Facebook

TERMINAL TERBOYO SEMARANG| IKI TERMINAL OPO.....



Salah satu terminal  terbesar  di kota Semarang adalah Terboyo atau Kaligawe. Terletak di dekat kawasan industri  yang sangat strategis, namun  sayangnya sering  dilanda  banjir Rob akibat naiknya permukaan air laut. Tidak  jarang  macet panjang  terjadi  saat  jam-jam sibuk apalagi  ditambah banjir ROB, lengkap  sudah penderitaan warga Semarang tentunya. Dekat  dengan  kawasan  industri tentu saja menjadikan lalu  lintas kendaraan sangat padat.

Pintu masuk terminal ini terletak di sebelah kanan atau sesudah  Rumah Sakit Sultan Agung. Calon penumpang lebih banyak memadati  pintu masuk dan  keluar bus daripada harus masuk  jauh ke dalam terminal yang becek dan kurang nyaman. Saya sendiri beberapa kali berkesempatan masuk  ke dalam  terminal  ini dan  benar  jauh dari  kata nyaman.

Suasana dalam terminal Terboyo Semarang

Sebenarnya ada terminal bus pengganti yang sudah  dibangun dan telah  dioperasikan yakni terminal Mangkang, namun belum  bisa berfungsi maksimal karena lokasinya yang jauh sehingga membuat calon penumpangnya malas menuju ke terminal tersebut. Satu hal lagi terminal Mangkang lebih cocok untuk penumpang dengan tujuan ke arah Barat seperti ke Pekalongan, Tegal, Cirebon dan Jakarta.

Bus bus jurusan Surabaya, Solo,  Jogjakarta dan Jakarta banyak  yang ngetem atau berhenti  di depan  pintu  keluar terminal untuk  menunggu calon penumpangnya. Bus seperti  Safari, Royal  Safari,  Taruna,  Eka,  Sugeng  Rahayu. Nusantara, Indonesia,  Restu, Bhinneka, dll akan banyak anda jumpai berseliweran  di depan  pintu  masuk dan keluar terminal  ini.

Area parkir bus yang sudah rusak di terminal Terboyo
Jika  anda dari  stasiun  Poncol anda  bisa ke terminal Terboyo dengan  menaiki  bus  kecil  yang  lewat  di depan  stasiun, ongkosnya  cukup  4 sampai 5 ribu rupiah, bilang saja anda turun  di sebelah  rumah sakit  atau pintu keluar terminal  Terboyo. Jika dari bandara  Ahmad  Yani cukup  naik ojek  dengan  tarif di kisaran 50 ribu rupiah atau  taxi  BB/Kosti di argo  berkisar 50 ribu  rupiah. Namun dengan ojek online akan lebih murah yakni di kisaran 20-25 ribu rupiah saja

Jika di hari hari biasa  mendingan  anda  menunggu  bus di pintu  keluar  ini  karena menurut  saya jauh  lebih aman karena banyak  terdapat  warung  warung  kopi  di sekitarnya. Namun lebih baik jangan lupa untuk  tetap waspada dan berjaga -jaga. 

Satu hal lagi usahakan jangan naik ojek yang mangkal tepat di pintu masuk terminal Terboyo dari arah jalan Kaligawe Raya. Ojek pangkalan tersebut mematok harga yang mahal dan sulit sekali menawarnya, mending anda memasang aplikasi ojek online karena tidak susah mendapatkan ojek tersebut di kawasan tersebut.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih