kereta saya kali ini, namun saya tidak peduli. Saya berlari menuju pintu keberangkatan karena beberapa menit ke depan KA Kertajaya dari Jakarta segera datang dan kutunjukkan KTP beserta tiket kepada petugas jaga.

Setelah duduk manis di dalam kereta baru saya buka lembaran tiket, ternyata ada 2 lembar yakni bukti pembelian tiket kereta api dan lembar kedua adalah Boarding Pass Tiket kereta api. Ahaaa rupanya sistem ini sudah diberlakukan di Semarang, sempat beberapa bulan yang lalu sistem ini diuji coba di Bandung, rupanya secara bertahap sistem ini akan diberlakukan di semua stasiun khusus untuk perjalanan kereta api  jarak jauh.

Monitor touch screen dan scanner untuk check in mandiri penumpang kereta api

Saya sendiri karena membeli tiket secara Go Show otomatis Boarding Pass tiket saya dicetak sekaligus oleh petugas. 

Berikut saya rangkum beberapa hal penting mengenai Cara Check In dan Boarding Pass Tiket Kereta Api:

1. Anda tidak perlu lagi mencetak tiket kereta api lagi seperti beberapa bulan yang lalu, namun kini diganti dengan mencetak Boarding Pass tiket.
2. Check in dan cetak Boarding Pass tiket kereta api hanya bisa dicetak 12 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta dan maksimal 10 menit sebelum kereta berangkat. Anda lebih baik mencetaknya lebih awal untuk menghindari  rebutan dengan penumpang lainnya.
[Updated kini check in bisa dilakukan 7x24 jam atau 7 hari sebelum dan maksimal 30 menit atau setengah jam sebelum jam keberangkatan kereta]
3. Boarding Pass tiket kereta api harus dicetak di stasiun keberangkatan kereta api tidak bisa dilakukan di stasiun lainnya.
4. Boarding Pass tiket kereta api bisa anda cetak di mesin cetak otomatis yang terdapat di stasiun dengan memasukkan kode booking pemesanan tiket atau dengan men-scan barcode pada tiket kereta yang sudah anda cetak.

Sistem ini sebelumnya telah diterapkan di Daop 2 Bandung, Daop 5 Purwokerto, dan Daop 6 Yogyakarta, dan Daop 1 Jakarta. Namun kini hampir semua stasiun telah memberlakukan sistem check in dan boarding pass terutama untuk stasiun yang melayani keberangkatan kereta api jarak jauh,

SHARE

Catatan Kaki QC

Bapak dari dua orang anak, aktif menulis dan Nge Blog semenjak 2 tahun terakhir, bangku keras kereta ekonomi adalah tempat tidur ketiga saya, setelah rumah dan kamar kost

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

INDO.INSPECTOR. Powered by Blogger.